--> Skip to main content

Faktor Pendorong dan Penghambat Perubahan Sosial Budaya

Faktor Pendorong dan Penghambat Perubahan Sosial Budaya - | Perubahan sosial memiliki faktor pendorong yang bisa membuat masyarakat berubah, dan perubahan sosial memiliki beberapa faktor penghambat yang dapat menghambat masyarakat dalam berubah, dengan kata lain perubahan sosio-kultural memiliki berbagai sebab baik faktor Pendorong dan Pengganggu Perubahan Sosio-Budaya sebagai berikut

Faktor sosial budaya dan faktor-faktor yang menghambat perubahan sosio-kultural

A. Faktor Mengemudi Sosial dan Perubahan Budaya
Faktor-faktor yang mendorong perubahan sosio-kultural adalah sebagai berikut.

A. Timbunan Kebudayaan dan Penemuan Baru
Budaya di masyarakat selalu mengalami penimbunan atau akumulasi, budaya masyarakat semakin beragam dan berkembang. Kenaikan dan keragaman budaya ini pada umumnya disebabkan oleh adanya penemuan baru di masyarakat.

B. Perubahan Populasi
Meningkat dan menurunnya jumlah penduduk suatu daerah mengakibatkan adanya perubahan struktur masyarakat, terutama lembaga sosialnya.


C. Konflik atau Konflik
Oposisi yang terjadi di masyarakat karena pluralisme menyebabkan perubahan sosial. Dalam masyarakat heterogen, ciri individualistik masih melekat satu sama lain tanpa hubungan erat. Padahal sumber kebutuhannya semakin terbatas. Persaingan untuk bersaing memperebutkan sumber daya perlu mendorong orang untuk berkreasi dalam menciptakan sumber alternatif pemenuhan kebutuhan.

D. Pemberontakan atau Revolusi

Perubahan sosio-budaya bisa bersumber dari luar masyarakat itu sendiri, misalnya dari lingkungan fisik alami di sekitar manusia, seperti bencana alam; dan perang.

E. Open Systems Layer Society
Masyarakat dengan sistem lapisan terbuka cenderung lebih mudah mengalami perubahan daripada dengan sistem yang tertutup rapat. Masyarakat akan cenderung memberi kesempatan untuk bekerja bagi potensi manusia.

F. Menghormati Karya Seseorang dan Keinginan untuk Berkembang
Sikap orang yang ingin menghargai karya orang lain akan membuat orang terdorong untuk melakukan penelitian. Dengan demikian akan menghasilkan karya yang bermanfaat bagi masyarakat.

G. Sistem Pendidikan Formal Lanjutan
Pendidikan berkualitas tinggi bisa mengubah pola pikir. Orang yang memiliki pendidikan tinggi akan lebih rasional dalam berpikir dan berakting.

H. Orientasi ke Masa Depan
Keinginan untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik akan mendorong perubahan sosial budaya masyarakat.

I. Akulturasi

Akulturasi adalah pertemuan dua budaya dan bangsa berbeda yang saling mempengaruhi. Proses akulturasi itu panjang dan terus menerus. Proses ini menghasilkan campuran budaya sehingga semua pola budaya akan berubah.

J. Asimilasi
Asimilasi adalah perpaduan dua budaya yang berbeda secara bertahap berkembang untuk menciptakan budaya baru.

B. Faktor-faktor yang menghambat perubahan sosial budaya
Faktor pendorong perubahan sosio-kultural juga memiliki hambatan dalam memfasilitasi perubahan sosio-kultural adalah faktor penghambat perubahan sosio-kultural, faktor berikut menghambat sosial budaya.

Faktor-faktor yang menghambat perubahan sosio-kultural adalah sebagai berikut.
A. Perkembangan ilmu pengetahuan terhambat.
B. Sikap masyarakat yang sangat tradisional.
C. Kurangnya hubungan dengan komunitas lain.
D. Kehadiran kepentingan yang sangat mengakar.
E. Takut dengan goncangan integrasi budaya.
F. Kendala yang bersifat ideologis.
G. Custom atau custom.
H. Merugikan dengan hal-hal baru dan menilai bahwa hidup itu buruk, sulit,
dan tidak bisa diperbaiki

Itulah penjelasan atau artikelnya, Faktor-faktor yang mendorong perubahan sosial dan budaya Faktor-faktor yang menghambat perubahan sosio-kultural, Faktor perubahan driver sosio-kultural, Faktor penghambat perubahan sosio-kultural, melihat berbagai macam pembelajaran dan artikel bermanfaat Disini, semoga bermanfaat. 

(Sumber: IPS, Halaman: 109-111, Penerbit: Pusat Buku Kementerian Pendidikan Nasional, Penulis: Sutarto, Pencetakan: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri-Solo)
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar