--> Skip to main content

Pengertian dan Contoh Adaptasi Fisiologi pada Hewan dan Tumbuhan

Pengertian dan Contoh Adaptasi Fisiologi pada Hewan dan Tumbuhan - Untuk memperluas pengetahuan Anda tentang makhluk hidup, diskusi ini akan membahas adaptasi fisiologi dan konoth-contoh adaptasi fisiologis.

TERKAIT
contoh adaptasi tingkah laku pada hewan
10 contoh adaptasi fisiologi
pengertian adaptasi tingkah laku
contoh adaptasi fisiologi pada tumbuhan
contoh adaptasi fisiologi pada manusia
15 contoh adaptasi fisiologi
5 contoh adaptasi fisiologi pada hewan
contoh adaptasi tingkah laku pada hewan dan tumbuhan

Memahami Adaptasi Fisiologis

Adaptasi fisiologi adalah penyelarasan makhluk hidup melalui cara kerja organ tubuh agar bisa bertahan. Adaptasi ini terjadi di dalam tubuh sehingga sulit untuk diamati.

Ikan laut menghasilkan urin yang lebih terkonsentrasi dibanding ikan sungai. Mengapa ikan air laut menghasilkan urin yang lebih terkonsentrasi dibanding ikan sungai? Ini karena kadar garam laut lebih tinggi dari kandungan garam air tawar.

Tingginya kadar garam menyebabkan ikan kekurangan air sehingga ikan harus banyak minum. Akibatnya, kandungan garam dalam darah menjadi tinggi sehingga bisa mengurangi konsentrasi cairan dalam tubuh, ikan mengeluarkan urine kental.

Hewan herbivora beradaptasi dengan makanan secara fisiologis. Sapi, kambing, kerbau, dan domba adalah hewan herbivor yang bisa mencerna zat makanan di perut.

Memahami dan Contoh Adaptasi Fisiologis

Pengertian dan Contoh-Contoh Adaptasi Fisiologi
Contoh Cara Adaptasi Ikan Segar dan Ikan Laut

Rayap dan Teredo navalis yang hidup di galangan kapal kayu dapat mencerna kayu dengan bantuan enzim selulosa. Selain hewan, manusia dan tumbuhan bisa beradaptasi dengan lingkungannya secara fisiologis. Dapatkah Anda mengutip contoh adaptasi fisiologi manusia?

Contoh Adaptasi Fisiologis

Tubuh manusia mampu meningkatkan jumlah sel darah merah saat berada di pegunungan yang lebih tinggi. Ini bisa mengikat lebih banyak oksigen untuk memenuhi kebutuhan sel tubuh. Mata manusia bisa menyesuaikan dengan intensitas cahaya yang diterimanya.

Saat di tempat yang gelap, maka pupil kita akan terbuka lebar. Sebaliknya di tempat yang terang, pupil kita akan sempit. Pelebaran atau penyempitan pupil merupakan upaya untuk mengatur intensitas cahaya.

Bau khas bunga bisa mengundang serangga untuk membantu menyerbuki. Bunga ini menghasilkan madu atau nektar, dan bedak ini mudah dilekatkan.

Akar dan daun di tanaman tertentu bisa menghasilkan bahan kimia yang berbau khas yang bisa menghambat tanaman lain di dekatnya. Kedua contoh di atas termasuk dalam adaptasi fisiologis.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar