--> Skip to main content

Pengertian Fakta dan Pengertian Opini serta Contohnya

Pengertian Fakta dan Pengertian Opini serta Contohnya - Fakta dan Pendapat, dalam hal fakta dan opini opini memiliki arti dan definisi yang berbeda namun terkadang sulit dibedakan antara fakta dan opini. Pengertian Fakta adalah hal, keadaan, atau kejadian yang merupakan kenyataan atau sesuatu yang benar-benar terjadi. Sementara Understanding Opinion adalah pendapat, pendapat, atau sikap yang belum dikonfirmasi. 

Sudah jelas terlihat perbedaan Fakta dan Pendapat dengan melihat dari Pemahaman Fakta dan Pengertian Opini. Untuk lebih mengetahui fakta dan pendapat Mana, mari kita lihat contoh Fakta dan Contoh Pendapat sehingga kita dapat mengetahui dengan jelas fakta dan Opini, seperti di bawah ini.

Contoh Fakta dan Opini 
A. Contoh Fakta 
1). Sekarang, rata-rata waktu setiap siswa harus belajar adalah sekitar lima jam per hari
2). Sementara di tahun sebelumnya, menurut survei LSM, waktu studi mereka di luar kegiatan sekolah hanya 2-3 jam per hari

B. Contoh Opini
1). Kesadaran akan pentingnya belajar di kalangan remaja Indonesia semakin meningkat, terutama mengingat jumlah jam yang mereka pelajari. Kesadaran tersebut perlu didukung oleh kepedulian orang tua dan pemerintah, misalnya dengan menyediakan bahan bacaan yang berkualitas dan sesuai dengan tingkat perkembangan psikologis mereka.

2). Perlu adanya perubahan formasi tempat duduk sehingga gaya belajar di kelas lebih menyenangkan

Pengertian Fakta dan Pengertian Opini serta Contohnya

Demikian artikel tentang Pengertian Fakta dan Pengertian Opini serta Contohnya semoga bermanfaat 
(Sumber : Cerdas Berbahasa Indonesia, Hal : 166, Penerbit : Erlangga. 2006. Jakarta, Penulis : Engkos Kosasih)
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar