--> Skip to main content

Informasi Langsung dan Tidak Langsung beserta Contohnya

Informasi Langsung dan Tak Langsung beserta Contohnya - Dalam hal informasi dan jenis informasi ada juga informasi langsung dan tidak langsung dalam artian keduanya sangat berbeda dan banyak orang sulit untuk membedakan antara informasi langsung dan informasi tidak langsung, dan apa lagi yang menyebutkan contoh informasi langsung dan contoh informasi tidak langsung. Untuk mengetahui, pertama mari kita bahas pengertian informasi langsung dan pengertian informasi tidak langsung

Pengertian informasi langsung adalah informasi yang berasal dari tuturan narasumbernya secara langsung, tanpa mengalami perubahan-perubahan ataupun penceritaan kembali.
Pengertian informasi tak langsung adalah informasi yang disampaikan kembali oleh pihak lain. Informasi itu telah mengalami perubahan-perubahan dengan menggunakan kata-kata pencerita,

Dilihat dari pengertian kita sudah bisa membedakannya tapi akan lebih baik, dengan melihat contoh informasi langsung dan contoh informasi tidak langsung sehingga lebih kita pahami seperti di bawah ini,

Contoh Informasi Langsung 
a. "Meningkatnya frekuensi pemeriksaan jalur kereta adalah langkah mengantisipasi gangguan keamanan kereta api dari sabotase atau pencurian," kata Direktur Jenderal Perkeretaapian di Departemen Perhubungan (Dephub) Soemino Eko Saputro.

b. "Presiden Yudhoyono telah menerima banyak keluhan dari warga Jakarta mengenai kemacetan yang disebabkan oleh perluasan pembangunan koridor busway," kata Fauzi Bowo.

Contoh Informasi Tak Langsung 
Sebuah. Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Soekarno-Hatta), Soemino Eko Saputro, membenarkan bahwa PT KA akan menambah personil ke petugas inspeksi jalur (JPJ). Untuk meningkatkan pengawasan terhadap keselamatan kereta api, PT KA juga akan melarang cuti karyawan di bidang keamanan (PAM) dan penyeberangan saat bolak-balik di belakang Lebaran 2007.
b. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta Pemprov DKI membuat langkah terobosan untuk mengatasi kemacetan kejadian di Jakarta.


Informasi Langsung dan Tidak Langsung beserta Contohnya


Dilihat dari perubahan kata-kata dan pengirimannya ke informasi tidak langsung

Demikian pembahasan tentang Informasi Langsung dan Tak Langsung  semoga bermanfaat
(Sumber : Cerdsa Berbahas Indonesia, Hal : 132-133, Penerbit : Erlangga. 2006.Jakarta, Penulis : Engkos Kosasih)
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar