--> Skip to main content

Rumus dan Bunyi Hukum Coulomb Mengenai Muatan Listrik

Bunyi dan Rumus Hukum Coulomb Mengenai Muatan Listrik - Kami sebelumnya telah membahas bahwa benda-benda dengan muatan serupa akan menolak, menolak, dan benda-benda dari jenis yang belum dipetakan akan menarik. Rupanya telah dipelajari oleh ilmuwan Prancis Charles Coulomb, yang memperoleh sebuah undang-undang tentang muatan listrik yang disebut hukum coulomb seperti suara hukum coulomb, unit muatan listrik, dan formula hukum coulomb akan dibahas dalam materi ini.

Hukum Coulomb

Anda sudah tahu bahwa benda-benda dengan muatan serupa akan menjijikkan, dan benda-benda dari jenis yang belum dipetakan akan menarik.

Daya tarik dan tolakan ini disebabkan oleh daya tarik atau gaya tolakan. Faktor apa yang mempengaruhi besarnya gaya listrik?

Dan tentu saja Anda tahu, bahwa besarnya gaya tarik atau tarikan pada benda bermuatan listrik dipengaruhi oleh jarak antara benda bermuatan.

Anda harus menarik penggaris plastik yang telah digosok sedekat mungkin ke batang kaca, sehingga Anda bisa melihat gejala tarik yang terjadi.

Jika penggaris plastik yang Anda tempatkan relatif jauh dari batang kaca, maka gaya tarik yang terjadi tidak dapat diamati, karena kecil.

Ternyata, daya tarik atau tolakan antara muatan listrik dipengaruhi oleh jarak antara beban. Jika jarak antara muatan kecil (berdekatan), maka tenaga listrik yang terjadi besar. Sebaliknya, jika jaraknya diperbesar (berjauhan), maka tenaga listrik yang terjadi kecil.

Anda juga memperhatikan bahwa agar daya tarik atau penolakan menjadi besar, Anda harus menggosok batang gelas atau penggaris plastik dengan kain keras dan beberapa kali menggosok.

Semakin keras dan sering Anda menggosoknya, akumulasi muatan listrik juga semakin membesar. Ini menunjukkan lebih banyak muatan listrik yang ada, tenaga listrik juga lebih besar.

Gejala seperti yang Anda amati di atas telah diteliti oleh ilmuwan Prancis Charles Coulomb (1736-1806). Pada 1785, dia menyelidiki hubungan antara beban dan jarak antara muatan dan tenaga listrik yang dihasilkan.

Percobaan Coulomb:
Dengan mengukur sudut penyimpangan AA sejak awal,
Ia bisa menentukan kekuatan listrik yang terjadi
Bunyi dan Rumus Hukum Coulomb Mengenai Muatan Listrik
Investigasi Coulomb menggunakan 2 bola konduktor kecil dan kecil A dan A 'yang digantung melalui kabel tipis (lihat Gambar di atas).

Bolanya sama, yaitu bola B ditempatkan di dekat bola A. Bola A dan B disentuh bersama pada objek yang dimuat, sehingga mendapatkan muatan yang sama, karena ukuran bolanya sama.

Ketika bola B ditempatkan pada jarak tertentu dari bola A, batang penghubung A dan A 'akan berputar sedikit. Dengan mengukur sudut rotasi, Coulomb bisa menentukan gaya yang dibutuhkan untuk memainkannya.

Dengan menempatkan bola b jarak bolak dari bola A, dan mengukur gaya listrik yang dihasilkan, Coulomb menyimpulkan bahwa gaya listrik F berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara dua pusat bola A dan B. Pernyataan tersebut dapat ditulis sebagai berikut .
Suara Suara dan Formula Coulomb Mengenai Listrik
Bunyi dan Rumus Hukum Coulomb Mengenai Muatan Listrik
Coulomb selanjutnya mengubah muatan listrik pada bola A dan bola B, dengan menyentuh bola A dan bola B pada bola netral, sehingga muatan pada bola A dan bola B tetap setengah.

Hasil percobaan menunjukkan bahwa tenaga listrik berbanding lurus dengan muatan pada bola A (qA) dan muatan pada bola B (qB), atau

Berdasarkan hasil ini, misalkan muatan pada bola A sampai 2 kali lipat dari yang asli, dan muatan pada bola B sampai 3 kali awalnya, maka gaya listrik yang terjadi sampai 2 × 3 atau 6 kali awalnya.

Berdasarkan hasil di atas, akhirnya Coulomb diakhiri

Bunyi Hukum Coulomb

Besar gaya listrik antara dua muatan listrik yang terpisah pada jarak tertentu berbanding lurus dengan besar kedua muatan tersebut dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak kedua muatan tersebut
Coulomb, bisa ditulis secara matematis sebagai berikut.

Bunyi dan Rumus Hukum Coulomb Mengenai Muatan Listrik

Dengan q = muatan listrik ...................................... coulomb (C)
R = jarak ............................................... .. meter (m)
F = Gaya ............................................... Newton (N)
K = konstanta = 9 × 109 Nm2C-2

Unit muatan listrik

Muatan sebuah benda sangat sulit diukur secara langsung. Tapi Coulomb menunjukkan bahwa besarnya muatan listrik dapat ditentukan dengan mengukur kekuatan listrik yang dihasilkannya.

Dalam sains, setiap magnitudo memiliki satu kesatuan. Unit muatan listrik dalam sistem SI adalah coulomb (C).

Biaya listrik 1 elektron adalah 1,6 × 10-19 coulomb, dan jenisnya negatif, sedangkan muatan listrik 1 proton sama dengan muatan 1 elektron, namun jenisnya positif. Jumlah muatan 1 elektron disebut disebut muatan elementer, dan merupakan besar muatan terkecil di alam.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar