--> Skip to main content

Jumlah Anggota BPUPKI dan PPKI Serta Nama Nama anggotanya

Di akhir pendudukan Jepang di Indonesia, dalam berbagai kondisi dan situasi. Nuansa kemerdekaan Indonesia semakin terasa. Bagaimana bentuknya?

Dalam pembahasan ini akan dibahas tentang apa itu BPUPKI, bagaimana sejarah BPUPKI, berapa anggota BPUPKI, saat BPUPKI dibubarkan, siapa ketua BPUPKI dan PPKI dan tentang sesi PBUPKI.

Janji kemerdekaan Indonesia

Agar rakyat Indonesia mau membantu Jepang dalam Perang Pasifik yang kondisinya sudah meremas, maka pada tanggal 7 September 1944 Perdana Menteri Koiso mengumumkan janji kemerdekaan ke Indonesia di masa depan.

Sebagai realisasi dari janji kemerdekaan yang diucapkan oleh Koiso, pemerintah pendudukan Jepang di bawah pimpinan Letnan Jenderal Kumakici Harada pada tanggal 1 Maret 1945, mengumumkan pembentukan Badan Penyelidik Indonesia untuk Investigasi Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI atau bahasa Jepangnya, Dokuritsu Junbi Coosakai).

Tugas BPUPKI adalah untuk mempelajari dan menyelidiki hal-hal penting yang berkaitan dengan berbagai hal mengenai pembentukan negara merdeka Indonesia.
Jumlah Anggota BPUPKI dan PPKI
Gambar: Foto Anggota BPUPKI

Jumlah Anggota BPUPKI

BPUPKI memiliki 67 anggota bangsa Indonesia ditambah 7 dari kelompok Jepang, sehingga jumlah anggota menjadi 74 orang.

BPUPKI dipimpin oleh dr. K.R.T. Radjiman Wediodiningrat dan dibantu oleh dua ketua muda yaitu R.P. Suroso dan Ichibangse dari Jepang.

Anggota BPUPKI diresmikan pada tanggal 28 Mei 1945 di gedung Cuo Sangi In, Jalan Pejambon Jakarta (sekarang gedung Departemen Luar Negeri).

Jumlah Anggota BPUPKI dan PPKI

Majelis BPUPKI dan Hasil-hasilnya

Selama pembentukannya, BPUPKI mengadakan persidangan dua kali. Rapat BPUPKI yang pertama berlangsung antara 29 Mei sampai 1 Juni 1945 yang membahas perumusan dasar negara.

Sesi kedua BPUPKI berlangsung pada tanggal 10 - 16 Juli 1945 membahas badan Konstitusi negara merdeka Indonesia.

Setelah berhasil menyelesaikan tugas tersebut, BPUPKI dibubarkan pada tanggal 7 Agustus 1945 dan sebagai gantinya membentuk Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI atau bahasa Jepangnya, Dokuritsu Junbi Inkai). Jadi PPKI secara otomatis dibentuk pada tanggal 7 Agustus 1945.

PPKI dipimpin oleh Ir. Soekarno. Sementara itu, situasi Jepang semakin terjepit setelah dua kota di Jepang dikebom atom oleh Sekutu.

Pada tanggal 6 Agustus 1945 sebuah bom atom yang dijuluki seorang anak laki-laki dijatuhkan di kota Hiroshima dan membunuh 129.558 orang.

Jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutunya

Kemudian pada tanggal 9 Agustus 1945 kota Nagasaki dikabutkan oleh Sekutu. Saat kedua kota dibom, orang Jepang menjadi tidak berdaya sehingga pada tanggal 14 Agustus 1945, Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu.

Penelusuran yang terkait dengan Jumlah Anggota BPUPKI dan PPKI
susunan organisasi bpupki dan ppki
jumlah anggota ppki bpupki sebanyak 62 orang
jumlah anggota bpupki yang sebenarnya
anggota bpupki terdiri dari
jumlah anggota bpupki seluruhnya
jumlah anggota ppki dari negara asing
nama anggota bpupki yang berjumlah 62 orang
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar