--> Skip to main content

Faktor-faktor yang mendorong lahirnya Kerajaan Majapahit sebagai kerajaan besar

Faktor-faktor yang mendorong lahirnya Kerajaan Majapahit Faktor-faktor yang mendorong lahirnya Kerajaan Majapahit Sebagai sebuah kerajaan besar Mari kita kembali ke sejarah Kerajaan Indonesia, dimana Sejarah Majapahit mengatakan bahwa Kerajaan Majapahit adalah sebuah kerajaan besar, keagungan kerajaan majapahit adalah Bukan tanpa sebab karna kerja majapahit lahir sebagai kerajaan besar. Karena berbagai faktor yang mendorong kerajaan majaphit bisa menjadi kekaisaran yang hebat, berapakah faktor yang mendorong lahirnya kerajaan majapahit sebagai kerajaan besar ??? .. untuk mengetahuinya mari kita lihat pembahasannya di bawah ini .......

Faktor-faktor yang Mendorong Kelahiran Kerajaan Majapahit sebagai Kerajaan Raya
Faktor yang mendorong lahirnya Kerajaan Majapahit sebagai kerajaan besar, antara lain sebagai berikut,

A. Lokasi Majapahit secara geografis sangat strategis, yaitu di tengah daerah Indonesi sehingga mudah berperan dalam menyatukan Indonesia, baik secara politik maupun ekonomi.

B. Pusat kerajaan di tepi semprotan besar mudah dinavigasi sehingga koneksi dengan dunia luar sangat mudah.

C. Tanahnya subur dan menghasilkan banyak bahan baku ekspor, terutama hasil pertanian utama dari beras dan kacang-kacangan.

D. Sebelum Majapahit sudah ada kerajaan Jawa Timur yang mempeloporinya, terutama Singasari di bawah Kertanegara. Gagasan nusantara telah diperoleh dan implementasinya sebagian telah dilakukan.

E. Munculnya tokoh bangsawan, seperti R. Wijaya, Hayam Wuruk, dan Patih Gajah Mada yang menjalankan gagasan nusantara dengan "Surnpah Palapa" -nya.

F. Tidak ada lagi saingan kerajaan di Indonesia. Sniwijaya semakin lemah setelah serangan dan Cholamandala, sedangkan Kediri merupakan hasil kecurangan yang dilakukan oleh R. Wijaya.

G. Di luar Indonesia, tidak ada kekaisaran besar yang bisa jadi bintang. Kerajaan Cholamandala di India dan Dinasti Yuan di China terfragmentasi setelah raja besar / kaisar meninggal dunia.

Faktor-faktor yang menyebabkan lahirnya Kerajaan Majapahit sebagai kerajaan besar
Faktor-faktor yang mendorong lahirnya Kerajaan Majapahit sebagai kerajaan besar
(Candi Dermo adalah candi Dibangun pada zaman Kerajaan Majapahit)

Faktor yang mendorong lahirnya Kerajaan Majapahit sebagai kerajaan yang besar, itulah yang bisa menjadi kami sajikan. Semoga bermanfaat bagi kita semua terutama para pembaca yang terkasih ... Amin. 

(Sumber: modul History of Science bahkan semester)
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar