--> Skip to main content

Sejarah Lengkap Tentang Masa Orde Baru

Sejarah: Sejarah Orde Baru | Kali ini kita akan membahas poin-poin seperti, Latar Belakang Kelahiran Orde Baru, Kelahiran Orde Baru, Kebijakan Orrde Baru, dan Perkembangan Orde Baru | Sejarah kelahiran orde baru merupakan kebangkitan kembali bangsa Indonesia. Orde baru adalah transisi dari tatanan baru ke tatanan lama, di mana banyak transisi adalah latar belakang kelahiran baru, dalam kelahiran pesanan ada berbagai desain pengembangan dalam pengembangan tatanan baru dan kebijakan dalam orde baru. Di mana semua hal ini telah menjadi sejarah kebangkitan nasional Indonesia, Orde Baru adalah waktu untuk mengembalikan Pancasila dan Konstitusi sebagai tatanan bangsa Indonesia, Untuk mengetahui lebih jelasnya, mari kita kilas balik tentang sejarah kelahirannya. Dari orde baru dengan melihat 3 poin: Latar belakang lahirnya orde baru, perkembangan Orde Baru dan kebijakan Orde Baru. Yakni sebagai berikut:

1. Latar Belakang Kelahiran Ord Baru

Setelah G3OS / PKI berhasil dihancurkan dan berbagai bukti dikumpulkan Menuju Partai Komunis Indonesia (PKI), Akhirnya ditarik kesimpulan bahwa Partai Komunis Indonesia (PKI) melupakan ini di balik penggerek belakang, Partai Komunis Indonesia (PKI) Acara G30S / PKI. Gerakan ini juga membuat masyarakat menjadi marah pada PKI yang diikuti oleh berbagai demonstrasi menuntut pembubaran PKI dan ormasnya (ormas) dan figurnya diberi sanksi oleh pengadilan. Panglima Kostrad / Pangkopkamtib Mayjen Soeharto yang diangkat sebagai Menteri! Panglima Angkatan Darat melakukan tindakan pembersihan terhadap unsur-unsur PKI dan ormas-ormasnya

Latar belakang lahirnya Orde Baru juga dipelopori oleh Masyarakat luas yang terdiri dari berbagai elemen seperti

Dukungan dari Berbagai Like:
A. Berbagai partai politik,
B. Berbagai organisasi massa
C. Perorangan,
D. Berbagai Pemuda,
E. Berbagai siswa,
F. Berbagai siswa,
G. Berbagai wanita

Berbagai kelompok ini bersama-sama membentuk satu kesatuan aksi dalam bentuk Front Pancasila untuk menghancurkan pendukung G3OS / PKI. Front Pancasila menduga bahwa PKI adalah dalang dari semua ini dan Front Pancasila juga menuntut agar solusi politik dibuat bagi mereka yang terlibat dalam gerakan tersebut. Berbagai tindakan yang muncul menjadi Satu yang ditujukan untuk melawan G30S / PKI atau Gerakan 30 September 1965 berada di antara mereka Kesatuan
1. Aksi Mahasiswa Indonesia (WE),
2. Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia (KAPI),
3. Kesatuan Aksi Pemuda Mahasiswa Indonesia (KAPPI).
4. Persatuan Unity of Action Unity (KASI) dan lain-lain.

Berbagai kalangan yang menjadi satu kesatuan yang tergabung dalam Fron Pancasila kemudian lebih dikenal dengan Angkatan 66. Mereka yang tergabung dalam Front Pancasila mengadakan demonstrasi di berbagai tempat, terutama di Jalan raya. Jalan raya Pancasila atau Anggaktan 66 terus beraksi di Gedung Sekretariat Negara pada tanggal 8 Januari 1966 dengan mengajukan sebuah keputusan bahwa kebijakan ekonomi pemerintah tidak boleh dilaksanakan atau dibenarkan. Kemudian Gerakan Front Pancasila Melanjutkan ke Gedung DPR-GR yang merupakan 12 Januri 1966 untuk mengajukan Tri Permintaan Manusia (Tritura) yang isinya adalah sebagai berikut.

Isi Tri Permintaan Manusia (Tritura)
1. Pembubaran PKI dan ormasnya
2. Membersihkan Kabinet Dwikora
3. Penurunan harga barang.
Kelahiran Orde Baru, Sejarah kelahiran orde baru

Proses Lahirnya Orde baru, Sejarah lahirnya orde baru
(Surat 11 Maret 1966 Supersemar)

Pada tanggal 15 Januari 1966, sebuah sidang pleno Kabinet Dwikora diadakan di sebuah tempat di istana Bogor tepatnya dihadapan perwakilan mahasiswa. Presiden Republik Indonesia yaitu Presiden Ir.Soekarno mengira kemunculan berbagai gerakan mahasiswa tersebut didalangi oleh CIA (Central Intelligence Agency) dimana lembaga tersebut berada di Amerika Serikat tepatnya persatuan Amrika. Presiden Republik Indonesia Ir. Soekarno mendeklarasikan reshuffle kabinetnya pada 21 Februari, tapi bukan perubahan yang membuat hati orang senang karena masih banyak anggota kabinetnya di G30S / PKI, kabinet baru atau yang dikenal dengan sebutan Seratus Menteri.

Pada saat peresmian kabinet berbagai kalangan hadir, seperti pelajar, pelajar dan pemuda memenuhi jalan yang menuju ke Istana Merdeka, Aksi berlangsung pada 24 Februani 1966, Gerakan Berbagai kalangan yang dipegang oleh pasukan yaitu Pasukan Cakrabirawa yang menyebabkan benturan kedua Pasukan Cakrabirawa dengan Demonstran, dalam acara yang membawa kehidupan seorang pelajar yang berlindung di Universitas Indonesia itu Arief Rahman yang tewas dalam bentrokan tersebut.


2. Perkembangan Kekuasaan Orde Baru  

Proses Lahirnya Orde baru,Sejarah lahirnya orde baru
Kelahiran Orde Baru Sejarah lahirnya orde baru (surat perintah 11 Maret 1966 Supersemar Atas perintah 11 Maret 1966 (Supersemar) Soeharto mengatasi situasi yang tidak menentu dan situasi ini sangat tidak terkendali Setelah G3OS / PKI Insiden, Republik Indonesia dilanda ketidakstabilan Konsekuensi politik dari keputusan yang belum terselesaikan yang dilakukan dalam kesempatan tersebut oleh pimpinan Presiden Soekarno dan disintegrasi berbagai partai politik ke dalam sebuah kelompok konflik timbal balik antara Pros melawan presiden dan konter terhadap kebijakan presiden Atau mendukung presiden dan yang menentang presiden, situasi ini Konflik antara pendukung Orde Lama dan Orde Baru semakin bertambah. Dewan Perwakilan Rakyat berpendapat bahwa situasi konflik harus diselesaikan secara konstitusional Pada tanggal 3 Februari 1967, DPR-GR mengajukan sebuah resolusi dan memorandum berisi rekomendasi Ada Ketua Presidium dari Kabinet Ampera untuk Sidang Khusus MPRS. Pada tanggal 20 Februari 1967, Presiden Soekarno menyerahkan kekuasaannya kepada Soeharto untuk menggantikannya di Pemerintahannya. Pengalihan kekuasaan dan Presiden Soekarno ke Soeharto dikonfirmasi dalam Sidang Istimewa MPRS. MPRS dalam Surat Keputusan No. XXXIIIIMPRS / 1967 mencabut kekuasaan administrasi negara dan Presiden Soekarno dan menunjuk Soeharto sebagai Pejabat Presiden Republik Indonesia. Dengan Keputusan MPRS, situasi konflik yang menjadi sumber ketidakstabilan politik telah berakhir secara konstitusional. Meski situasi konflik bisa diatasi namun kristalisasi orde baru belum selesai. Untuk membuat Indonesia kembali normal melakukan berbagai cara yang baik dan masuk akal sehingga bisa mempercepat dan mendorong pembangunan, inilah pertama kalinya dilakukan di bidang politik untuk mendasarkan Pancasila UUD 1945. Apakah perubahan kekuasaan atau kekuasaan dari Sukarno ke Soeharto Sebagai pemegang kekuasaan di Pemerintah Indonesia Kemudian sebuah bab baru muncul dalam sejarah Orde Baru. Intinya, Orde Baru adalah tatanan kehidupan masyarakat Indonesia, bangsa dan negara yang diletakkan sebagaimana mestinya di negara edeologi yaitu Pancasila dan kembali ke UUD 1945 untuk penyempurnaan pelanggaran yang telah ada. Terjadi di masa lalu dan membangun kembali kekuatan bangsa Indonesia dengan kembali tumbuh, mempercepat perkembangan bangsa Indonesia, dan mengembalikan bangsa Indonesia ke jalan yang lurus yang melenceng dengan bimbingan yang dikenal dengan Tri Permintaan Rakyat (Tritura ). Tri Permintaan Rakyat (Tritura). Intinya tuntutan tersebut mengungkapkan keinginan rakyat secara mendalam untuk melaksanakan kehidupan bernegara sesuai dengan aspirasi kehidupan dalam situasi konkret.

Jawaban dan tuntutannya tercantum dalam ketentuan berikut.
1. Peresmian tindakan Pembawa Surat Orde Sebelas Maret yang membubarkan PKI dan ormas dalam sidang MPRS dengan Surat Keputusan Majelis Permusyawaratan Rakyat No. IV / MPRS / 1966 dan Keputusan MPRS no. IX / MPRS / 1966.
2. Larangan ideologi dan ajaran Komunisme / Marxisme-Lenimisme di Indonesia dengan MPRS Ketuk no. XXV / MPRS / 1966.
3. Mengarahkan kembali tatanan konstitusional berdasarkan Pancasila dan tatanan hukum dengan MPRS Ketuk no. XX! MPRS / 1966


Usaha restrukturisasi kehidupan politik ini dimulai pada awal 1968 dengan penyegaran DPR-GR. Penyegaran ini bertujuan untuk mendorong hak demokratis dan mencerminkan kekuatan yang ada di masyarakat. Komposisi anggota DPR terdiri dari perwakilan partai politik dan kelompok kerja. Langkah selanjutnya adalah menyederhanakan kehidupan pesta kehormatan dan kerja dengan mengelompokkan partai politik dan kelompok kerja. Upaya ini dimulai pada tahun 1970 dengan mengadakan serangkaian konsultasi dengan pimpinan partai politik.

Lahir tiga kelompok di DPR
1. Kelompok Demokrasi Pembangunan Pembangunan dan partai PNI, Parkindo, IPKI Katolik, dan Murba.
2. Kelompok Pembangunan Persatuan yang terdiri dari partai NU, Partai Muslim Indonesia, Ps11 dan Perti.
3. Sementara kelompok organisasi profesi seperti organisasi buruh, organisasi organisasi pemuda dan organisasi seniman nelayan dan lain-lain bergabung dalam Kelompok Kerja.

3. Kebijakan Pemerintah Orde Baru

Setelah berhasil memulihkan kondisi politik bangsa Indonesia yang kini mengambil langkah selanjutnya yang diimplementasikan dalam Pembangunan-Pembangunan seluruh Republik Indonesia yang dapat atau tidak bisa dikatakan dalam skala nasional. Dalam Pembangunan Skala Nasional perlu diwujudkan di era Orde Baru melalui Pembangunan Untuk waktu yang lama atau pembangunan yang panjang dan pendek atau dalam jangka pendek yang dirancang melalui Pembangunan Lima Tahun (Pelita). Setiap lampu memiliki misi pembangunan untuk mewujudkan kesejahteraan bangsa Indonesia. Untuk memberikan arahan dalam upaya mewujudkan tujuan nasional, MPR telah menetapkan Pedoman Nasional (GBHN) sejak 1973. Pada dasarnya GBHN adalah pola umum pembangunan nasional dengan berbagai program. GBHN direncanakan dalam pengembangan lima tahun (Repelita) yang berisi program konkret yang akan dilaksanakan selama periode lima tahun. Implementasi Repelita ditujukan untuk Pembangunan Nasional atau seluruh wilayah negara Republik Indonesia yang dimulai pada tahun 1969. Pembangunannya tidak lepas dalam Trilogi Pembangunan, mengikuti perkembangan trilogi.

Trilogi Pembangunan
A. Pernyataan perkembangan dan hasilnya mengarah ke
B. Penciptaan keadilan sosial bagi semua orang.
C. Pertumbuhan ekonomi cukup tinggi.
D. Stabilitas nasional yang sehat dan dinamis.

Selain itu, dinyatakan pula bahwa pertumbuhan ekonomi yang tinggi sebagai hasil pelaksanaan pembangunan tidak akan berarti jika tidak disertai dalam keadaan pembangunan di Indonesia. Karena itulah Pelita III dipicu sebagai berikut.

Pelita III di pemerintahan Orde Baru terdiri dari Delapan Line Equity yaitu:
A. Pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat yaitu kebutuhan pangan, pakaian dan perumahan atau kebutuhan perumahan
B. Akses yang setara terhadap pendidikan dan layanan kesehatan.
C. Berbagi ekuitas.
D. Kesetaraan kesempatan kerja.
E. Ekuitas peluang bisnis.
F. Kesempatan yang setara untuk berpartisipasi dalam pengembangan generasi bangsa yang merupakan generasi muda dan generasi perempuan.
G. Pemerataan pembangunan di seluruh negeri.
H. Kesetaraan kesempatan untuk mendapatkan keadilan.

4. Peristiwa Politik Penting Selama Orde Baru

A. Mengakhiri Konfrontasi dengan Malaysia
Pada masa pemerintahan Presiden Soekarno, dibentuk Dwikora (Dwi Komando Rakyat) dengan alasan untuk membantu perjuangan rakyat Kalimantan Utara. Dwikora langsung berada di bawah komando Presiden Soekarno. Dwikora memiliki tugas untuk membantu rakyat dan memerangi neokolonialisme dan neoimperialisme. Namun, gerakan tersebut belum berhasil, karena bangsa Indonesia terkejut dengan letusan peristiwa G3OS / PKI. Kejadian G3OS / PKI menyebabkan perhatian pemerintah Indonesia terhadap solusi masalah internal. Ketika pemerintah Indonesia berada di tangan Jenderal Soeharto, periode sejak itu dimulai pada masa pemerintahan Orde Baru. Pada masa pemerintahan Soeharto sebagai Presiden Resmi hubungan diplomatik dengan Malaysia melalui re-woven. Normalisasi hubungan Indonesia-Malaysia dicapai untuk penandatanganan Jakarta pada tanggal 11 Agustus 1966. Hal ini diikuti oleh penempatan perwakilan pemerintah di masing-masing negara.

B. Kembalinya keanggotaan PBB
Pada masa pemerintahan Presiden Sukarno, Indonesia menyatakan keluarnya persatuan Perserikatan Bangsa-Bangsa sebagai hasil pemilihan Malaysia sebagai calon kuat Dewan Keamanan PBB ketika Malaysia adalah negara boneka Inggris. Jadi dengan itu Indonesia mengancam akan keluar jika Perserikatan Bangsa-Bangsa masih mencalonkan Malaysia untuk menjadi anggota dewan keamanan. Setelah pemerintahan di bawah kendali pemerintah Soeharto, Indonesia mendeklarasikan dirinya sebagai anggota PBB dan melaksanakan tugas dan kewajiban Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tanggal 28 September 1966.

C. Pembentukan ASEAN
Negara Indonesia perlu menjalin hubungan kerjasama dengan negara-negara lain secara regional dan global melalui Organisasi ASEAN. Tujuan awal ASEAN adalah membendung gagasan komunisme. Dan hubungan kerjasama yang terjalin antara negara anggota ASEAN yang hampir merambah sektor ekonomi, politik, sosial dan budaya.

D. Integrasi Timor Lorosa'e ke dalam wilayah negara Republik Indonesia
Wilayah timur Timor adalah koloni pelabuhan sejak abad ke-16 namun jaraknya jauh sehingga wilayah Timor Lorosa'e tidak dipertimbangkan oleh pemerintah Portugis. Dan pada tahun 1975 terjadi gejolak di mana pemerintah yang tidak jelas berusaha meredakan gejolak yang terjadi di Timor Timur karena masyarakat timur timur ingin bergabung dengan idneonsia dan partai-partai politik di Timor Lorosa'e dimana Timor-Timoror secara resmi bergabung dengan republik tersebut Indonesia pada bulan Juli 1976 pada masa pemerintahan Presiden Soeharto Namun demikian ada juga partai politik yang tidak setuju fretilin yang terus memperjuangkan haknya. Dan ketika Presiden Habibie menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia pada tahun 1999, dia merasa bahwa Timor Timur adalah duri dalam daging yang memberi dua pilihan: kesatuan atau pemisahan. Denga digelarnya mengundang pendapat. Dan akhirnya Timor Lorosa'e secara resmi keluar dari negara republik Indonesia dan membentuk dirinya atas nama Republik Demokratik Timor Leste atau Timor Lorosa'e.

Demikian Beberapa artikel tentang sejarah Orde Baru mungkin berguna.terima kasih

(Sumber: Sejarah untuk kelas SMA XII vol 3, Penerbit erlangga, Penulis: Drs. Iwayan Badrika, M. Si hal: 122-126)
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar