--> Skip to main content

Pengertian, Bagian Bagian Telinga dan Fungsinya + Gambar Ilustrasi

Pengertian, Bagian Bagian Telinga dan Fungsinya + Gambar Ilustrasi - Telinga adalah instrumen pendengaran, telinga adalah indra manusia yang biasa mendengar sesuatu. Telinga terdiri dari 3 bagian di setiap bagian memiliki tugas dan fungsinya sendiri, bagian telinga yang merupakan telinga luar, telinga tengah, telinga bagian dalam, di tiga bagian telinga memiliki peran penting dalam proses pendengaran, Ketiga bagian telinga ini saling membantu dalam proses pendengaran, jika tidak bekerja dengan terjadinya gangguan telinga yang mempengaruhi proses pendengaran, biasanya pendengaran kita tidak jelas atau bahkan tuli. Untuk mengetahui bagian-bagian telinga dan fungsinya masing-masing, mari kita lihat pembahasannya seperti di bawah ini ...

Bagian-Bagian Telinga dan Fungsinya

Telinga mempunyai reseptor khusus untuk mengenali getaran bunyi. Telinga juga dapat berfungsi sebagai indra keseimbangan. Telinga dibagi menjadi tiga bagian, yaitu telinga luar, telinga tengah, dan telinga dalam.

  Bagian-Bagian Telinga dan Fungsinya serta contohnya


1) Telinga Luar
Telinga luar yang berfungsi sebagai penangkap getar suara terdiri dari earlob, kanal telinga. kelenjar minyak, dan membran gendang telinga. Telinga dan tulang rawan berfungsi untuk menangkap getaran. Getaran yang melewati kanal telinga akan menggetarkan selaput gendang telinga. Telinga L.iang dilapisi oleh kulit berambut halus dan dilengkapi dengan kelenjar keringat agar tubuh asing tidak semakin dalam.

2) Telinga Tengah
Telinga tengah adalah rongga yang diisi dengan udara agar tekanan udara tetap seimbang. Di dalam pusat ada saluran Eustasius yang menghubungkan telinga tengah dengan bagian belakang rongga mulut. Saluran ini terbuka saat Anda mengunyah, menguap, bersin, menelan, atau membuka mulut.
Iklan

Saluran berfungsi untuk memasukkan udara ke telinga tengah dan menyeimbangkan tekanan udara di drum tehinga dengan tekanan udara di luar. Karena itu, saat mendengar suara yang sangat keras kita harus membuka mulut sehingga gendang telinga tidak robek akibat tekanan udara yang kuat dan luar. Di dalam telinga tengah ada juga tiga tulang pendengaran yang disusun seperti rantai, menghubungkan gendang telinga dengan jendela oval. Tiga tulang pendengaran adalah tulang palu (maleus), tulang dasar (inkus), dan stapes (stapes).

3) Telinga dalam
Telinga bagian dalam adalah saluran berlekuk-lekuk yang disusun oleh beberapa saluran, yaitu jendela jorong / oval (jendela oval), jendela bundar (jendela melingkar), tiga saluran setengah lingkaran, dan koklea. Koklea adalah telinga bagian dalam. Bentuk tabung koklea mirip dengan bentuk rumah siput.


Kesimpulan: Bagian Telinga
1. Telinga Bagian Luar

  • Cuping / Daun telinga
  • Saluran Telinga
  • Drum Membran


2. Telinga Bagian Tengah

  • Tulang Martil
  • Tanah tanduk
  • Sanggul tulang
  • Saluran Eustasius


3. Telinga bagian dalam

  • Telinga Jorong
  • Saluran Setengah Lingkaran 
  • Rumah Siput
  • Jendela Putaran


  Bagian-Bagian Telinga dan Fungsinya serta contohnya


Demikian Artikel tentang,  Bagian-Bagian Telinga dan Fungsinya Semoga bermanfaat . ( Sumber : Konsep Penerapan Sains Biologi, Hal : 131-132, Penerbit : Tiga Serangkai, Penulis : Drs. Sunarto.dkk.2004.Jilid 6. Solo)
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar