--> Skip to main content

Perbedaan dan Hubungan Perubahan Budaya dan Sosial dan Karateristik

Perbedaan dan Hubungan Perubahan Sosial dan Budaya dan Karateristik - Perbedaan dan Hubungan Perubahan Sosial dan Budaya | Perubahan sosial dan budaya memiliki hubungan yang sangat erat. Perubahan sosial pasti akan mempengaruhi perubahan budaya. Perubahan budaya mencakup semua bagiannya, yaitu seni, sains, filsafat teknologi, dan sebagainya. Bagian dan budaya seperti itu tidak bisa lepas dan kehidupan sosial manusia di masyarakat. Tidaklah mudah untuk menentukan garis pemisah antara perubahan sosial dan perubahan budaya.

Tidak ada masyarakat yang tidak memiliki budaya. Sebaliknya, tidak akan ada budaya yang tidak berinkarnasi di masyarakat. Dengan kata lain, perubahan sosial dan budaya memiliki satu aspek yang sama, keduanya terkait dengan penerimaan cara baru atau perbaikan tentang bagaimana masyarakat memenuhi kebutuhannya. Meski perubahan sosial dan budaya memiliki hubungan atau keterkaitan yang erat, namun keduanya juga memiliki perbedaan. 

Perbedaan antara perubahan sosial dan budaya dapat dilihat dan arahannya. Perubahan sosial adalah perubahan dalam hal struktur dan hubungan sosial, sementara perubahan budaya merupakan perubahan dalam aspek budaya masyarakat. Perubahan sosial terjadi dalam hal distribusi kelompok umur, tingkat pendidikan, dan tingkat kelahiran penduduk. Perubahan budaya meliputi penemuan dan penyebaran masyarakat, perubahan konsep nilai moral dan moralitas, bentuk seni baru dan kesetaraan jender.

Terkadang perubahan sosial dan budaya tumpang tindih. Misalnya, saat ini orang menginginkan kesetaraan gender dikaitkan dengan perubahan norma budaya dan peran fungsional laki-laki dan perempuan secara sosial. Untuk mengatasi hal ini, kita sering menggunakan istilah perubahan sosio-kultural untuk menutupi kedua perubahan tersebut
itu.

Dengan demikian, sebuah perubahan dikatakan sebagai Perubahan Budaya jika memiliki karakteristik sebagai berikut.

1. Tidak ada masyarakat yang pembangunannya berhenti karena setiap masyarakat berubah dengan cepat atau lambat.
2. Perubahan yang terjadi di lembaga sosial akan diikuti perubahan institusi sosial yang ada.
3. Perubahan yang cepat biasanya akan menyebabkan gangguan sementara karena orang akan mencoba menyesuaikan diri terhadap perubahan yang terjadi.
4. Perubahan tidak bisa dibatasi hanya pada materi atau spiritual saja karena berhubungan.

Demikian Selayang Pandang Perbedaan dan Hubungan Perubahan dan Karakteristik Sosial dan Budaya, Semoga Bermanfaat ....

(Sumber: IPS, Halaman: 103-104, Pengarang: Sutarto, Penerbit: Pusat Buku Kementerian Pendidikan Nasional)
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar