--> Skip to main content

5 Cara Menghilangkan Noda Luntur Pada Pakaian Secara Efektif Dan Ampuh

Cara Menghilangkan Noda Luntur Pada Pakaian Secara Efektif Dan Ampuh.Pakaian, seprai, atau baju batik yang baru saja Anda beli, harus dicuci secara terpisah dengan baju bekas dan pakaian lainnya ya. Karena terkadang pertama kali dicuci, warna pada pakaian, seprai atau pakaian batik akan memudar dan bisa merusak warna baju bekas dan pakaian lainnya. Anda harus tetap menggunakan prosedur yang ditentukan yang biasanya tercantum pada label pada pakaian. Pada label biasanya akan tercantum suhu air yang digunakan untuk mencuci pakaian, dicuci dengan tangan atau bisa menggunakan mesin cuci, suhu saat disetrika, bisa menggunakan pemutih atau tidak, dan sebagainya.

Jika Anda tidak berhati-hati dan cermat dalam mengelompokkan warna, bahan, dan cara mencuci pakaian, pastinya Anda akan kesal jika pakaian hewan peliharaan membatu, bukan? Tapi, biarpun itu terjadi, Anda tidak segera membuang pakaian atau membuat pakaian jadi lap, iya. Guntur memang 'kecelakaan' yang sebenarnya terjadi saat proses mencuci pakaian. Tapi Anda tidak perlu khawatir, ada 5 cara bagaimana cara mengatasi pakaian dengan mudah. Penjelasan berikut dari Blog vani:
5 Cara Menghilangkan Noda Luntur Pada Pakaian Secara Efektif Dan Ampuh

Cara Mengatasi Baju Kelunturan 

1. Baking Soda 
Ya, baking soda sangat bermanfaat. Tidak hanya untuk mencampur saat membuat kue, tapi juga bisa digunakan untuk hal lain. Seperti perawatan kecantikan, keluarkan noda kuning pada gigi dan juga di piring. Tapi, ada satu lagi manfaat baking soda, yang mampu mengatasi pakaian yang guntur tersebut. Cara mengatasi pakaian melempar dengan baking soda adalah dengan mencampur baking soda + sabun cuci dalam wadah bersih. Lalu, oleskan campuran dari bagian pakaian yang guntur itu. Lalu, rendam dalam air hangat yang mengandung sabun cuci anti noda selama 30 menit. Setelah itu, kucek sampai noda hilang. Lalu bilas sampai bersih.

2. Vetsin dan sabun cuci
Cara mengatasinya adalah dengan membuang bahan rasa, yaitu vetsin atau jika menggunakan bahasa anak sekarang adalah micin. Vetsin berfungsi untuk membuat masakannya terasa lebih enak dan gurih. Tapi, vetsin juga bisa digunakan untuk mengatasi noda pada pakaian, lho. Anda hanya perlu menyiapkan ember bersih yang diisi air hangat. Kemudian, masukan vetsin dan sabun cuci, dengan dosis sabun cuci baju kurang dari vetsin dan aduk sampai rata. Lalu, masukan pakaian yang guntur itu. Diamkan selama 30 menit atau sesuaikan dengan tingkat kemunduran. Lalu, cuci pakaian seperti biasa, coba gunakan sabun cuci anti noda. Kemudian bilas sampai bersih menggunakan air dingin.

3. Belimbing Wuluh
Bintang buah wuluh memiliki rasa asam. Tidak hanya enak untuk campuran berbagai bumbu masak, buah belimbing juga bisa digunakan untuk mengatasi noda pada baju. Anda harus mencari belimbing wuluh segar, cuci dan potong menjadi dua. Gosok bagian yang basah pada noda. Diamkan selama tiga puluh menit lalu cuci seperti biasa menggunakan sabun cuci anti noda, lalu bilas sampai bersih.

4. Cuka Dapur
Satu lagi cara untuk mengatasi lempar baju dengan menggunakan barang dari dapur. Kali ini kita akan menggunakan cuka. Biasanya cuka dapur digunakan untuk membuat acar, atau sebagai penambah rasa saat makan bakso, acar dan makanan lainnya. Cuka juga berguna untuk menghilangkan ikan dan ayam yang mencurigakan sebelum diolah menjadi masakan. Tapi, ternyata cuka juga berguna untuk menghilangkan noda pada baju, lho! Anda hanya perlu mengoleskan cuka pada noda kemeja yang terkenal. Diam sebentar, lalu bilas dengan air bersih. Lalu, jangan lupa mencuci pakaian seperti biasa.

5. Lemon
Hal ini diketahui semua orang, jika kapur memiliki banyak manfaat. Tak hanya untuk campuran makanan dan diolah menjadi minuman, jeruk mungil ini bisa juga digunakan untuk membersihkan noda. Misalnya noda kuning pada gigi dan kuku, menghilangkan bau amis dan ayam, dan masih banyak lainnya. Termasuk noda pada pakaian. Caranya, ambil beberapa buah jeruk nipis dan potong menjadi dua. Gosokkan potongan lemon pada noda pada pakaian. Kemudian bilas dengan air bersih. Kemudian bersihkan pakaian Anda seperti biasa menggunakan sabun cuci anti noda. Lalu bilas sampai bersih. Nah, itu dia 5 cara untuk mengatasi busana yang pelunta ala Blog vani. Selalu gunakan air hangat selama proses perendaman, ya, dengan suhu sekitar 30 ° -40 ° C. Lakukan hal yang sama jika ada sisa noda pada pakaian, sampai noda hilang sama sekali. Cara di atas biasanya akan berhasil dilakukan pada pakaian yang baru saja pudar, sementara pakaian yang sudah terlalu lama terpapar memudar, biasanya butuh waktu ekstra untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Sedangkan untuk pakaian putih, biasanya bisa langsung menggunakan pakaian pemutih atau Anda bisa menggunakan Vanish Stainer Stain Remover yang bisa Anda dapatkan di MatahariMall melalui link ini. Dan, apalagi untuk baju batik Anda yang melempar, Anda tidak perlu khawatir. Anda bisa mengatasinya dengan merendam pakaian batik yang membuangnya ke air kelapa. Lakukan perendaman selama satu malam.

Setelah direndam satu malam, bilas dan cuci batik dengan sabun khusus batik atau sabun cuci pakaian anti noda. Dan pakaian batik kamu pun sudah bersih seperti semula. Tapi ingat, saat merendam jangan mencampurnya dengan pakaian lain ya. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya!
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar