--> Skip to main content

Pengertian Sumber Energi Listrik Dan Contohnya

Diskusi ini akan membahas tentang definisi sumber energi listrik, energi listrik, sumber energi listrik, beda potensial, Elemen Arus, Baterai (sel kering), baterai (sel basah) dan kontak berhenti.

Perbedaan Potensial

Listrik yang Anda gunakan untuk menyalakan lampu listrik TV, radio, dan non-statis Anda. Peralatannya membutuhkan gerakan muatan listrik kontinyu.

Pada listrik statis, aliran muatan dengan cepat berhenti karena tidak ada lagi beda potensial (voltage). Karena itu, harus ada sumber tegangan listrik.

Sumber tegangan listrik adalah alat yang dapat menghasilkan perbedaan potensial listrik kontinyu. Potensi listrik diferensial diukur dalam volt (V). Alat yang digunakan adalah voltmeter.


Dalam rangkaian listrik, sumber tegangan dilambangkan dengan tanda atau disederhanakan


Tunjukkan kutub positif dan
Menunjukkan kutub negatif.

Anda bisa mengukur beda potensial listrik antara dua tempat di sirkuit, seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Pengertian dan Sumber Energi Listrik Lengkap
Pengertian dan Sumber Energi Listrik Lengkap
(A) Bagaimana mengukur perbedaan potensial antara titik A dan B, (b) Diagram rangkaian.

Sumber tegangan listrik (elemen)

Sumber tegangan listrik mengubah berbagai bentuk energi menjadi energi listrik.

Contoh sumber voltase listrik termasuk elemen volta, baterai, baterai, dan soket di dinding rumah Anda.

Elemen volta

Pada tahun 1800 Alessandro Volta menemukan dua jenis logam yang berbeda yang ditempatkan di bak yang mengandung larutan elektrolit, akan ada perbedaan potensial antara kedua logam tersebut.
Gambar: Elemen Voltaik.

Pelat tembaga dan seng ditempatkan di dalam bejana yang mengandung asam sulfat encer. Reaksi kimia yang terjadi menyebabkan elektron terakumulasi pada pelat seng, akibatnya seng bertindak sebagai kutub negatif. Sebaliknya lempeng tembaga adalah kutub positif.

Jika elemen volta digunakan sebagai sumber tegangan, akan ada gelembung gas. Gelembung ini menghalangi aliran muatan, jadi harus selalu dihilangkan.

Oleh karena itu, unsur volta tidak praktis digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Baterai (sel kering)

Baterai terdiri dari wadah seng yang mengandung pasta kimia dengan batang karbon yang tergantung di tengah pasta. Pasta adalah senyawa kimia MnO2 dan NH4Cl.

Jika kutub baterai dihubungkan secara seri, misalnya dengan lampu seperti Activity 1, reaksi kimia terjadi pada pasta dan seng.

Akibatnya, elektron elektron terakumulasi dalam seng, menyebabkan seng bertindak sebagai kutub negatif, dan batang karbon yang terletak pada pasta bertindak sebagai kutub positif.

Perbedaan potensial antara kutub baterai ini adalah 1,5 volt. Bila baterai digunakan, dari waktu ke waktu akumulasi muatan pada seng berkurang, dan perbedaan potensial menurun.

Dalam keadaan seperti ini biasanya baterai dikatakan "keluar" dan tidak bisa dipakai lagi. Karena sifatnya yang sekali pakai, baterai dengan elektroda karbon dan seng disebut elemen utama.

AKI (sel basah)

Baterai sering disebut sel basah. Sel basah terdiri dari dua pelat logam yang berbeda yang ditempatkan dalam cairan elektrolit.

Misalnya, pelat logam pada baterai mobil adalah timah (Pb) dan timbal peroksida (PbO2) yang berada di larutan asam sulfat (H2SO4).

Reaksi kimia yang terjadi menyebabkan elektron terkumpul di timbal, sehingga timbal sebagai kutub negatif dan timah peroksida sebagai kutub positif.

Baterai mobil umumnya mengandung 6 sel, masing-masing sel menghasilkan beda potensial 2 volt. Karena itu, beda potensial yang dihasilkan oleh baterai mobil adalah 12 volt. Bila digunakan, timah dan timah peroksida secara bertahap berubah menjadi timbal sulfat.

Dua kutub baterai akhirnya tidak memiliki beda potensial lagi. Apa yang harus dilakukan, agar baterai bisa bekerja lagi? Dibandingkan dengan baterai seng karbon, baterai memiliki keunggulan, yaitu bisa diisi ulang.

Anda melakukan ini dengan melewatkan arus listrik melalui baterai dari sumber tegangan lain ke arah sebaliknya.

Dengan cara ini, timbal sulfat kembali menjadi timbal dan timbal peroksida, maka baterai siap digunakan kembali. Kemampuan baterai yang bisa digunakan berulang kali dengan cara terisi lagi menjadikan baterai tergolong unsur sekunder.

Colokan listrik / STOP Kontak

Berbagai peralatan listrik di rumah Anda dirancang untuk menggunakan listrik dari PLN. Perbedaan potensial listrik 220 volt ini, disebut tegangan mesh. Sumber tegangan ini bisa ditemukan di stopkontak rumah Anda.

Energi listrik ini dihasilkan oleh generator listrik. Generator listrik mengubah bentuk energi lainnya seperti energi air, uap atau nuklir menjadi energi listrik. Anda akan belajar lebih banyak tentang generator ini di bab elektromagnetik

Gaya Gerak listrik

Anda sudah tahu bahwa perbedaan potensial pada baterai adalah 1,5 V jika baterai digabungkan dengan lampu, beda potensial berkurang, jadi kurang dari 1,5 V. Jadi jika sumber tegangan terpasang pada rangkaian disebut tegangan jepit. Secara umum tegangan jepit pada baterai lebih kecil daripada gaya gerak listriknya.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar