--> Skip to main content

Pengertian Muatan Listrik, Konduktor dan Isolator Beserta Contohnya

Pengertian Muatan Listrik, Konduktor dan Isolator Beserta Contohnya - Seperti telah kita lihat, listrik merupakan sumber energi yang dipasok melalui kabel. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang legiun listrik, diskusi ini akan membahas tentang definisi muatan listrik, definisi konektor, insulasi dan penghilangan antara benda listrik.

Muatan listrik

Apa yang anda ketahui tentang biaya listrik? Apakah muatan listrik terbentuk dari listrik statis? Benarkah listrik dinaikkan? Bagaimana saya tahu bahwa listrik itu dibebankan?
Pengertian muatan listrik adalah muatan dasar yang dimiliki suatu benda, yang membuatnya mengalami gaya pada benda lain yang berdekatan dan juga memiliki muatan listrik.

Contoh benda bermuatan listrik

Jika Anda melihat sisa-sisa kertas tisu yang pertama kali duduk di atas meja lalu melompat dan akhirnya menempel pada plastik yang digosok.

Gejala ini juga bisa diamati jika Anda menggosok sisir pada rambut kering, ternyata sisir bisa menarik potongan kertas. Fenomena serupa terjadi saat Anda menyetrika pakaian kain nilon, ternyata pakaiannya menjadi lengket satu sama lain.

Pada kejadian ini Anda mengamati bahwa mereka "bermuatan listrik".

Sewaktu Anda belajar tentang teori atom, setiap benda terbuat dari atom. Model atom saat ini adalah model penyelidikan atomik dan teori yang diajukan oleh E. Ruther ford (1871-1937), Niels Bohr (1885-1962), dan fisikawan lainnya dari berbagai negara.

Sebuah atom terdiri dari nukleus dan elektron. Inti atom terdiri dari satu atau lebih proton dan neutron, tergantung pada jenis atomnya. Proton bermuatan positif, sementara neutron tidak bermuatan.

Elektron bermuatan negatif di sekitar inti atom. Sebuah atom dikatakan netral jika jumlah muatan positif (jumlah proton) sama dengan jumlah muatan negatif (jumlah elektron).

Atom akan bermuatan negatif jika atom mendapatkan kelebihan elektron. Atom akan bermuatan positif jika atom tidak memiliki elektron. Melihat

Atom Helium memiliki nukleus yang terdiri dari 2 proton dan 2 neutron dan dikelilingi oleh 2 elektron. Atom bermuatan negatif jika mereka mendapatkan elektron tambahan.

Atom hidrogen netral terdiri dari 1 elektron, namun atom tersebut mendapatkan elektron 1 ekstra, jadi muatannya negatif. Atom bermuatan positif jika kekurangan elektron. Atom lithium netral memiliki 3 elektron, namun atom tersebut kehilangan satu elektron sehingga bermuatan positif.

Sekarang bayangkan plastik transparan itu kita akan menghasilkan muatan listrik dari plasticizer. Awalnya plastik itu netral.

Saat plastik digosok dengan kain, beberapa elektron di kain itu beralih ke plastik. Plastik sekarang tidak lagi netral, tapi bermuatan negatif, dan bisa menarik potongan kertas.

Apa yang terjadi dengan kain itu? Sebenarnya kainnya tidak lagi netral, tapi bermuatan positif. Mengapa? Hal ini terjadi karena beberapa elektron di fabric pindah ke plastik.

Jika Anda menggosok plasticizer, ternyata Anda bisa menghasilkan koleksi muatan listrik pada plastik, dengan cara menggosok. Kumpulan muatan listrik pada benda disebut listrik statis.

Interaksi antara benda bermuatan listrik

Berdasarkan teori atom, Anda mendapatkan pengertian bahwa muatan listrik tidak hanya satu jenis, tapi dua tipe, yaitu muatan positif dan muatan negatif.

Anda bisa amati bahwa jika dua penawar plastik yang telah digosok dengan kain wol dipersatukan lebih dekat, ternyata batang plastik tersebut saling tolak.

Gejala serupa bisa diobservasi, jika dua batang kaca yang telah digosok dengan kain sutera semakin mendekat, ia juga saling tolak.

Anda bisa dengan mudah menyatakan, karena dua penguasa plastik itu digosok dengan kain yang sama, tentu saja muatan yang terkandung pada penggaris plastik semacam itu.

Begitu juga dengan kedua palang kaca, harus memiliki muatan yang sama karena digosok dengan benda serupa.
Pengamatan Anda menunjukkan bahwa benda dengan muatan listrik serupa akan menjijikkan, atau mungkin disimpulkan lebih lanjut bahwa muatan listrik semacam itu menolak.
Pengertian Muatan Listrik, Konduktor dan Isolator Beserta Contohnya
Definisi Isolator Listrik, Konduktor dan Isolator Dengan Contoh

(A) Pelepasan tipe penolakan (b) Tidak seperti muatan kapal tunda yang menarik

Bagaimana hasil ini jika dikaitkan dengan keberadaan atom penyusun batang plastik dan batang kaca? Ketika penggaris plastik digosok dengan kain wol, elektron dari kain wol dipindahkan ke penggaris plastik, sehingga pengikat plastik bermuatan negatif.

Sebaliknya, saat batang kaca digosok dengan kain sutera, elektron di batang kaca bergerak ke kain sutera, sehingga batang kaca bermuatan positif. Akibatnya, antara penggaris plastik dan batang kaca terjadi daya tarik.

Konduktor dan isolator

Bayangkan, kita memiliki dua bola logam. Satu bola dimuat, sementara bola lainnya netral.

Selanjutnya kita pasang kuku besi, sehingga kuku menyentuh dua bola. Ternyata kita dapatkan, bola kedua dengan cepat terisi. Hal ini disebabkan sebagian karena muatan listrik pada bola pertama bergerak menuju bola kedua melalui kuku besi.

Tapi jika kita tidak menggunakan paku besi, tapi kayu, ternyata bola kedua tetap netral, artinya muatan listrik pada bola pertama tidak bergerak ke arah bola kedua.

Anda bisa menggunakan tespen untuk mengetahui apakah bola logam bermuatan listrik.

Benda yang berperilaku seperti kuku besi tergolong konduktor listrik, yaitu benda yang bisa melakukan listrik.
Definisi konduktor adalah zat yang bisa melakukan arus listrik baik dalam bentuk padat, cair atau gas. Karena sifat konduktifnya disebut konduktor.
Memahami Pengertian isolator
Sebaliknya, benda yang berperilaku seperti kayu diklasifikasikan sebagai isolator listrik.

Isolator adalah benda yang tidak bisa mengalirkan listrik
Dapatkah Anda memberi saya contoh lain dari konduktor dan isolator listrik? Selain konduktor dan isolator, ada benda yang termasuk di antara kategori. Misalnya silikon, germanium, dan arsenik. Benda-benda ini termasuk dalam kategori semi konduktor.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar