--> Skip to main content

Pengertian Macam-Macam, Jenis, Hubungan Atom Ion dan Molekul

Pengertian Macam-Macam, Jenis, Hubungan Atom Ion dan Molekul- Diskusi ini akan membahas tentang definisi molekul, berbagai molekul, pengertian pemahaman kation, arti pemahaman anion monoatomik dan pemahaman molekul poliatomik.

Molekul dan Ion

Molekul

Molekul adalah partikel netral yang terdiri dari dua atau lebih atom, keduanya berbeda atom dan atom. Ada dua jenis molekul, yaitu molekul monoatomik dan molekul poliatomik. Molekul monoatomik adalah molekul yang terdiri dari satu atom, seperti molekul gas mulia (He, Ne, Ar, Kr, Xe, dan Rn).

Pengertian Macam-Macam, Jenis, Hubungan Atom Ion dan Molekul
Gambar: Molekul molekul 2H2O dan O2

Molekul definisi poliomom adalah molekul yang terdiri dari lebih dari 1 atom. Molekul poliatomik yang tersusun dari atom yang sama disebut molekul unsur, sedangkan atom atom yang berbeda disebut molekul senyawa.

Molekul unsur dapat diatomik seperti O2, N2, dan Cl2, atau tetraatomik seperti P4, juga bisa bersifat oktomomik seperti S8.

Perbedaan antara molekul unsur dan molekul senyawa ditunjukkan dengan gambar di atas. Dalam kehidupan sehari-hari, kita tanpa sadar sering menggunakan unsur molekuler dan molekul senyawa tertentu. Berikut adalah beberapa contoh elemen molekul dan molekul senyawa yang sering dikaitkan dengan kehidupan kita sehari-hari dan kegunaannya.

Tabel: Beberapa molekul unsur

Tabel: Beberapa senyawa molekuler

Ion

Ion adalah atom atau atom bermuatan atom. Ion terdiri dari kation dan anion. Kation adalah ion bermuatan positif, sedangkan anion adalah ion bermuatan negatif. Kation dan anion bergabung dalam proporsi tertentu dan tetap membentuk senyawa ionik netral.

Garam dapur (natrium klorida) adalah contoh untuk menggabungkan kation Na + dengan Cl- anion. Beberapa nama anion dan kation tercantum dalam tabel di bawah ini.

Pengertian Macam-Macam Jenis Molekul dan Ion
Tabel: Beberapa kation dan anion

Senyawa yang terbentuk dari ion disebut sebagai senyawa ionik. Kation dan anion bergabung dengan perbandingan tertentu untuk menghasilkan senyawa ion netral.

Untuk menghasilkan senyawa ionik netral, muatan negatif pada anion harus sama dengan muatan positif pada kation.

Contoh pembentukan senyawa ion ditunjukkan oleh tabel berikut.
Pengertian Macam-Macam, Jenis, Hubungan Atom Ion dan Molekul
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar