--> Skip to main content

Pengertian Negara Maju Dan Negara Berkembang Serta Ciri-Cirinya

Pengertian Negara Maju Dan Negara Berkembang Serta Ciri-Cirinya - Dalam arti negara maju dan pemahaman negara-negara berkembang, akan sangat terlihat jika dilihat negara-negara yang tingkat pertumbuhan ekonominya tinggi dan sejahtera masyarakat yang merupakan indikator penilaian negara maju dan negara berkembang. 

Memahami negara maju menurut definisi para ahli mengatakan bahwa Memahami negara maju adalah negara maju adalah negara yang masyarakatnya memiliki kemakmuran atau kualitas hidup sedangkan definisi negara berkembang menurut definisinya juga mengatakan bahwa Understanding Developing Countries adalah negara berkembang adalah negara Yang orang-orangnya memiliki tingkat kesejahteraan atau kualitas Live moderat atau dalam pembangunan.

A. Negara Maju

Negara yang tergolong negara maju ada di benua Eropa, terutama di Eropa Barat dan Amerika (Utara) Misalnya Belanda, Prancis, Inggris, Amerika Serikat dan lain-lain.

Karakteristik Negara Maju

  1. Pertanian termasuk ternak dan perikanan untuk industrialisasi, untuk dijual, untuk ekspor
  2. Kegiatan ekonomi menggunakan sarana dan prasarana modern
  3. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mendukung industrialisasi yang pesat
  4. Sifat kemandirian tinggi
  5. Tingginya pendapatan penduduk tinggi
  6. Intensitas mobilitas tinggi
  7. Harapan hidup tinggi
  8. Pendidikan dan keterampilan penduduk cukup tinggi
  9. Itu tidak tergantung pada alam


B. Negara Berkembang

Sementara diklasifikasikan sebagai negara berkembang di ContinentAsia, Afrika, dan Amerika Selatan (Latin). Di Asia ada beberapa negara maju seperti Jepang, Australia, Korea Selatan dan Selandia Baru.

Karakteristik Negara Berkembang

  1. Pertanian meliputi peternakan dan perikanan hanya untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri dan keluarga
  2. Secara umum, kegiatan masyarakat menggunakan sarana dan prasarana tradisional
  3. Pendapatan relatif rendah
  4. Populasi pendidikan rata-rata rendah
  5. Sifat penduduknya kurang mandiri
  6. Itu tergantung alam
  7. Tingkat pertumbuhan penduduk tinggi
  8. Harapan hidup rendah
  9. Intensitas rendah.


C. Indikator Negara yang Dapat Dikatakan Negara Dikembangkan dan Dikembangkan

Indikator atau indikator dalam klasifikasi negara sebagai negara maju atau berkembang sebagai berikut.

1. Pendapatan per kapita. Pendapatan per kapita adalah ukuran kesejahteraan rakyat suatu negara, bisa dikatakan makmur jika memiliki pendapatan per kapita yang tinggi.

2. Jumlah Penduduk Miskin. Tingkat kesejahteraan rakyat suatu negara dapat dilihat dari tingkat kemiskinan suatu negara yang dikatakan sejahtera / sejahtera jika masyarakat yang hidup dalam kemiskinan itu sedikit.

3. Tingkat Pengangguran. Ini adalah faktor yang sangat membedakan antara negara maju dan negara berkembang, jika Anda ingin mengatakan bahwa negara maju umumnya memiliki tingkat pengangguran yang rendah, jika negara berkembang memiliki tingkat pengangguran yang tinggi.

4. Angka Kematian Bayi dan Angka Kematian Ibu Di negara maju umumnya angka kematian pada bayi rendah tetapi di negara-negara berkembang diratakan secara terbalik.

5. Angka Melek huruf berarti buta huruf, bisa dikatakan negara maju jika tingkat melek huruf rendah.

Demikian informasi tentang Memahami Negara Berkembang & Negara Berkembang dan Ciri-Cirinya. Semoga teman-teman dapat menerima dan memberi keuntungan bagi kita semua apakah itu pemahaman negara maju, pemahaman negara-negara berkembang, karakteristik negara maju, karakteristik negara berkembang, & indikator negara yang dikatakan sebagai negara maju dan negara berkembang. Dan berbagai negara yang mengatakan negara maju atau negara maju dan berbagai negara yang konon merupakan negara berkembang atau berbagai negara berkembang. Itu semua dan terima kasih. Halo Teman Berbagi

Referensi: Memahami Negara Maju & Negara Berkembang Dan Karakteristiknya
Sunarto dkk. IPS. Jakarta: Pusat Buku Kementerian Pendidikan Nasional. Ini: 3-5
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar