--> Skip to main content

7 Manfaat lapisan Atmosfer Bagi Kehidupan Manusia

7 Manfaat lapisan Atmosfer Bagi Kehidupan Manusia - Atmosfernya terdiri dari lapisan, suasananya memiliki banyak manfaat yang bekerja dan bertujuan untuk kehidupan di bumi. Atmosfer memiliki makna atau peran yang sangat penting bagi kehidupan, karena mengandung berbagai jenis gas seperti nitrogen, oksigen, karbon dioksida, dan uap air. Selain itu, atmosfer berfungsi untuk melindungi bumi dari overheating dan pendinginan dan ruang yang berlebihan. 

Jika suasananya tidak ada, suhu siang hari di permukaan bumi diperkirakan mencapai 93 ° C, dan pada malam hari turun menjadi -184 ° C. Kejadian cuaca yang terjadi di lapisan atmosfer seperti angin, hujan, awan, dan perubahan suhu yang ditimbulkannya. banyak aktivitas manusia. Komposisi udara yang ada di atmosfer adalah sebagai berikut:

7 Manfaat lapisan Atmosfer Bagi Kehidupan Manusia


1. Oksigen (O2), jumlahnya ± 21%. Zat ini dibutuhkan karena semua makhluk hidup membutuhkan oksigen untuk bernafas. Selain itu, oksigen juga digunakan di bidang industri dan kesehatan yang dikemas dalam tabung gas.

2. Karbon dioksida (CO2), tidak banyak jumlahnya, hanya 0,03% namun sangat penting bagi kehidupan karena unsur ini berfungsi menyerap radiasi panas.

3. Uap air, sebesar hanya sekitar 2% dari total massa atmosfir, namun karena poros penguapan di bumi jumlah uap air yang ada di atmosfer selalu berubah. Semakin besar kandungan uap di udara, semakin besar kemungkinan hujan.

4. Nitrogen, unsur terbesar di atmosfer (78,08%), sangat penting untuk pertumbuhan atau pertumbuhan tanaman. Kurangnya nitrogen di dalam tanah dapat menyebabkan pertumbuhan tanaman terganggu. Nitrogen tidak bisa digunakan oleh tanaman langsung dari udara, tapi tersedot oleh akar dan di tanah. Terjadinya petir atau petir seiring dengan turunnya hujan, bisa mempercepat proses pelarutan Nitrogen di udara dan meresap ke dalam tanah. Kurangnya Nitrogen di dalam tanah diatasi dengan pemupukan. Pupuk Urea merupakan salah satu jenis pupuk yang banyak mengandung Nitrogen. Nitrogen adalah salah satu bahan dasar atau bahan baku industri.

5. Neon dan Argon, biasa mengisi bola lampu listrik. Bola lampu yang dipenuhi Neon (lampu Neon) memancarkan oranye, sedangkan bola lampu diisi dengan Argon memancarkan warna merah.

5. Ozon, bisa membunuh bakteri yang ada di air, sehingg banyak digunakan industri air mineral. Ozon digunakan untuk sterilisasi (bakteri mematikan) dalam air. Dengan demikian, airnya aman diminum karena tidak mengandung bakteri / kuman. Lapisan ozon hadir di stratosfer, sebagian besar terkonsentrasi di ketinggian 22 km dan berfungsi sebagai permukaan pelindung bumi dan radiasi ultraviolet.

7. Helium, hanya sedikit di udara dan merupakan gas yang sangat ringan. Gas ini banyak digunakan untuk mengisi balon terbang.

Atmosfer juga berfungsi untuk melindungi bumi dari hujan meteor. Meteor dan ruang yang jatuh, sebelum mencapai permukaan bumi mengalami gesekan dengan atmosfer dan sebagian besar luka bakar di lapisan atmosfir luar. Lapisan lonosfer yang terkandung di atmosfer juga bisa berfungsi untuk mencerminkan gelombang radio sebagai sarana komunikasi ke seluruh permukaan bumi. Selain beberapa fungsi di atas, udara di atmosfer bisa dijadikan sumber energi murah. Sampai saat ini belum ada aturan pajak bagi pengguna tenaga angin atau angin. 

Angin, yang merupakan gerakan udara horisontal, telah dimanfaatkan manusia sejak dahulu kala, bahkan sampai sekarang penggunaannya semakin beragam. Penemuan benua Amerika dan Australia oleh pelaut Eropa adalah menggunakan tenaga angin untuk menggerakkan kapal layar pada masa itu. Saat ini penggunaan tenaga angin tradisional masih banyak dipraktekkan, meski kita sudah di era teknologi.

Contoh Manfaat lapisan Atmosfer 
1. Nelayan-nelayan tradisional masih menggunakan perahu layar memanfaatkan tenaga angin darat ketika berangkat kelaut, dan memanfaatkan angin laut sewaktu kembali ke darat.
2. Kincir angin yang digunakan untuk memompa air. Belanda merupakan negara yang banyak menggunakan kincir angin untuk memompa air, sehingga disebut negara kincir angin.
3. Angin merupakan salah satu sumber energi yang dapat dimanfaatkan untuk pembangkit tenaga listrik. Pembangkit tenaga listrik dengan memanfaatkan tenaga angin telah dibangun di pantai Parang Tritis bagian Selatan Daerah Istimewa Yogyakarta.
4. Kipas angin dapat digunakan untuk memperoleh kesejukan, dibuat dengan tujuan untuk menciptakan angin buatan yang dapat digunakan pada waktu udara sangat panas.
5. Olahraga dirgantara seperti terbang layang dan terjun payung serta penerbangan merupakan kegiatan yang memanfaatkan tenaga angin.


Kesimpulan : Manfaaat Atmosfer 
1. Sumber Oksigen 
2. Pelindung makhluk hidup dari benda-benda kosmik 
3. Wahana komunikasi 
4. Bahan dasar industri, 
5. Pengatur Suhu 
6. Pendistribusian air dari lautan ke daratan (siklus air) 
7. Sumber energi

Demikian Artikel tentang Manfaaat Atmosfer  atau Manfaat dari Lapisan Atmosfer semoga bermanfaat (Sumber : Geografi, Hal : 107-110, Penerbit : Erlangga.2004. jakarta, penulis : P.Ginting dkk)
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar