--> Skip to main content

Faktor Penyebab Runtuhnya Kerajaan Hindu-Budha Di indonesia

Faktor-faktor Penyebab Runtuhnya Kerajaan HIndu-Budha - Kerajaan Hindu-Budha tidak bertahan lama karena berbagai faktor yang menyebabkan penghancuran kerajaan budha hindu seperti kerajaan kutai, kerajaan tarumanegara, kerajaan holing, kerajaan malay, kerajaan malay, kerajaan mataram kuno, kerajaan medali kamulan, kerajaan kediri, kerajaan singasari , Bali, kerajaan pajajaran, kerajaan majapahit, semua kerajaan adalah hindu-buddha yang memiliki berbagai faktor yang menyebabkan keruntuhan sehingga kerajaan dalam pengembangan agama Hindu-Budha dan budaya berpengaruh cukup besar, karena dapat mempengaruhi semua sektor kehidupan. 

Masyarakat Indonesia. Sebenarnya, tidak kurang dan 1.000 tahun (400 Masehi-1478 M) pengaruh Hindu-Budha yang dominan berkembang dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Ml ini bisa dibuktikan melalui perkembangan Kerajaan Kutai sampai runtuhnya Kerajaan Majapahit.

Faktor-faktor Runtuhnya Kerajaan HIndu-Budha


Faktor Penyebab Runtuhnya Kerajaan HIndu-Budha

Ada beberapa hal yang menyebabkan runtuhnya kerajaan Hindu-Budha di wilayah Indonesia:
Faktor Kejatuhan Kerajaan Hindu-Budha

A. Terdesaknya kerajaan hindi budha sebagai akibat munculnya kerajaan yang lebih besar dan lebih kuat.

B. Tidak ada transfer kepemimpinan atau regenerasi, seperti yang terjadi pada masa pemerintahan Kekaisaran Majapahit.

C. Perang sipil yang sedang berlangsung merongrong kekuatan kerajaan, seperti yang terjadi dengan Kerajaan Shaykendra dan Majapahit.

D. Banyak kabupaten yang lolos dari kurangnya pengawasan pemerintah pusat dan raja-raja bawahan membangun sebuah kerajaan yang independen dan tidak lagi terikat oleh pemerintah pusat.
Faktor Kejatuhan Kekaisaran Hindu-Budha. Penurunan ekonomi dan perdagangan. Karena kelemahan pemerintah pusat, masalah ekonomi dan perdagangan diambil alih oleh pedagang Melayu dan Muslim.

F. Penyebaran agama dan budaya Islam, yang mudah diterima oleh para duke di daerah pesisir. Hal ini membuat mereka merasa tidak lagi terikat oleh pemerintah pusat seperti pada masa pemerintahan kerajaan Majapahit.

DemikianBeberapa Artikel Tentang Faktor Kejatuhan Kerajaan Hindu-Buddha Semoga Bermanfaat

(Sumber: Sejarah Program Ilmu Pengetahuan Alam SMA / MA, Penerbit: Erlangga, Penulis: I Wayan Badrika, Halaman: 37)
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar