--> Skip to main content

Unsur-Unsur Manajemen dan Penjelasannya Lengkap

Unsur-unsur Manajemen dan Penjelasan | ElementsManagement, Untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, seorang manajer memerlukan alat manajemen yang disebut elemen manajemen. Menurut pendapat yang diungkapkan oleh Manullang mengenai unsur manajemen, terdiri dari manusia, bahan, mesin, metode, uang dan pasar, masing-masing elemen ini memiliki penjelasan dan peran bagi kita dalam mengelola sesuatu untuk diketahui bahwa manajemen memiliki unsur-unsur dari kita. Butuh Unsur manajemen. Untuk mengetahui semuanya mari kita lihat penjelasan tentang unsur-unsur manajemen seperti di bawah ini.

Unsur-Unsur manajemen

1. Manusia (man). Cara penting atau sarana utama manajer manapun untuk mencapai tujuan yang ditentukan oleh individu atau orang perorangan. Berbagai kegiatan yang bisa dilakukan dalam mencapai tujuan seperti dapat dilihat dari sudut pandang seperti sudut pandang proses, perencanaan, pengorganisasian, kepegawaian, arahan, dan pengendalian atau kita juga bisa meninjau dari lapangan, seperti Penjualan, produksi, keuangan dan personalia. Daerah ini membutuhkan sumber daya manusia.

Unsur-Unsur Manajemen dan Penjelasannya Lengkap

2. Bahan (material). Dalam proses pelaksanaan kegiatan, manusia menggunakan matrial atau material. Karena itu, materi juga dianggap sebagai alat atau alat manajemen untuk mencapai tujuan.

3. Mesin (Mesin). Dalam kemajuan teknologi, manusia tidak lagi sebagai mesin pelengkap seperti dulu sebelum Revolusi Industri berlangsung. Padahal, sebaliknya mesinnya sudah berubah posisinya menjadi asisten manusia.

4. Metode (metode). Untuk melakukan kegiatan secara efektif dan bermanfaat, manusia dihadapkan pada berbagai metode alternatif bagaimana menjalankan pekerjaan sehingga cara itu bisa menjadi alat atau alat manajemen untuk mencapai tujuan.

5. Uang (uang). Uang sebagai alat manajemen harus digunakan sedemikian rupa sehingga tujuan yang diinginkan tercapai. Aktivitas atau ketidakcukupan proses manajemen agak dipengaruhi oleh manajemen keuangan.

6. Pasar (Pasar). Untuk badan yang bergerak di industri, alat manajemen penting lainnya seperti pasar atau pasar. Untuk mengetahui bahwa pasar bagi hasil sudah jelas, tujuan perusahaan industri bukan tidak mungkin semua bisa dirai. Beberapa masalah utama di perusahaan industri minimal melestarikan pasar yang ada. Jika memungkinkan, cari pasar baru untuk produk mereka. Karena itu. Pasar adalah alat manajemen penting lainnya. Baik untuk perusahaan industri maupun untuk semua badan yang bertujuan menghasilkan keuntungan

Beberapa Artikel Tentang Elemen Manajemen, Semoga Bermanfaat.
(Sumber: Ekonomi XII / II -SMA, penerbit: Citra Pustaka, Penulis: Agustin Si sulandri, S.Pd.)
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar