--> Skip to main content

Pengertian Relief Makro dan Bentuk Relief Makro

Pengertian Relief Makro dan Bentuk Relief Makro - Dalam pengertian relief makro menurut definisi para ahli dan berdasarkan bentuk relief makro dapat disimpulkan bahwa pengertian relief makro, relief makro adalah bentuk permukaan bumi yang sangat besar yang menutupi, bahkan beberapa benua. Kelegaan makro adalah bagian dari relief permukaan bumi dimana relief permukaan bumi terbagi menjadi dua, yaitu relief makro dan relief mikro, yang kali ini dibahas adalah relief makro, seperti tema di atas yaitu memahami Pengertian Relief Makro dan Bentuk reliaf makro dengan relief makro yang di atas, akan dibahas bentuk relief makro terbagi menjadi 3 yaitu perisai daratan, dataran yang stabil, dan jalur gunung. 

Untuk mengetahui lebih banyak tentang bentuk relief makro, mari kita lihat penjelasan dan diskusi seperti di bawah ini.

Bentuk-Bentuk Relief Makro
a. Perisai dunia, Perisai dunia adalah basis benua yang sedikit terik, seperti perisai (alat militer untuk menangkal serangan). Dasar benua sekarang dikuburkan oleh sedimen lapisan yang sangat tebal. Batuan di perisai benua sudah sangat tua dan telah mengalami metamorfosis (perubahan bentuk dan sifat).

b. Dataran Stabil,
Dataran Tinggi Stabil (plateform stabil) adalah dataran yang luas di atas setumpuk tebal permukaan yang meliputi perisai benua Misalnya, dataran Amerika Utara. Dataran ini disebut dataran tinggi yang stabil karena lapisan sedimennya masih tertata rapi dari bawah ke atas tanpa ada perubahan berarti. Dataran sekarang dicabut oleh beberapa sungai, termasuk sungai colorado (baca: Kolorado). Lembah-lembah dari erosi dinding terjal disebut ngarai: (baca: kanyen). Grand canyon kolorado (baca: gren kanyen kolorado) adalah nama daerah colorado sungai yang luas dan banyak dinding ngarai. Di dinding ngarai terlihat lapisan batu yang sangat tebal dan sama dimana-mana. Artinya, sebelumnya seluruh area ini sangat luas.

c. Jalur Pegunungan, jalur gunung (sabuk gunung) adalah rangkaian pegunungan, sebuah gunung yang sangat panjang di sepanjang perbatasan benua. Ada dua bukit pegunungan yang sangat panjang, yaitu ridge pegunungan Mediterania dan punggungan Pasifik Pasifik

1). Pegunungan di Lingkaran Mediterania mengelilingi Laut Mediterania atau Laut Mediterania. Jalur dimulai dari Afrika Utara, Selat Gibraltar, Pegunungan Alpen di Eropa Selatan, Pegunungan Himalaya di Asia Selatan, Pegunungan Asia Tenggara, Semenanjung Malaka, Pula di Sumatera, Pulau Jawa, Nusa Tenggara, dan paling selatan. ujung Maluku.
Pengertian Relief Makro dan Bentuk Relief Makro
Pengertian Relief Makro dan Bentuk Relief Makro

2). Jalur Gunung Sirkum Pasifik mengelilingi Samudera Pasifik. Pegunungan ini dimulai di pegunungan Andes di Amerika selatan, pegunungan Rocky di Amerika Utara, pulau-pulau Aleut di samudra utara Pasifik, bulan jepang, filipina, pegunungan kalimantan utara, sungut, minahasa, maluku utara, jaya Pegunungan wijaya dan berakhir di Denmark baru.

Demikian Beberapa artikel tentang  Pengertian Relief Makro dan Bentuk Relief Makro semoga bermanfaat, terima kasih.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar