--> Skip to main content

10 Cara Merawat Sepatu Kulit yang Benar Supaya Lebih Awet

Cara Merawat Sepatu Kulit yang Benar Supaya Lebih Awet- Sepatu kulit adalah sepatu setiap orang. Sepatu ini dibutuhkan untuk bekerja, pergi ke pesta formal, sampai gaya. Sepatu kulit sering disukai dan "dicintai" karena bahannya yang mewah dan membutuhkan perawatan ekstra. Jika tidak dirawat dengan benar dan dibersihkan, umur sepatu kulit bisa turun dengan cepat. Oleh karena itu, log vani telah merangkum sepuluh cara untuk merawat sepatu kulit yang tepat agar sepatu kulit Anda bertahan lebih lama. Mungkin sepatu kulit butuh perawatan lebih dari bahan lain, namun perawatannya tidak sesulit yang dibayangkan banyak orang.

Blog vani akan membahas bagaimana merawat sepatu kulit asli, suede, kulit sintetis, sepatu kulit hitam, sepatu kulit berwarna coklat, sepatu kulit merah, dan sepatu kulit berwarna lainnya. Cara merawat sepatu kulit ini bisa diaplikasikan juga pada merek sepatu kulit seperti brodo, kicker, jim joker, dan sebagainya. Mari kita tahu cara membersihkan, merawat, dan menyimpan sepatu kulit dengan benar agar tidak pecah dan menjadi lebih awet di sini.

10 Cara Merawat Sepatu Kulit yang Benar 

1. Lepas Tali Sepatu
10 Cara Merawat Sepatu Kulit yang Benar Supaya Lebih Awet


Cara merawat sepatu kulit pertama adalah melepas tali sepatu terlebih dulu. Ada beberapa sepatu kulit yang memiliki tali pengikat, biasanya ditemukan pada sepatu kerja pria dan beberapa model high heels dan wedges. Jika sepatu kulit Anda memiliki tali, sebaiknya lepaskan tali sebelum melakukan perawatan. Hal ini dilakukan untuk mencegah tali menjadi kotor karena terpapar kotoran dan kotoran. Pengangkatan tali sepatu juga berguna untuk mencegah tali sepatu dari kondisioner dan pemoles terbuka. Sementara Anda peduli, Anda bisa membersihkan tali secara terpisah. Cara merendam tali sepatu di air bersabun, lalu kucek dan cuci seperti biasa setelah Anda selesai melakukan perawatan pada sepatu.

2. Bersihkan Kotoran Kering
Sebelum memulai bagaimana merawat sepatu kulit basah, bersihkan sepatumu dari kotoran kering seperti debu, lumpur kering, kerikil, dan sebagainya. Cara membersihkannya adalah dengan menggunakan sikat sepatu bulu lembut. Untuk sepatu berbasis suede, tentunya Anda harus menggunakan sikat atau alat pembersih khusus untuk suede. Untuk sepatu kulit halus seperti yang terbuat dari kulit sapi / domba muda, Anda cukup menyeka sepatu dengan lap kain yang lembut.

3. Seka Sepatu 
Setelah sepatu bebas dari kotoran kering, saatnya memandikan sepatunya! Tapi, cara memandikan sepatunya tidak disiram dan kemudian disabuni seperti saat kita mandi, iya. Anda hanya butuh sedikit air hangat / air biasa juga oke. Kemudian siapkan juga sabun cair dan kain lembut. Nah, bagaimana merawat sepatu sepatu berikutnya adalah dengan menyeka sepatu anda. Pertama, celupkan kain ke dalam air, lalu peras sampai tidak ada air yang menetes. Setelah itu, tuangkan sedikit cairan sabun atau pembersih khusus sepatu kulit jika ada. Gosokkan kain di permukaan sepatumu. Jika Anda tidak punya banyak waktu atau jika ramuan yang disebutkan Blog vani di atas tidak ada, Anda juga bisa menyeka sepatu kulit menggunakan lap basah. Hal ini bisa dilakukan juga jika Anda tidak di rumah, misalnya saat berada di kantor atau sedang bepergian. Tisu basah, terutama yang merupakan bayi istimewa, memiliki serat lembut dan pelembab sehingga bisa menjadi pengganti kondisioner untuk sepatu kulit. Anda bisa mengatakan bahwa tisu basah adalah penyelamat dari sepatu kulit saat mereka sangat mendesak.

4. Keringkan Sepatu 
Setelah dilap, sepatu kulit harus dalam kondisi kering lagi. Jadi, jangan lupa untuk mengeringkan sepatumu setelahnya. Bersihkan sisa sabun atau pembersih dari sepatumu dengan menggunakan kain basah yang baru. Setelah itu, keringkan sepatunya dengan meletakkannya di ruang terbuka yang sejuk (tidak terkena sinar matahari langsung). Jangan menaruh sepatu kulit di dekat pemanas, oven, lemari es belakang, atau tempat panas lainnya karena mereka dapat mengubah warna dan tekstur sepatu kulit.

5. Berikan Kondisioner
Mungkin perlu waktu berjam-jam menunggu sepatu kulit Anda kering sepenuhnya. Tapi, memang sepatumu harus benar-benar kering dulu sebelum melanjutkan perawatan. Jadi mohon bersabar ya Jika sepatumu sudah mengering, lanjutkan perawatannya dengan menyediakan kondisioner khusus untuk sepatu kulit. Produk ini bisa dibeli di toko sepatu atau dibeli di toko online. Conditioner sepatu biasanya tidak berwarna (jangan ganti warna kulit). Fungsi conditioner sepatu sama seperti hair conditioner, yaitu memberi nutrisi, melembutkan, menguatkan dan menjaga kelenturan. Cara menggunakan conditioner sepatu adalah dengan menggunakan lap khusus atau sikat. Gosok kondisioner dengan gerakan melingkar. Setelah kondisioner terbentang rata, tinggalkan sepatu selama ± 30 menit agar kondisioner meresap ke dalam kulit.

6. Semir 
Setelah melalui semua langkah diatas perawatan, sekarang saatnya memoles sepatumu agar warnanya lebih padat dan berkilau. Anda bisa mengoleskan semir sepatu favorit Anda. Belum tahu merek polesan yang bagus? Tenang saja, karena Blog vani pernah membahas produk sepatu kulit yang bagus.

7. Ganti Sepatu Setiap Hari
Ya, perintah merawat sepatu kulit yang benar dilakukan di sini. Kini, Blog vani  akan memberi tip agar sepatumu lebih awet. Pertama-tama, jangan menggunakan sepatu kulit yang sama setiap hari. Putar sepatu Anda agar bisa "bernafas" dan "istirahat". Bila tidak digunakan, sepatu kulit akan memiliki waktu untuk mengeringkan diri dari keringat, air, atau apapun yang menyebabkan kelembaban terperangkap di sepatu.

8. Hindari Air
Memang tidak mungkin jika Anda bisa 100% menghindari nama air, mengingat di Indonesia hanya ada dua cuaca panas dan hujan. Tak jarang dalam satu hari bisa panas di pagi hari namun saat siang tiba-tiba hujan deras. Jika Anda aktif di luar rumah atau jika Anda pengendara, akan sangat sulit untuk menghindari nama air. Karena itu, jika Anda bisa melepas sepatunya saat hujan turun. Ganti alas kaki Anda dengan sepatu hujan atau sandal dan masukkan sepatu Anda ke bagasi motor atau ke dalam tas. Jika sepatu Anda sudah basah, pastikan untuk segera mengeringkan sepatu Anda. Jangan biarkan sepatu Anda dalam kondisi lembap terlalu lama, karena sepatunya bisa menjadi berjamur dan retakan yang akan merusak tekstur sepatu Anda. Cara cepat mengeringkan sepatu basah Anda bisa baca disini.

9. Gunakan Sendok Sepatu
10 Cara Merawat Sepatu Kulit yang Benar Supaya Lebih Awet


Anda mungkin pernah melihat hal ini dalam film atau komik. Nama ini bervariasi tergantung bagaimana orang menyebutnya. Ada yang menyebutnya sepatu lidah, kotak sepatu, atau tanduk sepatu, yang jelas bahasa Inggris untuk benda ini adalah sumpit. Anda mungkin ingin menginjak sepatu kulit Anda agar lebih cepat dipasang. Ini berpotensi merusak tekstur sepatu kulit, tablet. Karena itu, gunakan shoehorn saat mengenakan sepatu sehingga sepatu kulit Anda menjadi lebih awet. Anda bisa membeli sepatunya di Lazada melalui link ini atau di Blibli melalui link ini.

10. Gunakan Pengganjal Sepatu 
10 Cara Merawat Sepatu Kulit yang Benar Supaya Lebih Awet


Selain shoehorn di atas, ada satu lagi produk yang tidak terlalu wajib tapi dibutuhkan semua sepatu, sepatu booster. Objek ini sering disebut sebagai pohon sepatu. Fungsi benda ini adalah menjaga bentuk sepatu bila tidak digunakan. Biasanya benda ini terbuat dari kayu cedar (kayu cedar) karena jenis kayu ini bisa sekaligus melawan ngengat dan serangga lainnya, menghilangkan bau sepatu, dan menyerap kelembaban pada sepatu kulit. Tapi ada juga pohon sepatu yang terbuat dari plastik.

Itulah 10 tips sekaligus cara merawat sepatu kulit dengan benar ala Blog vani. Ada lagi hal yang perlu Anda perhatikan, yaitu baca aturan perawatan di boks atau buku keterangan sepatu, karena biasanya setiap sepatu memiliki cara perawatan yang berbeda. Sebelum melakukan perawatan pun ada baiknya jika Anda mengetes produk yang mau digunakan pada spot tersembunyi di sepatu Anda untuk melihat apakah produk tersebut cocok atau tidak. Lalu, jangan lupa simpan sepatu kulit di boks khusus atau di rak dengan jarak yang agak jauh dengan sepatu lainnya supaya bentuk dan kondisi sepatu tetap prima.

Selain kesepuluh tips dan cara yang Blog vani sebutkan di atas, apakah Anda tahu cara lainnya untuk merawat sepatu? Atau apakah Anda tahu cara menyimpan sepatu kulit dengan baik? Beritahu pembaca lainnya di kolom komentar, yuk. terima kasih
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar