--> Skip to main content

Faktor Yang Menyebabkan Kemunduran Kerajaan Majapahit

Faktor kemunduran Kerajaan Majapahit | Kerajaan Majapahit yang mengalami kemunduran disebabkan oleh berbagai faktor yang membuat kerajaan Majapahit mengalami kehancuran, kerajaan Majapahit merupakan salah satu kerajaan terbesar karena kerajaan kerajaan Majapahit sangat kaya, apakah yang membuat kerajaan Majapahit mengalami kemunduran, apa Faktor-faktor yang membuat kerajaan Majapahit menurun, Untuk mengetahui untuk melihat faktor-faktor majapahit yang kemunduran seperti di bawah ini ...

Faktor Kemunduran Kerajaan Majapahit:
A. Penurunan ekonomi dan perdagangan telah mengakibatkan banyak daerah terbengkalai.

B. Pengaruh perkembangan agama Islam di wilayah pesisir Jawa menyebabkan tidak lagi tunduk pada majapahit.

C. Perang saudara (War paregreg) yang dilakukan oleh Wirakramawardhana dan Bhre Wirabumi menyebabkan kekuatan Majapahit menjadi lemah.

D. Sistem Pemeritahan yang menggunakan otonomi daerah menyebabkan banyak daerah melarikan diri.

E. Tidak ada formasi pemimpin baru (tidak ada kader)

F. Gajah Mada sebagai Patih Amangkubumi memegang semua jabatan penting. Dia tidak memberi kesempatan kepada generasi mendatang untuk tampil, jadi setelah kematian Gajah Mada tidak ada pengganti yang mumpuni dan berpengalaman.

G. Perang saudara melemahkan kekuasaan. Perang paregreg menimbulkan malapetaka atas orang-orang dan kaum bangsawan, sehingga melemahkan kekuatan dan tidak memiliki kesatuan.

H. Area Daerah luput, karena pemerintah pusat Kerajaan Majapahit lemah dan kacau, para bangsawan di Jawa dan kerajaan di luar Jawa melepaskan diri.

I. Kelemahan pemerintah pusat akibat perang saudara mengakibatkan turunnya perekonomian Majapahit. Perdagangan di nusantara diambil alih oleh pedagang Melayu dan Muslim

J. Masuk dan disebarluaskan islam. Para Adipati dari daerah pedalaman Muslim merasa tidak terikat oleh kekuatan Kekaisaran Majapahit, jadi mereka tidak taat dan setia kepada penguasa Hindu.


Faktor-Faktor Kemunduran Kerajaan Majapahit

Demikian Beberapa artikel tentang faktor penurunan Kerajaan Majapahit, semoga bermanfaat
(Sumber; Sejarah Program Ilmu Kelas XI SMA - Smt 1)
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar