--> Skip to main content

Pengertian Dan Contoh Paragraf Eksposisi dan Penjelasannya

Pengertian Dan Contoh Paragraf Eksposisi dan Penjelasannya - Memahami Eksposisi Paragraf adalah paragraf yang mengungkapkan beberapa pengetahuan atau informasi. Tujuannya agar pembaca bisa mendapatkan informasi dan pengetahuan dengan jelas. Berita yang telah Anda baca tadi, terdiri dari paragraf eksposisi. Selain penjelasan paragraf berita dapat ditemukan di buku resep, petunjuk penggunaan dan laporan ilmiah. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang paragraf eksposisi, mari kita simak paragraf ekspos seperti contoh di bawah ini.

Contoh:
Sekitar dua ratus siswa SMA, SMK, dan moderat, berkumpul di depan kantor PDAM Bandung, Jalan Badaksinga, Minggu (12/8). Setelah beberapa persiapan, kelompok pelajar ini berparade di Taman Cikapayang, menata Jalan Ir.H. Juanda, ke Bandung Indah Plaza (BIP).

Kelompok ini terbagi dalam beberapa kelompok. Terutama, cewek imut. Mereka asyik main main, melakukan koreografi dengan menggunakan bendera mereka sendiri. Kelompok utama diikuti oleh marching band, diikuti oleh sejumlah siswa yang menancapkan tubuh mereka dengan sebuah papan dengan hak yang pantas dilakukan remaja. Kelompok tersebut diakhiri dengan sekelompok siswa berbaris dalam "selimut" berbentuk banner. Spanduk tersebut berisi petisi siswa peternak sejumlah sekolah di Bandung.

Inti dari dua paragraf adalah informasi. Informasi tersebut berupa karnaval yang dilakukan oleh ratusan siswa. Oleh karena itu, paragraf di atas dikelompokkan ke dalam jenis paragraf eksposisi. Hal ini sesuai dengan karakteristik paragraf eksposisi, yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan atau informasi yang jelas kepada pembaca. Karakteristik lain dari paragraf eksposisi adalah kenyataan. Lihat paragraf pertama pada contoh di atas. Setiap kalimat dalam paragraf adalah sebuah fakta

Kalimat fakta dalam Bacaan diatas ialah
1). Sekitar dua ratus siswa SMA, kejuruan dan sederajat, berkumpul di depan kantor PDAM bandung, jalan badaksinga, Minggu (12/8).

2). Setelah beberapa persiapan, kelompok pelajar ini berparade di Taman Cikapayang, bersama Ir.H. Juanda, ke Bandung Indah Plaza (BIP)

Pengertian Paragraf Eksposisi dan Penjelasannya


Demikian artikel tentang Pengertian Paragraf Eksposisi dan Penjelasannya Semoga bermanfaat
(Sumber : Cerdas Berbahasa Indonesia, Hal : 106-107, Penebit : Erlangga.2006.Jakarta, Penulis : Engkos Kosasih)
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar