--> Skip to main content

Pengertian Relief Mikro dan Bentuk-Bentuk Relief Mikro

Pengertian Relief Mikro dan Bentuk-Bentuk Relief Mikro - Kali ini kita membahas arti relief mikro dan bentuk relief mikro. Relief Mikro adalah bagian dari relief permukaan bumi yang kita tahu bahwa relief permukaan bumi terbagi menjadi dua yaitu relief makro dan relief mikro. Di pos terakhir kita telah membahas tentang pemahaman tentang relief makro dan bentuk relief makro. Kali ini kita membahas tentang pemahaman relief mikro dan bentuk relief mikro. 

Memahami relief mikro menurut para ahli yang telah menyimpulkan bahwa pemahaman tentang relief mikro adalah bentuk permukaan bumi yang lebih kecil dan terkandung dalam relief makro. Setelah membahas makna relief mikro selanjutnya kita akan membahas tentang bentuk relief mikro seperti di bawah ini.

Pengertian Relief Mikro dan Bentuk-Bentuk Relief Mikro
Pengertian Relief Mikro dan Bentuk-Bentuk Relief Mikro

Bentuk-Bentuk Relief Mikro
a. Dataran tinggi adalah dataran datar yang lebih tinggi dari daerah sekitarnya. Misalnya dataran Dieng dan dataran tinggi Bandung (di pulau jawa); dataran tinggi Gayo dan Dataran Tinggi Alas (di pulau Sumatera)

b. Dataran rendah adalah daerah rendah dan datar. Umumnya daerah ini merupakan endapan erosi dari daerah sekitarnya. Dataran ini banyak digunakan sebagai sawah karena mudah diairi.

c. Penghalang polos (peneplain) adalah dataran rendah dengan sedikit condong ke arah laut karena erosi terus menerus. Meski datarannya merah, tapi tidak subur karena lapisan atas telah hilang.

d. Pegunungan lebih tinggi dari pada daerah sekitarnya karena banyaknya gunung.

e. Gunung adalah permukaan kerucut atau kubah bumi. Beberapa gunung bersifat vulkanik, biasa disebut gunung berapi. Gunung berapi di Indonesia menghasilkan tanah yang subur.

f. Lembah adalah daerah yang lebih rendah dari pada sekitarnya. Lembah ini umumnya diproduksi oleh erosi.

g. Plato adalah dataran tinggi dengan permukaan rata dan dibatasi oleh tebing terjal erosi.

Demikian artikel tentang Pengertian Relief Mikro dan Bentuk-Bentuk Relief Mikro semoga bermanfaat terimakasih
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar