--> Skip to main content

Pengertian Energi dan Bentuk-bentuk Energi serta Contohnya

Pengertian Energi dan Bentuk-bentuk Energi serta Contohnya - Tanpa energi Anda tidak bisa berbisnis. Dan dari mana ia mendapatkan energi? .. Energi bisa didapat dan makanannya. Nah, bagaimana menurutmu, di mana energi dalam makanan? Dalam kehidupan sehari-hari Anda tidak bisa lepas dan energi perlu dilakukan bisnis. Kegiatan seperti pergi ke sekolah, berolahraga, belajar, dan bermain membutuhkan energi. Memahami Energi dan Bentuk Energi. Energi diturunkan dan "energi" Yunani berarti aktivitas atau aktivitas. Kata itu disusun dan en dan ergon (kerja). Jadi ENERGI DEFINISI adalah kemampuan berbisnis. Dalam satuan energi SI dinyatakan dalam joule (J). Unit energi lainnya adalah kalori (cal). James Presecott Joule menunjukkan hubungan antara kalori dan joule, yaitu: 1 kalori 4,18 joule atau 1 joule 0,24 kalori

Bentuk-Bentuk Energi

Bentuk-bentuk energi sangat beragam, di antaranya:

a. Energi Kimia
Saksikan senter di rumah Anda atau di laboratorium sekolah, lalu nyalakan. Mengapa lampu senter menyala? Senter bisa dinyalakan karena ada sumber energi yang merupakan batu baterai. Batu baterai memiliki energi kimia. Dalam kehidupan sehari-hari sumber energi kimia meliputi: makanan, bahan bakar minyak, kayu bakar, dan baterai. Dengan demikian, energi kimia adalah energi yang tersimpan dalam senyawa kimia.

b. Energi kinetik
Perhatikan saat bola ditendang ke kaca, kaca akan pecah. Mengapa demikian? Bola bergerak memiliki energi kinetik sehingga bisa memecahkan kaca. Dengan demikian, energi kinetik adalah energi yang dimiliki oleh benda bergerak. Misalnya mobil yang bergerak, angin bertiup, dan bilah kipas bergerak.

c. Energi listrik
Energi listrik muncul dan perpindahan muatan listrik. Listrik adalah salah satu bentuk energi yang paling banyak digunakan. Misalnya, listrik untuk peralatan rumah tangga (stoples, besi, kompor listrik), peralatan elektronik, dan lampu penerangan.

d. Energi Kalor 
Energi listrik bisa diubah menjadi energi panas. Misalnya pada setrika listrik, kompor listrik, solder listrik, dan pengering rambut (hair dryer).

e. Energi Cahaya
Tonton kamarmu han malam ini. Tanpa cahaya, ruangan akan gelap. Tanpa cahaya kita tidak bisa melihat apapun. Kita bisa lihat karena ada sumber cahaya atau benda yang memantulkan cahaya ke mata kita. Selain itu, cahaya juga dibutuhkan oleh tanaman. Sumber energi ringan meliputi: sinar matahari dan cahaya.

f Energi otot
Energi otot adalah energi yang dihasilkan oleh otot-otot tubuh. Manusia dan hewan dapat memindahkan organ tubuh mereka untuk melakukan aktivitas karena memiliki energi otot.

g. Energi Suara
Energi suara adalah energi yang dihasilkan oleh getaran benda. Misalnya bunyi bel listrik, suara orang yang sedang berbicara, dan suara alat musik.

Kehadiran suara memungkinkan kita menikmati musik yang terdengar merdu, karena energi suara mampu menggetarkan gendang telinga sehingga suara bisa terdengar. Suara memiliki energi, bukti suara petir bisa memecahkan kaca jendela.

h. Energi nuklir
Energi nuklir terjadi karena reaksi fisi atau reaksi fusi di atom dan unsur radioaktif seperti uranium. Energi nuklir dapat dimanfaatkan untuk sumber energi di PLTN.

i. Energi potensial
Energi potensial adalah energi yang dimiliki suatu objek karena letak atau posisinya. Semua benda yang ada di permukaan bumi memiliki energi potensial karena gravitasi bumi. Misalnya mangga di pohon.

Demikian Beberapa Artikel Tentang Pengertian Energi dan Bentuk Energi, semoga bermanfaat

(Sumber: Ipa Terpadu, Halaman: 123-124, Penerbit: Erlangga, Penulis: TIm Abdi Guru Eka Purjiyanta, S.Pd. 2006, Pencetakan: PT Gelora Aksara Pratama)
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar