--> Skip to main content

Pengertian Informasi, Contoh dan Jenis-Jenis Informasi

Pengertian Informasi, Contoh dan Jenis-Jenis Informasi - Dalam Pengertian Informasi menurut beberapa definisi dari ahlli disimpulkan bahwa definisi informasi adalah informasi, notifikasi, atau berita. Informasi tentang sifatnya meningkatkan pengetahuan atau wawasan seseorang. Oleh karena itu, deskripsi dalam berita radio / televisi adalah informasi, informasi terdiri dari beberapa jenis informasi atau berbagai jenis informasi yang terbagi menjadi empat yaitu Informasi berdasarkan fungsi, informasi berdasarkan format presentasi, informasi berdasarkan lokasi acara, berbasis informan di bidang kehidupan, dan informasi tujuan yang tepat. 

Untuk mengetahui jenis informasi atau berbagai informasi, mari kita lihat pembahasannya seperti di bawah ini.

Jenis-Jenis Informasi
a. Informasi berdasarkan fungsi adalah informasi berdasarkan materi dan kegunaan informasi. Jenis informasi ini mencakup informasi yang menambahkan pengetahuan dan informasi yang mengajarkan pembaca (Educative information). informasi yang menambahkan pengetahuan, misalnya kejadian bencana alam, pembangunan daerah, kegiatan selebriti, dan sebagainya. Informasi edukatif misalnya teknik penulisan pembelajaran yang akurat, tips berbicara di depan umum, cara memberi tahu pemrogram komputer, dan sebagainya.

b. Informasi berdasarkan format presentasi adalah informasi berdasarkan bentuk presentasi informasi. Jenis informasi ini antara lain berupa foto, karikatur, lukisan abstrak, dan teks.

c. Informasi berdasarkan lokasi acara adalah informasi berdasarkan lokasi acara, yaitu informasi dari dalam negeri dan informasi dari luar negeri.

d. Informasi berbasis kehidupan adalah informasi berdasarkan bidang kehidupan yang ada, seperti pendidikan, olahraga, musik, sastra, budaya, dan sains dan teknologi.

Pengertian Informasi dan Jenis-Jenis Informasi

Demikian artikel tentang Pengertian Informasi dan Jenis-Jenis Informasi semoga bermanfaat. terima kasih

(Sumber : Cerdas berbahasa Indonesia, Hal : 130-131, Penerbit : Erlangga.2006.Jakarta, Penulis : Engkos Kosasih)
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar