--> Skip to main content

Pengertian Unsur Ekstrinsik dan Unsur Ekstrinsik Novel

Pengertian Unsur Ekstrinsik dan Unsur Ekstrinsik Novel - Memahami Pengertian Unsur Intrinsik adalah elemen luar yang mempengaruhi novel. Elemen ekstrinsik adalah latar belakang pengarang, kondisi sosial budaya, dan tempat atau lokasi dari novel tersebut disusun. Jika Elemen Intrinsik ada, Elemen Ekstrinsik karena Elemen Intrinsik Novel dan Unsur-unsur Ekstrinsik Novel saling terkait satu sama lain, Meskipun dalam Elemen Intrinsik dan Unsur-unsur Ekstrinsik Definisi memiliki perbedaan namun keduanya saling terkait, 

Jika Elemen Intrinsik mengacu pada Isi Novel Unsur ekstrinsik mengacu pada Outer of the Novel namun terkait dengan isi novel, Jadi dapat dikatakan bahwa Elemen Intrinsik Novel dan Elemen Novin Ekstrinsik saling terkait. Dalam Elemen Ekstrinsik seperti yang di atas, maka akan dijelaskan dan dibahas seperti di bawah ini.

Unsur - unsur Ekstrinsik
1. Latar belakang penulis menyangkut asal-usul, seks, pendidikan, pendudukan, agama dan ideologi nasional atau etnis. Unsur-unsur ini agak akan mempengaruhi isi novelnya. Misalnya, sebuah novel yang terdiri dari padang akan berbeda dari sebuah novel yang dibuat oleh orang Sunda, seorang Inggris, atau orang Arab.

2. Kondisi Sosial Budaya, seperti novel yang dibuat pada masa penjajahan akan berbeda dengan novel di era kemerdekaan, atau selama masa reformasi. Novel yang disusun oleh orang-orang yang tinggal di tengah masyarakat metropolitan akan berbeda dengan novel yang dihasilkan oleh penulis yang tinggal di tengah masyarakat tradisional.

3. Tempat atau kondisi alamiah, seperti novel yang ditulis oleh orang-orang yang tinggal di pertanian, agak berbeda dengan novel yang disusun oleh orang-orang yang terbiasa tinggal di wilayah gurun pasir.

Pengertian Unsur Ekstrinsik dan Unsur-Unsur Ekstrinsik

Demikian penjelasan tentang Pengertian Unsur Ekstrinsik dan Unsur Ekstrinsik Novel somoga dapat bermanfaat (sumber: Cerdas Indonesia, Hal: 61, Penerbit: Erlangga.2006.Jakarta, Penulis: Engkos Kosasih)
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar