--> Skip to main content

Pengertian Puisi dan Jenis-Jenis atau Macam-macam Puisi

Pengertian Puisi dan Jenis-Jenis/ macam macam Puisi - Puisi adalah kata yang indah, Puisi memiliki jenis atau jenis puisi. makna puisi adalah esai yang mengungkapkan pemikiran dan perasaan dengan mengutamakan keindahan kata-kata. Karena itu, puisi bisa mengungkapkan berbagai hal. Kerinduan, kecemasan, atau permuliaan, dengan ungkapan kata-kata indah. Jenis puisi dibagi menjadi 3 yaitu puisi naratif, puisi liris, puisi deskriptif, di setiap jenis puisi ada berbagai bagian sehingga puisi naratif, puisi lyric, puisi deskriptif terfragmentasi lagi, Untuk mengetahui jenis puisi, dan bagiannya. Dari jenis puisi mari kita lihat penjelasannya seperti di bawah ini.

Jenis-Jenis Puisi

a. Puisi naratif
Puisi naratif mengungkapkan cerita atau penjelasan seorang penyair. Puisi ini terbagi menjadi dua macam, yaitu balada dan asmara. Balada adalah cerita puisi tentang orang-orang hebat atau tokoh idola. Misalnya Ballada yang dicintai dan blues untuk karya bonnie W.S. Rendra. Romansa adalah cerita puisi yang menggunakan bahasa romantis, berisi kisah cinta yang diselingi pertengkaran dan petualangan. Rendra juga banyak menulis roman. Kirdjomuljo menulis sebuah romansa yang berisi sebuah cerita petualangan berjudul "Romance Travel". Kisah cinta dalam puisi ini juga bisa berarti cinta tanah air, seperti roman asmara percintaan K.H

b. Puisi Lirik 
Termasuk jenis puisi ini antara lain elegi, ode, dan serenada. Elegi adalah sebuah puisi yang mengungkapkan kesedihan. Misalnya "Elegi Jakarta" oleh Asrul Sani yang mengungkapkan kesedihan para penyair di Jakarta. Serenada adalah puisi cinta yang bisa dinyanyikan. Kata "Serenada" berarti nyanyian nyanyian yang tepat saat senja. Rendra menciptakan banyak serenade dalam Empat Koleksi puisi seperti "Serenada Hitam", "Serenda Biru", "Serenada Merah Jambu", "Serenda Ungu", "Serenada Grey", dan seterusnya. Warna di balik serenade mewakili sifat dari lagu cinta: ada yang bahagia, sedih, kecewa, dan sebagainya. Ode adalah sebuah puisi yang berisi idola melawan seseorang, satu benda, atau situasi, contoh ode adalah "Lotus", "diponegoro".

c. Puisi Deskriptif
Dalam jenis puisi ini, penyair bertindak sebagai kesan keadaan / peristiwa, tikungan, atau atmosfir yang dianggap menarik perhatiannya. Puisi itu termasuk puisi deskriptif, misalnya satire, puisi kritik sosial, dan puisi impresionistik. Satire adalah sebuah puisi yang mengekspresikan ketidakpuasan si penyair terhadap suatu situasi, yang dituangkan dengan cara satire, atau dinyatakan lain. Puisi Kritik Sosial adalah puisi yang juga mengungkapkan ketidaksenangan sang penyair kepada negara atau melawan seseorang, namun dengan mengungkapkan ketidakberesan atau ketidakteraturan situasi / orang. Puisi impresionistik adalah sebuah puisi yang mengungkapkan kesan penyair suatu hal.

Pengertian Puisi dan Jenis-Jenis atau Macam-macam Puisi


Demikian artikel tentang Pengertian Puisi dan Jenis-Jenis Puisi semoga bermanfaat
(Sumber : Cerdas Berbahasa Indonesia, Hal : 115-117 dan 118, Penerbit : Erlangga. 2006. Jakarta, Penulis : Engkos Kosasih)
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar