--> Skip to main content

Cara Mengatasi Kemiskinan dan Pengangguran

Cara Mengatasi Kemiskinan dan Pengangguran - Kemiskinan adalah bagian dari masalah kependudukan sehingga perlu usaha atau cara yang dilakukan dalam menanggulangi dan mengatasi masalah kemiskinan yang menjadi masalah utama di setiap negara. Kemiskinan adalah ketidakmampuan seseorang untuk memenuhi kebutuhan bahan dasar, bisa dikatakan miskin jika tidak dapat memenuhi pakaian, makanan, tempat berlindung dengan baik, Untuk mengatasi kimiskian setiap negara memiliki cara tertentu. Untuk mengetahui cara mengatasi kemiskinan atau upaya yang dilakukan dalam mengatasi dan mengatasi kemiskinan, lihat pembahasannya seperti di bawah ini.

Cara Upaya dalam Menanggulangi Kemiskinan
Upaya menanggulangi kemiskinan sebagai berikut ...

1). Tingkatkan sumber daya ekonomi yang dimiliki orang miskin
misalnya dengan mengoptimalkan penggunaan lahan pertanian dengan intensifikasi pertanian yang sempit, penyediaan keterampilan untuk mengolah barang bekas disektiarnya, seperti kaleng bekas, scrap metal, scrap plastic, membimbing masyarakat untuk mengamati dan memanfaatkan peluang di sekitar peluang bisnis. Misalnya, warga yang tinggal di daerah rawa menggunakan eceng gondok untuk bahan kerajinan, warga di daerah pegunungan memanfaatkan bunga pinus sebagai kerajinan tangan, dan lain-lain.

2). Memberikan program pelatihan konseling dan keterampilan
Pemerintah harus secara intensif pergi ke masyarakat untuk memberikan pelatihan mengajar dan keterampilan bagi masyarakat miskin untuk menghasilkan sesuatu untuk mendukung pendapatan mereka. Pemerintah mencari orang tua asuh, terutama pengusaha untuk menggandeng masyarakat dalam mengembangkan usaha.

3). Menyediakan pasar untuk penjualan produksi penduduk
Pasar merupakan fasilitas penting dalam menunjang pendapatan penduduk. Selain sebagai tempat memasarkan produksi masyarakat, keberadaan pasar juga bisa memotivasi masyarakat untuk lebih produktif lagi. Karena orang tidak perlu khawatir lagi akan mengalami kesulitan memasarkan produknya.

Upaya dalam Menanggulangi Kemiskinan

Banyak artikel tentang upaya penanganan kemiskinan mungkin bermanfaat.terima kasih

(Sumber: Galeri sains sosial terpadu, Halaman: 32-33, Penerbit: Pusat buku nasional Departemen Pendidikan Nasional, penulis: Sri sudarmi dkk)
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar