--> Skip to main content

Pengertian Sedimentasi dan Macam-Macam Sedimentasi

Pengertian Sedimentasi dan Macam-Macam Sedimentasi - Sedimentasi terdiri dari beberapa jenis atau jenis, Pengertian sedimentasi adalah proses pengendapan bahan yang diangkut yang disebut sedimentasi atau sedimentasi, hal ini dapat terjadi jika batuan tersebut mengalami pelapukan dan erosi dan kemudian diangkut atau dibawa oleh kekuatan alam dan akhirnya terjadi sedimentasi atau dikendapakan disinilah kebohongan. Sedimentasi, sedimentasi juga memiliki dampak positif dan negatif dari sedimentasi atau menguntungkan dan merugikan, proses sedimentasi dimana proses / cara kerjanya memakan waktu lama.

Berdasarkan daya alam yang mengangkutnya, sedimentasi terbagi menjadi sedimentasi air sungai, sedimentasi air laut, sedimentasi angin dan sedimentasi gletsyer, pada setiap jenis sedimentasi atau jenis sedimentasi akan dibahas juga proses terbuntuknya dan apa yang terbentuk dari berbagai jenis. atau tipe-tipe sedimentasi adalah contoh sedimentasi semacam ini .. Untuk mengetahui lebih jelas tentang berbagai jenis sedimentasi atau sedimentasi mari kita lihat pembahasannya seperti di bawah ini.

Macam-macam Sedimentasi 

A. Sedimentasi oleh air sungai

kuda (Oxbow lake) Baha-material lepas yang diangkut oleh air sungai kecil diendapkan di dasar sungai saat arus angin mulai melemah sementara sebagian besar bahan halus diendapkan di muara. Depresi terus-menerus dan abadi bertahun-tahun mengarah pada pembentukan beberapa bentuk alami:

1). Kipas aluvial Kipas aluvial terbentuk karena sungai mengalami perubahan atau penurunan kekuatan saat ini sebagai akibat dari perubahan kemiringan, di mana sungai yang berasal dari pegunungan tiba-tiba mencapai dataran rendah dengan perbedaan yang sangat tinggi sehingga bahan yang diangkut diendapkan dan kerucut. . Formasi ini ditemukan pada jeram atau di lembah-lembah pegunungan yang berdekatan dengan dataran

2). Mender adalah arus berkelok-kelok. Tampilan ini sering ditemukan di hilir sungai yang berada di baskom sungai yang berada di dataran rendah. Pembentukan mender ini disebabkan oleh reaksi aliran sungai ke batu batuan yang relatif homogen dan kurang tahan terhadap erosi. Lengkungan berengsel terdiri dari dua bagian, yaitu sisi luar dan dalam. Aliran air atau aliran mengalir lebih cepat ke sisi luar daripada sisi dalam lengkungan lengkung, sehingga sisi luar lengkungan terkikis dan erosi diendapkan di sisi dalam lengkungan lengkung. Akibat prosesnya, akhirnya berliku-liku bisa membentuk setengah lingkaran atau bahkan lingkaran hampir penuh. Tahap selanjutnya dari pengembangan berkelok-kelok adalah batas lahan sempit yang memisahkan satu kurva dengan tikungan yang lain akhirnya terputus oleh arus baru dan danau oxbow terbentuk.

Pengertian Sedimentasi dan Macam-Macam Sedimentasi


3). Dataran banjir Dalam proses pembentukan liku dan pembuangan cekungan sungai, hasil deposisi pada bekas aliran yang tertinggal akan membentuk timbunan lumpur yang sangat besar. Dataran banjir adalah daerah yang sering tergenang air hujan yang menyebabkan air sungai meluap.

4). Delta. Di muara sungai, ada endapan sebagian besar bahan yang diangkut oleh sungai. Sedimen sungai di akhir muara ini disebut delta. Delta memiliki bentuk dan ukuran berbeda. Faktor-faktor yang menyebabkan perbedaan ini meliputi jenis batuan, kecepatan aliran sungai, dan keadaan musim.
Ada beberapa jenis delta yang sudah terkenal, antara lain:
Sebuah. Delta busur di mulut sungai Nil
b. Kaki burung Delta di muara Sungai Mississippi
c. Delta meruncing di muara Sungai Tibet
d. Muara Delta, terletak di muara Sungai Seine, Inggris

B. Sedimentasi Dengan Air Laut
Gelombang air laut selain mengikis pantai, juga memiliki sifat bangunan. Bahan pelindian yang diangkut dengan air laut selain sebagian menetap di dasar laut ada beberapa yang tersimpan di sekitar pantai dan membentuk gumuk pasir.
Pengertian Sedimentasi dan Macam-Macam Sedimentasi

Sedimen ini tumbuh semakin banyak dan membentuk lidah pasir / tanah akibat gelombang laut yang disebut nehrung atau benteng pesisir. Sandbars terkadang bisa menghubungkan pantai dengan pulau-pulau terdekat.

Nehrung ini kadang membentuk danau (air laut dipisahkan oleh nehrung dan laut bebas). Danau itu disebut haff. Sandbars yang menghubungkan daratan dengan pulau terdekat disebut keo.

C. Sedimentasi oleh Gletsyer
Sedimentasi oleh gletsyer yang berasal dari moraine adalah kerikil kerikil kerikil, pasir, dan sebagainya yang mengendap pada akhir gletsyer. Bentuk permukaan bumi dari sedimentasi oleh gletsyer meliputi:
1). Osar, yang merupakan gletsyer berbentuk sempit dan panjang
2). Kame, sedimen gletsyer berbentuk seperti dataran tinggi
3). Drumlin, adalah sebuah bukit kecil yang berbentuk elips, sebagian dibentuk oleh dasar moraine
4). Sampai polos, yaitu dataran terbentuk dan hasil deposisi gletsyer

D. Sedimentasi oleh Angin
Angin yang membawa material longgar, begitu kekuatannya melemah akan mengendapkan bahan. Bahan semacam itu bisa terdiri dari pasir dan debu yang tersimpan di tempat dan membentuk bukit pasir. Bukit pasir yang terbentuk oleh endapan angin ditemukan di daerah gurun pasir. Contoh formasi gundukan tersebut dapat ditemukan di pantai Parangtritis di pantai selatan Yogyakarta dan pantai Lhoknga di Aceh.
Pengertian Sedimentasi dan Macam-Macam Sedimentasi


Demikian Artikel tentang sedimentasi dan padatan Sedimentasi mungkin berguna (Sumber: Geografi, Hal: 92-95, Penerbit: Erlangga.2004.Jakarta, Penulis: P.Ginting dkk)
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar