--> Skip to main content

Pengertian Meteor, Asteroid, Komet dan Macam-Macam Benda Langit Lainnya

Pengertian Apa itu Meteor, Asteroid, Komet dan Macam-Macam Benda Langit Lainnya - Begitu Anda mengenal anggota Bima Sakti Anda harus mengetahui segala jenis benda langit lainnya, ciri surgawi lainnya, akal komet, pemahaman asteroid, asteroid dan sabuk asteroid.

TERKAIT
pengertian meteor
pengertian meteorit
gambar asteroid
gambar komet
apa yang dimaksud dengan meteor
pengertian komet
gambar meteorit
gambar meteoroid

Galaxy dan Rasi Bintang

Pada malam hari, Anda bisa melihat ribuan bintang di langit sebagai titik terang. Memang apa yang Anda lihat tidak sepenuhnya. Ada jutaan bahkan milyaran bintang lain yang tidak dapat Anda amati.

Bintang-bintang di langit, gas, dan debu terikat oleh gravitasi, bercampur dengan kelompok-kelompok raksasa yang disebut galaksi. Di alam semesta ada banyak galaksi, dan miliaran bintang berserakan di setiap galaksi.

Kita hidup di galaksi Bima Sakti, yang berisi sekitar 200 miliar bintang, salah satu bintang ini adalah matahari.

Jadi, matahari kita hanyalah satu dari milyaran bintang di salah satu galaksi. Betapa luas dan mulia alam semesta ini, dan betapa hebatnya Sang Pencipta.

Semua bintang bergerak mengelilingi pusat galaksi. Matahari mengelilingi pusat galaksi Bima Sakti, dengan putaran tunggal 240 juta tahun. Selain galaksi

Galaksi kita mengenal galaksi Andromeda, awan Magellan yang besar, dan galaksi yang dinamai menurut galaksi NGC (New General Catalog) 4565.

Sekelompok bintang di galaksi yang sama bisa menghasilkan bentuk tertentu bila dilihat dari bumi. Kelompok bintang ini disebut rasi bintang, misalnya konstelasi Ursa Major atau rasi bintang Big Dipper.

Beberapa rasi bintang zodiak Anda sudah tahu, rasi Cancer, Leo, dan Virgo. Masyarakat Indonesia mengenal konstituensi pari atau pondok sapuan dan konstelasi saya.

Pernahkah Anda mengamati salah satu rasi bintang di atas? Atau mungkin Anda melihat konstelasi lain.

Apakah konstelasi selalu teramati setiap saat, mengapa di siang hari kita tidak bisa mengamati konstelasi? Untuk mengetahui posisi berbagai rasi bintang, harus diketahui bagaimana bintang-bintang berganti posisi setiap malam, setiap musim dan perubahan lintang.

Macam-Macam Benda Langit Lainnya

Anda telah belajar tentang matahari dan planet di tata surya. Matahari dan planet termasuk benda langit. Apakah ada benda langit lain selain matahari dan planet? Anda bisa menjawabnya setelah memahami uraian berikut.

1. Asteroid Belt

Pernahkah Anda mendengar sabuk Asteroid? Apa yang kamu tahu tentang sabuk Asteroid? Sabuk Asteroid membentang antara Mars dan planet Jupiter. Sabuk asteroid dibentuk oleh benda-benda kecil seperti planet, yang juga terdiri dari gas dan debu beku, seperti Ceres.

Meski disebut benda kecil, sebenarnya benda-benda ini memiliki diameter ratusan kilometer, misalnya celah ceres sekitar 770 km.

Di dalam asteroid tersebut, kini telah ditemukan lebih dari 50.000 benda kecil seperti Ceres. Seandainya tidak dekat dengan Jupiter, sabuk asteroid mungkin adalah planet.

Gaya gravitasi besar Jupiter tidak membiarkan bahan asteroid berubah menjadi planet.

2. Komet

Pernahkah Anda melihat komet? Apa yang kamu ketahui tentang komet? Komet terdiri dari debu dan gas beku seperti es. Komet memiliki inti kecil yang terkadang terang seperti bintang saat melewati matahari.
Pengertian Asteroid, Meteor, Komet dan Macam-Macam Benda Langit Lainnya
Memahami Asteroid, Meteor, Komet dan Langit-Langit Lainnya
Gambar: Komet

Inti dikelilingi kabut, biasanya disebut koma, dan kombinasi inti dengan koma membentuk kepala komet.
Definisi komet adalah benda langit yang tertutup kabut tipis dan memiliki ekor.
Saat kepala komet mendekati matahari, energi matahari menguap inti dan kemudian bercampur dengan kabut. Kabut didorong oleh kekuatan radiasi matahari untuk membentuk ekor komet (sehingga komet sering disebut bintang ekor).

Itu sebabnya ekor komet selalu jauh dari sinar matahari. Berdasarkan pengamatan, komet selalu muncul secara berkala. Misalnya komet Halley muncul setiap 75 atau 76 tahun. Komet Halley muncul pada tahun 1986 dan diperkirakan akan kembali pada tahun 2016 atau 2062.

3. Meteor

Di dalam ruang ada banyak benda padat yang bergerak tidak merata. Benda-benda ini mungkin berasal dari fragmen asteroid, ekor komet yang pecah, atau potongan benda langit lainnya.

Mengingat efek gaya gravitasi bumi, fragmen benda langit bergerak ke arah bumi, dan terbakar dengan gesekan dengan materi atmosfer. Api yang terang tampak seperti bintang yang bergantian, itu disebut meteor.
Pengertian meteor adalah benda langit berupa pecahan ruang bayian yang jatuh dan masik ke atmosfer bumi.
Umumnya meteor terbakar habis sebelum mencapai permukaan bumi, namun ada meteor yang begitu besar sehingga sampai ke permukaan bumi, disebut meteorit. Contoh meteorit yang jatuh di Greenland dan Arizona USA.

4. Asteroid
Pengertian Asteroid adalah benda langit yang kecil dan padat yang terdapat dalam sistem tata surya kita yang berputar di sekitar matahari namum terlalu kecil untuk disebut planet.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar