--> Skip to main content

9 Manfaat Keanekaragaman Hayati Beserta Contoh (Materi Biologi SMA X) Lengkap

Keanekaragaman hayati memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Misalnya pulau Maluku kaya akan rempah-rempah dan Pulau Komodo dengan spesies hewan unik dan endemik. Peran keanekaragaman hayati sangat banyak di banyak bidang studi. Keanekaragaman hayati juga menunjukkan kekayaan alam bumi.

Peran Keanekaragaman Hayati sebagai Sumber Makanan

1. Peran Keanekaragaman Hayati Sebagai Sumber Pangan

Sumber makanan untuk manusia selalu berasal dari hewan dan tumbuhan. Manusia juga tidak bisa mensintesis makanannya sendiri, sehingga manusia sangat bergantung pada keanekaragaman hayati. Di dunia ada ratusan jenis tumbuhan (misalnya padi, jagung, sagu, dan singkong) dan hewan (misalnya daging sapi, ayam, babi, dan ikan) yang bisa dijadikan sumber makanan. Sumber makanan diproses melalui pertanian dan peternakan. Beberapa jenis ramuan seperti rempah-rempah juga sering digunakan sebagai bumbu tradisional. Daun pandan dan kunyit bisa digunakan sebagai pewarna alami dalam makanan. Manusia juga bisa memakan beberapa jenis jamur (jamur). Bakteri juga bisa digunakan untuk memfermentasi makanan. Tapi tidak semua keanekaragaman hayati bisa dijadikan makanan karena ada yang beracun dan mematikan bagi manusia.

2. Peran Keanekaragaman Hayati sebagai Sumber Pakaian

Tas kulit adalah salah satu contoh penggunaan keanekaragaman hayati pada busana.
Pakaian (pakaian) terbuat dari kain, kainnya terbuat dari anyaman benang, dan benangnya kebanyakan berasal dari bahan katun. Pohon kapas sering dijadikan bahan utama pembuatan baju. Pakaian dan aksesoris tradisional juga sebagian besar berasal dari keanekaragaman hayati seperti bulu merak, tulang, bulu burung, dan kulit kayu. Daunnya juga sering dijadikan busana di pedalaman. Saat ini, kulit binatang sering dijadikan bahan pembuatan tas, dompet, dan ikat pinggang. Bahkan bulu domba pun bisa dibuat menjadi kain wol.

3. Peran Keanekaragaman Hayati sebagai Sumber Dewan

Rumah adat yang memanfaatkan keanekaragaman hayati.
Tempat tinggal atau rumah tradisional kebanyakan terbuat dari keanekaragaman hayati seperti jati, mahoni, dan bambu. Bahkan atapnya pun masing-masing menggunakan alang-alang. Kayu jati juga merupakan bahan baku pembuatan mebel. Rajutan rotan juga bisa dijadikan dinding rumah tradisional.

4. Peran Keanekaragaman Hayati sebagai Bahan Obat - obatan

Jamu adalah obat tradisional dari Indonesia yang menggunakan kekayaan biologis tumbuhan sebagai bahan bakunya. Ramuan alami memiliki banyak manfaat dan memiliki sedikit efek samping. Indonesia memiliki hampir 1000 spesies tumbuhan obat.

5. Peran Keanekaragaman Hayati sebagai Bahan Kosmetik

Lulur adalah kosmetik alami yang berasal dari Indonesia. Indonesia juga memiliki aneka ramuan tumbuhan parfum, kosmetik, dan shampo yang terbuat dari bahan-bahan alami.

6. Peran Keanekaragaman Hayati sebagai Sumber Penghasilan

Jika dikelola dengan baik, keanekaragaman hayati dapat digunakan sebagai sumber pendapatan yang berkelanjutan. Indonesia memiliki kekayaan keanekaragaman hayati yang harus membawa kemajuan jika dikelola dengan baik.

7. Peran Keanekaragaman Hayati sebagai Lingkungan yang Menyeimbangkan

Ini yang paling penting, karena setiap spesies makhluk hidup harus berperan dalam ekosistem. Jadi jika ada yang punah, maka hal itu akan mengganggu makhluk hidup lainnya yang bergantung padanya. Misalnya, jika ular sawah terus diburu dan dibunuh, populasi tikus beras basah akan tumbuh dengan cepat karena tidak ada yang memakannya. Akibatnya, tanaman padi terus menurun karena tikus pengerat.

8. Peran Keanekaragaman Hayati sebagai Sumber Ilmu Pengetahuan dan Penelitian
Biologi adalah pelajaran yang memiliki bidang yang sangat luas. Masih banyak spesies makhluk hidup di Indonesia atau di dunia tak dikenal. Beberapa manfaat makhluk hidup di dunia masih menjadi misteri dan banyak penelitian perlu dilakukan. Akhirnya sains berkembang dan bermanfaat bagi kehidupan manusia.

9. Peran Keanekaragaman Hayati sebagai Sumber Keindahan
Keanekaragaman hayati juga bisa menjadi karya seni. Taman adalah salah satu contohnya. Asia Timur juga memiliki seni merakit tanaman yang disebut bonsai. Tanaman dan hewan juga sering menjadi inspirasi para seniman.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar