--> Skip to main content

Macam-macam Perubahan dari Dalam dan Luar Masyarakat

Macam-macam Perubahan dari Dalam dan Luar Masyarakat - Berbagai Perubahan dari dalam dan luar masyarakat tersebut. Perubahan dari dalam dan luar masyarakat adalah perubahan yang akan terjadi dan selalu terjadi dari waktu ke waktu dari waktu ke waktu. dalam perubahan di luar dan di masyarakat memiliki berbagai perubahan dari dalam dan luar masyarakat sebagai berikut ...

1. Perubahan Dari Dalam Masyarakat

Perubahan dari dalam masyarakat terbagi sebagai berikut.
A. Perubahan Populasi
Perubahan yang dimaksud adalah perubahan karena kenaikan dan penurunan populasi. Peningkatan populasi akan menyebabkan perubahan pada tempat tinggal. Tempat yang awalnya berpusat pada lingkungan kerabat akan berubah atau terpancar karena faktor kerja. Mengurangi populasi juga akan menyebabkan perubahan sosial budaya. Contoh perubahan populasi adalah program transmigrasi dan urbanisasi.

B. Pemberontakan atau Revolusi
Pemberontakan akan menyebabkan perubahan sosio-kultural, misalnya pemberontakan G 30 S / PKI. Pemberontakan G 30 S / PKI pada tahun 1965 membawa sebuah perubahan terutama dalam sistem politik Indonesia dan dengan demikian melarang ajaran komunis di Indonesia. Larangan ajaran Kornunis di Indonesia disebabkan karena tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila yang menjadi dasar kehidupan masyarakat, bangsa dan negara bagi bangsa Indonesia.

C. Peran Nilal Berubah
Perubahan juga bisa dikaitkan dengan perubahan peran nilai dalam masyarakat. Misalnya, sosialisasi program keluarga berencana bisa menghambat pertumbuhan penduduk. Misalnya sebelum program keluarga berencana dan pemerintah, orang yang sudah menikah lebih cenderung memiliki lebih banyak anak, namun setelah sosialisasi program keluarga berencana masyarakat telah tumbuh kesadaran untuk membatasi persalinan untuk masa depan dan kesejahteraan anak.

D. Peran Karismatik
Tokoh karismatik adalah sosok yang dihormati, dihormati dan ditiru oleh masyarakat. Peran pemimpin karismatik mempengaruhi perubahan kehidupan masyarakat. Misalnya, Soekarno sebagai presiden RI memiliki karismatik di depan masyarakat karena keahliannya untuk berpidato dengan baik.

E. penemuan baru
Adanya penemuan baru dalam kehidupan bermasyarakat baik dalam bentuk sains dan teknologi mempengaruhi dan mengubah perubahan dalam masyarakat tersebut. Penemuan mobil misalnya. Penemuan ini akan membawa perubahan budaya dan sosial di masyarakat. Di masyarakat akan terbentuk status sosial / berdasarkan properti (mobil) yang dimiliki. Orang yang tidak memiliki mobil dapat dianggap sebagai status sosial yang lebih rendah daripada orang yang memilikinya. Selanjutnya, orang yang memiliki mobil dapat dianggap lebih rendah dalam status sosial mereka daripada orang yang memiliki lebih dan satu mobil.

2. Perubahan dari Luar Masyarakat
Perubahan sosial budaya juga bisa terjadi karena unsur dan masyarakat luar seperti faktor geografis, budaya, dan politik. Pengaruh luar masyarakat adalah hal yang wajar dalam perubahan sosio-kultural di masyarakat. Pengaruh dan orang luar dari masyarakat adalah sebagai berikut.

A. Pengaruh Keadaan Alam
Pengaruh lingkungan alam sangat berpengaruh dalam terjadinya perubahan sosio-kultural. Misalnya, tanah yang subur bisa bermanfaat bagi lahan pertanian sehingga masyarakat di daerahnya memiliki usaha sebagai petani. Budaya di tanah subur tidak lepas dan kehidupan sosial sebagai petani sehingga budaya tetap berhubungan dengan bidang pertanian.

B. Budaya Masyarakat Lain
Kontak budaya antar masyarakat memiliki dampak positif dan negatif. Misalnya kontak budaya Indonesia dengan Barat (Eropa). Pengaruh positif dalam bentuk transfer ilmu pengetahuan dan teknologi, sedangkan pengaruh negatif gaya hidup kebarat-baratan (westernis) sekelompok anak muda.

C. Perang
Peperangan akan menimbulkan pengaruh negatif pada aspek kehidupan masyarakat. Misalnya, perang Irak yang membawa penderitaan dan trauma berkepanjangan bagi rakyat Irak.

Kesimpulan: Berbagai macam perubahan dari dalam masyarakat dan masyarakat luar seperti ....
Di antara perubahan dari dalam masyarakat adalah sebagai berikut.
A. Perubahan populasi
B. Pemberontakan atau Revolusi
C. Nilai peran berubah
D. Peran Karismatik
E. penemuan baru
Dan perubahan dari masyarakat luar, antara lain, seperti beriku.
A. Pengaruh lingkungan alam
B. Pengaruh Masyarakat lain
C. Perang

Itulah Penjelasan atau Artikel tentang, Berbagai Perubahan dari dalam dan luar Masyarakat, Penjelasan Perubahan dari Luar Masyarakat, Penjelasan Perubahan dari dalam Masyarakat, Pengaruh Perubahan dari dalam masyarakat, Pengaruh Perubahan dari masyarakat luar, Lihat berbagai artikel Disini, semoga bermanfaat

(Sumber: IPS, Hal: 107-109, Penerbit: Pusat Buku Kementerian Pendidikan Nasional, Penulis: Sutarto.dkk, Pencetakan: PT tiga Seranggkai Pustaka Mandiri- Solo)
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar