--> Skip to main content

Pengertian Macam-Macam Alat Ukur Listrik dan Penerapan Elektromagnetik

Penerapan Elektromagnetik dan Pengertian Macam-Macam Alat Ukur Listrik - Diskusi ini akan membahas tentang definisi alat ukur listrik, berbagai alat ukur listrik, alat ukur, alat ukur voltase, aplikasi elektromagnetik, pengeras suara, motor listrik dan bel elektrik.

Penerapan Elektromagnetik
Seperti yang Anda baca di awal bab ini, elektromagnet dapat digunakan untuk mengangkat dan melepaskan benda-benda magnetik, seperti besi dan baja. Mari kita bahas beberapa penggunaan gejala elektromagnetik lainnya.

A. Alat ukur listrik

Karena elektromagnetik peka terhadap arus listrik, elektromagnetik dapat digunakan untuk mendeteksi arus listrik. Alat untuk mendeteksi dan mengukur arus listrik disebut galvanometer, seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Pengertian Macam-Macam Alat Ukur Listrik dan Penerapan Elektromagnetik
Gambar: Galvanometer

Ukur Alat adalah alat untuk menentukan nilai atau kuantitas suatu kuantitas atau variabel.

Alat ukur listrik adalah instrumen instrumen yang digunakan untuk menentukan jumlah listrik dengan aturan tertentu.

Jumlah listrik seperti arus, tegangan, hambatan, hambatan, frekuensi, tenaga listrik, lampu yang kuat, dan faktor kerja.

Jenis alat ukur listrik

Ampere meter, ohm meter, dan volt meter.

Saat arus mengalir melalui koil yang berada di dalam medan magnet, ada gaya yang menyebabkan koil berputar dan mendistorsi jarum runcing. Semakin besar arus listrik, semakin besar deviasi yang terjadi.

Galvanometer terbuat dari gulungan yang dihubungkan ke sirkuit listrik yang akan diukur dengan arus. Kumparan bisa berputar bebas di alasnya, dan ditempatkan di medan magnet dengan magnet permanen.

Jika arus listrik mengalir pada koil, maka gaya magnet menyebabkan koil berputar. Kumparan tidak bisa terus berputar karena dipegang di pegas.

Saat gulungan berputar, jarum runcing yang terpasang pada gulungan gulungan, dan menunjuk ke nomor tertentu.

Karena koil akan berputar ke arah yang berlawanan jika arus dibalik, galvanometer dapat digunakan untuk mengukur besaran dan menunjukkan arah arus listrik di sirkuit.

B. Motor listrik

Tentu Anda sering menggunakan kipas angin listrik untuk membuat ruangan menjadi sejuk. Kipas menggunakan motor listrik, perangkat yang bisa mengubah energi listrik menjadi energi kinetik.

Energi kinetik berupa rotasi bilah kipas membuat tubuh Anda terasa sejuk. Bagaimana cara kerja motor listrik?

Pertama

Jika arus listrik mengalir melalui koil, medan magnet yang diinduksi muncul di dalam koil. Tarikan dan gaya tarik antara magnet koil dan magnet permanen menyebabkan koil berputar.

Kedua

Agar koil terus berputar, setelah koil berputar setengah putaran, arah arus pada koil harus dibalik. Alat yang digunakan untuk tujuan itu adalah komutator. Komutator adalah saklar pembalik yang berputar bersamaan dengan koilnya.

Komutator bergantian kontak dengan kutub positif dan negatif dari baterai, menyebabkan arah arus berubah. Perubahan arah ini menyebabkan kutub magnet dari koil berubah, dan gulungan terus berputar karena kekuatan kutub magnet permanen.

Ketiga

Proses ini berulang terus menerus. Seperti galvanometer, motor listrik memiliki elektromagnet berputar bebas.

Elektromagnet ini terletak di daerah medan magnet yang berasal dari magnet tetap. Jika arus listrik mengalir melalui elektromagnet, maka elektromagnet menjadi magnet.

Tarik dan dorong antar kutub magnet dari koil dan magnet permanen menyebabkan gulungan berputar. Namun kumparan akan berhenti saat medan magnet kumparan berada di arah medan magnet magnet permanen.

Saat arus mengalir melalui koil yang berada di dalam medan magnet, ada gaya yang menyebabkan koil berputar dan mendistorsi jarum runcing. Semakin besar arus listrik, semakin besar timbulnya kejadian.

Lonceng / bel listrik

Cobalah untuk melihat rumah Anda. Apakah rumah Anda memiliki bel listrik? Apa yang kamu tahu tentang bel listrik? Sebuah bel listrik sederhana menggunakan elektromagnet dengan inti besi berdiri sendiri.

Jika tombol bel ditekan, sirkuit listrik menjadi tertutup dan arus mengalir melalui solenoida. Arus ini menyebabkan solenoida bekerja pada gaya magnet. Gaya magnetis ini menarik inti besi ke solenoida, sehingga inti besi menyerang bel.

D. Loudspeaker

Tentu hampir setiap hari Anda mendengarkan musik, berita, dan hiburan lainnya dari radio, tape, atau TV.

Perangkat yang bisa membuat Anda mendengar suara dari radio, tape atau TV adalah loudspeaker. Pengeras suara juga menggunakan elektromagnet yang digunakan untuk mengubah sinyal listrik menjadi energi yang mendorong membran.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar