--> Skip to main content

Pengertian Rekayasa Reproduksi, Kloning, Makhluk Hidup Transgenik, Bayi Tabung, Inseminasi Buatan dan Hibridisasi Beserta Prosesnya

Pengertian Rekayasa Reproduksi, Kloning, Makhluk Hidup Transgenik, Bayi Tabung, Inseminasi Buatan dan Hibridisasi Beserta Prosesnya - Seperti yang telah kita lihat bahwa teknik reproduksi tidak hanya dilakukan pada tanaman dan hewan, namun manusia juga bisa menjadi objek dalam teknologi, oleh karena itu diskusi ini akan membahas tentang definisi teknik reproduksi, pengertian kloning, teknik reoroduksi, pemahaman makhluk transgenik, Pemahaman tentang tabung bayi, pemahaman inseminasi buatan, pemahaman hybridasasi seiring dengan proses dan contohnya.

Rekayasa Reproduksi

Pernahkah Anda mendengar tentang rekayasa reproduksi? Apa itu rekayasa reproduksi?

Teknik Reproduksi adalah usaha manusia untuk mereproduksi makhluk hidup dengan cara rekayasa tahapan proses reproduksi yang secara alami berlangung.

Teknik reproduksi tidak hanya dilakukan pada tanaman dan hewan, namun manusia juga bisa menjadi objek teknologi.

Ada beberapa teknik rekayasa reproduksi yang kita ketahui, misalnya dengan kloning, hibridisasi, inseminasi buatan, dan tabung bayi. Mari kita bahas mereka satu per satu

Kloning
Apa yang anda ketahui tentang kloning?
Kloning adalah penggunaan sel somatik makhluk hidup multisel untuk menciptakan satu atau lebih individu dengan bahan genetik identik atau identik.
Pengertian Rekayasa Reproduksi, Kloning, Makhluk Hidup Transgenik, Bayi Tabung, Inseminasi Buatan dan Hibridisasi Beserta Prosesnya

Kloning ditemukan pada tahun 1997 oleh Dr. Ian Willmut seorang ilmuwan Skotlandia dengan membuat telur domba yang telah direkayasa menjadi seekor domba tanpa ayah atau tanpa pernikahan.

Domba ilmuwan Skotlandia bernama Dolly. Bagaimana Dolly melakukan kloning domba yang dilakukan oleh Dr. Ian Willmut adalah sebagai berikut.

A. Ambil telur yang ada di ovarium anak domba, dan bawa kelenjar susu dari anak domba lainnya.

B. Lepaskan inti telur telur haploid.

C. Masukkan sel kelenjar susu ke dalam sel telur yang tidak memiliki nukleus lagi.

D. Telur dikembalikan ke domba asli ibunya (domba donor telur).

E. Sel telur yang mengandung sel kelenjar susu dimasukkan ke dalam rahim domba, kemudian domba akan hamil dan melahirkan anak kloning yang dihasilkan.

Dengan demikian, domba kloning adalah pembiakan domba secara vegetatif karena sel telur tidak dibuahi oleh sperma.

Kloning juga bisa dilakukan pada kodok. Sebuah nukleus yang berasal dari sel di usus seekor kecebong ditransplantasikan ke dalam telur dari kodok lain yang nukleusnya telah dikeluarkan. Kemudian, telur ini akan berkembang menjadi zigot buatan dan akan tumbuh lagi menjadi kodok dewasa.

Kloning akan berhasil jika nukleus ditransplantasikan ke dalam sel yang akan menghasilkan embrio (sel telur) termasuk sel kuman. Sel kuman adalah sel yang menumbuhkan telur dari sperma.

Makhluk hidup transgenik

Makhluk hidup transgenik sering disebut sebagai GMO (Genetically Modified Organisms) yang merupakan hasil rekayasa genetika.

Teknik ini mengubah faktor keturunan untuk mendapatkan properti baru. Teknik ini dikenal dengan teknik genetika atau teknologi plasmid.

Pengertian Teknik Reproduksi, Kloning, Perilaku Hidup Transgenik, Tabung Bayi, Inseminasi Buatan dan Hibridisasi Dengan Contoh.

Transformasi gen dilakukan dengan memasukkan gen lain ke dalam plasmid sehingga menghasilkan individu yang memiliki sifat tertentu sesuai dengan keinginan pembuatnya.

Teknologi ini bisa Anda pelajari dari beberapa aplikasi yang telah dikembangkan oleh manusia, antara lain sebagai berikut.

A. Produksi insulin

Pernahkah Anda mendengar tentang insulin? Bagaimana cara memproduksi insulin? Caranya adalah dengan menghubungkan gen yang mengendalikan pembuatan insulin manusia menjadi DNA bakteri.

Kemudian dari hasil pencangkokan akan terbentuk bakteri baru yang mampu menghasilkan hormon insulin manusia. Bakteri ini disimpan di laboratorium untuk memproduksi insulin. Insulin yang dihasilkan dapat digunakan untuk mengobati diabetes.

B. Menciptakan benih unggul

Rekayasa genetika memperbaiki tanaman menjadi lebih baik:

1) Transplantasi gen pembentuk pestisida pada tanaman sehingga menghasilkan pestisida pestisida yang mematikan.

2) Rekayasa tanaman mampu fiksasi nitrogen. Teknologi ini mampu menciptakan tanaman yang bisa mengolah dirinya sendiri.

3) Rekayasa genetika yang mampu menciptakan tanaman mampu menghasilkan zat anti koagulan.

Hibridisasi

Pada pelajaran sebelumnya, Anda sudah mengenal hibridisasi. Apa yang Anda ketahui tentang hibridisasi?

Hibridisasi adalah persilangan antar varietas pada spesies yang sama yang memiliki sifat unggul. Hasil hibridisasi adalah hibrid yang memiliki campuran kedua induknya.

Teknik ini bisa dilakukan pada tanaman dan hewan. Contoh hibrida tanaman yang telah diolah adalah jagung, kelapa, beras, tebu, dan anggrek.

Inseminasi buatan
Inseminasi buatan adalah pemupukan atau pembuahan yang terjadi pada telur dengan sperma yang disuntik oleh hewan jantan, namun hanya membutuhkan sperma saja.

Tahukah anda mengapa inseminasi buatan dilakukan? Inseminasi buatan dilakukan karena benih unggul jantan yang akan dikawinkan dengan bibit betina lokal tidak memiliki masa subur yang sama.

Unggul bibit unggul dikawinkan dengan bibit betina lokal untuk menghasilkan keturunan yang lebih baik.

Teknologi ini menggunakan metode penyimpanan sperma pada suhu rendah (-80o sampai -20o). Jadi, untuk mendapatkan bibit unggul pria untuk menikahi benih betina lokal tidak perlu membawa individu tapi cukup untuk membawa spermanya. Ini juga memfasilitasi proses pengiriman dari satu negara ke negara lain.

Bayi tabung

Tabung bayi adalah bayi yang merupakan hasil pembuahan yang terjadi di dalam tabung.

Teknologi ini sebenarnya merupakan kelanjutan dari teknologi inseminasi buatan, hanya proses pemupukan di tabung bayi terjadi di luar sedangkan inseminasi terjadi di tubuh.

Keduanya sama generatifnya. Kita biasanya sering mendengar istilah tabung bayi untuk pasangan yang sulit mendapatkan keturunan. Ini adalah jalan pintas bagi mereka untuk cepat mendapatkan keturunan.

Apakah Anda tahu proses pembuatan tabung bayi? Proses pembuatan tabung bayi adalah sebagai berikut.

A. Sel ovum berovulasi pada ibu atau betina diambil dengan alat dan disimpan

Dalam tabung berisi media seperti kondisi hadir di rahim seorang wanita hamil.

B. Telur bersatu kembali dengan sperma di bawah mikroskop dan diamati sehingga terjadi pembuahan.

C. Telur yang telah dibuahi dikembalikan ke tabung.

D. Jika sel telur yang dibuahi disebut zigot. Zigot berkembang dengan baik dan menjadi embrio, maka embrio tersebut akan disuntikkan kembali ke rahim ibunya yang asli.

Dampak Teknik Reproduksi

Teknologi teknik tidak semua memiliki dampak positif pada kehidupan manusia maupun makhluk hidup lainnya dan lingkungan.

Teknologi yang diciptakan untuk tujuan kemakmuran manusia bisa menghancurkan manusia itu sendiri jika tidak diikuti oleh iman dan pengabdian.

Dampak positif dari teknik reproduksi sebagai berikut.

☯ Menciptakan benih unggul.

☯ Memperbaiki gizi masyarakat.

☯ Pertahankan plasma nutfah.

☯ Meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi sesuai keinginan manusia.

☯ Membantu pasangan yang mengalami kesulitan mendapatkan anak dengan jalan pintas adalah tabung bayi.

Dampak negatif dari teknik reproduksi adalah sebagai berikut.

☯ Dalam proliferasi keturunan dengan kultur jaringan yang memiliki bahan genetik yang sama akan rentan terhadap penyakit.

☯ Merugikan petani dan peternak lokal yang mengandalkan reproduksi alami.

☯ Ada kekhawatiran penyalahgunaan teknologi reproduksi untuk keuntungan pribadi yang merugikan orang lain. Misalnya misi sebuah negara yang ingin mendominasi dunia dengan menciptakan tentara tangguh dengan teknik kloning.

☯ Mengganggu proses seleksi alam.

Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar