--> Skip to main content

Perubahan Energi Listrik Menjadi Energi Panas, Cahaya, Gerak dan Contohnya

Perubahan Energi Listrik Menjadi Energi Panas, Cahaya, Gerak dan Contohnya - Begitu Anda mengenal rangkaian listrik dan tenaga listrik maka pembahasan ini akan membahas tentang perubahan energi listrik menjadi energi panas, perubahan energi listrik menjadi energi cahaya, perubahan energi listrik menjadi energi kimia, perubahan energi listrik menjadi energi gerak. , Contoh energi listrik menjadi energi gerak, Contoh energi listrik menjadi energi panas, contoh energi listrik menjadi energi cahaya dan contoh energi listrik menjadi energi kimia.

Energi Listrik dan Perubahannya
Kami telah menyebutkan bahwa penggunaan energi listrik tergantung pada daya listrik dari berbagai peralatan yang digunakan.

Bila digunakan bersamaan, peralatan listrik besar memerlukan energi listrik yang besar dibandingkan dengan perangkat skala kecil yang serupa.

Selain bergantung pada tenaga listrik, jumlah energi listrik juga bergantung pada lama pemakaiannya. Jika semakin lama peralatan digunakan, energi listrik yang dibutuhkan juga lebih besar.

Berdasarkan uraian di atas maka energi listrik bisa diformulasikan:

Mengingat P = V × I, maka:

Karena V = I × R, maka persamaan di atas juga bisa ditulis:


Dengan W = energi listrik ................................. Joule (J)
P = daya .............................................. watt (W)
T = waktu ........................................... sekon (s)
I = arus kuat ...................................... ampere (A)
R = rintangan ..................................... ohm (Ω)

Untuk pemakaian sehari-hari, daya biasanya diukur dalam kilowatt (kW), dan waktu diukur dalam jam (h, h). Jika unit ini digunakan, maka energi listriknya adalah jam kilowatt satu jam (kWh).

Pernahkah Anda mengamati meter (kWh meter) di rumah Anda? Peralatan ini digunakan untuk mengukur penggunaan energi listrik di rumah Anda. Setiap bulan petugas PLN mencatat jumlah yang tercatat di kWh meter.

Perbedaan jumlah yang terekam adalah energi listrik yang digunakan pada bulan itu. Misalnya, pada awal April angka tersebut adalah 4.216 kWh, sedangkan awal Mei adalah 4.527 kWh.

Kemudian energi listrik yang telah digunakan adalah 4.527 kWh - 4.216 kWh = 311 kWh. Dengan mengalikan jumlah itu dengan harga masing-masing kWh, biaya penggunaan energi listrik di rumah Anda bisa dihitung.

Contoh

Keluarga Mahfud memiliki 4 penggemar listrik, masing-masing 50 W. Penggemar digunakan 10 jam per hari. Berapa kWh adalah penggunaan energi listrik untuk kipas dalam sebulan?

Diberikan: daya, P = 4 × 50 W = 200 W = 0,2 kW
Waktu, t = 10 = h / hari × 30 hari = 300 h
Ditanyakan: energi listrik, W?

Menjawab
W = P × t
= 0,2 kW × 300 h
= 60 kWh

Jadi, energi listriknya 60 kWh.

Energi yang sudah kita tahu perumusannya bisa digunakan dalam banyak hal setelah Anda mengubahnya menjadi energi dalam bentuk lain.

Perubahannya adalah sebagai berikut.

1. Energi Listrik Beralih ke Energi Cahaya

Perubahan Energi Listrik Menjadi Energi Panas, CahayaGerak dan Contohnya
Hasil perubahan ini bisa dilihat dengan jelas dari kejadian flashing lampu yang terhubung ke jaringan listrik PLN. Anda juga bisa melihat bentuk macammacam cahaya yang ada disekitarmu.
Perubahan Energi Listrik menjadi Energi Panas, Cahaya Pencahayaan dan Contohnya
Gambar: Contoh energi listrik menjadi energi cahaya

Dan lampu menyala karena adanya filamen yang ada di dalamnya, hingga lampu menyala karena proses ionik karena beda potensial di ruang lampu. Masih bisakah kamu memberikan contoh lain?

2. Energi Listrik Berubah menjadi Energi Gerak

Proses perubahan ini bisa dilihat saat Anda menyalakan kipas angin. Mengapa kipas berputar? Kipas angin bisa berputar karena energi listrik yang diubah oleh komponen magnetik di dalam kipas menjadi energi gerak.

3. Energi Listrik Beralih ke Energi Panas

Perubahan energi listrik menjadi energi panas dapat dilihat pada peralatan rumah tangga. Besi, kompor listrik, dan solder adalah contohnya.

Peralatan ini memanfaatkan kawat yang memiliki tipe resistor besar, seperti nikel atau kawat nikel. Dapatkah Anda merancang dan membuat pemanas listrik

4. Energi Listrik Menjadi Energi Kimia

Pernahkah Anda melihat orang "memperbarui" perhiasan emas yang mereka miliki, seperti gelang, kalung, dan anting? Objek yang sebelumnya tampak kusam, tapi setelah "update" akan berubah menjadi seperti baru lagi. Proses ini biasa dikenal di masyarakat dengan istilah plating.

Penyepuhan memanfaatkan bentuk perubahan energi listrik menjadi energi kimia melalui proses kimia.

Sederhananya, penyepuhan dilakukan dengan melewatkan arus listrik pada bahan pelapis (sebagai anoda) dan perhiasan yang akan dilapisi (seperti katoda) melalui cairan elektrolit.

Selama proses ini lapisan logam akan habis untuk waktu yang lama karena berubah menjadi partikel-partikel kecil yang kemudian menempel pada perhiasan yang disepuh. Proses penempelan inilah yang membutuhkan energi listrik.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar