--> Skip to main content

16 Cara Meningkatkan Performa Laptop Untuk Bermain Game

Cara Meningkatkan Performa Laptop / pc Untuk Bermain Game. Beberapa cara yang akan kami sampaikan di bawah ini memiliki biaya dan manfaatnya sendiri, mungkin juga perlu mengganti beberapa bagian di laptop Anda atau tidak. Namun, pada prinsipnya Anda dapat menerapkan beberapa cara di bawah ini, bahkan melakukan kombinasi untuk menghasilkan kinerja terbaik di latop Anda. Sudah penasaran bagaimana cara meningkatkan kinerja laptop? Lihat di bawah ini ya!

1. Menambahkan RAM

RAM atau Random Access Memory adalah salah satu perangkat penting di laptop Anda. Semakin banyak RAM, semakin banyak akses data, instruksi, dan memori CPU Anda dapat bekerja dalam satu unit waktu. Oleh karena itu salah satu cara efektif untuk meningkatkan kinerja laptop Anda adalah dengan menambah ukuran RAM yang telah terpasang di laptop Anda. Dalam beberapa kasus, Anda dapat mengganti dua RAM yang terpasang di laptop Anda, sementara pada berapa banyak laptop lain yang tidak dapat Anda lakukan karena satu RAM telah disolder ke motherboard.
16 Cara Meningkatkan Performa Laptop Untuk Bermain Game

Pilih RAM yang sesuai dengan jenis atau jenis RAM yang digunakan oleh CPU Anda. Jangan menginstal DDR2 RAM pada CPU yang membutuhkan DDR4 misalnya, karena tidak akan banyak berguna, bahkan dalam banyak kasus itu benar-benar tidak dapat digunakan. Kemudian pilih RAM yang memiliki frekuensi relatif tinggi, dan CAS Latency rendah, karena dengan demikian kinerja RAM Anda akan menjadi lebih baik sehingga kinerja atau kinerja laptop Anda juga akan lebih baik.

Sisihkan kurang 200 ribu per bulan, maka selama 3 bulan Anda bisa membeli RAM dengan kualitas bagus.

2. Mengganti CPU

CPU adalah 'otak' komputer. Tidak ada komputer CPU yang tidak bisa berjalan. Karena itu, CPU yang bagus juga akan menghasilkan performa yang sangat baik pula. Dengan mengganti CPU laptop Anda dengan tipe yang lebih baik, kinerja laptop Anda akan meningkat secara dramatis.

Secara teoritis langkah ini cukup sulit, karena Anda harus tahu setidaknya CPU apa yang dapat menggantikan CPU laptop yang terpasang di laptop Anda, apakah chipset cocok atau tidak, apakah BIOS dapat mendukung atau tidak, dan sebagainya. Selain itu, langkah ini kadang-kadang dipukul dengan kenyataan bahwa CPU disolder ke motherboard oleh pembuat motherboard laptop. Oleh karena itu dimungkinkan jika CPU Anda menggunakan soket yang disolder, kemungkinan mengganti CPU akan sangat rendah. Jangan mencoba jika Anda tidak memiliki kemampuan dan keahlian dalam elektronika komputer ya.

3. Ganti HDD ke SSD

Ada banyak jenis penyimpanan hari ini. Beberapa di antaranya adalah HDD dan SSD. Dalam hal kecepatan, SSD relatif lebih cepat, bahkan lebih cepat daripada HDD. Kecepatan dalam mengakses penyimpanan akan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kecepatan laptop Anda dalam melakukan pekerjaan. Oleh karena itu sebagai HDD alternatif, Anda akan ingin membeli SSD. Tentunya ini bukan tanpa kerugian, karena harga SSD relatif mahal bahkan untuk SSD 128GB saja. Tapi tunggu beberapa tahun ke depan, pasti harga SSD menjadi lebih murah.

4. Mengganti DVD ke HDD

Untuk menambah penyimpanan, Anda juga dapat mengganti DVD yang ada di laptop Anda dengan HDD menggunakan HDD caddy. Dengan demikian Anda memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar. Penggunaan DVD saat ini cenderung mulai berkurang, oleh karena itu mengganti DVD ke HDD bukanlah masalah, kecuali Anda bekerja banyak dengan DVD Drive.

5. Nonaktifkan efek visual

Efek visual dapat membuat Anda nyaman dalam menggunakan komputer Anda. Namun, tentu saja, efek visual juga menggunakan sumber daya tertentu yang ketika ditransfer ke fungsi lain, dapat meningkatkan kemampuan laptop Anda dalam beraktivitas.

6. Menggunakan aplikasi yang ramah RAM

Anda juga dapat menggunakan aplikasi yang ramah RAM, atau mengkonsumsi lebih sedikit RAM sebagai pengganti aplikasi yang menggunakan terlalu banyak RAM untuk pekerjaan yang sama. Dengan begitu RAM yang Anda miliki akan tersedia lebih banyak dan dapat digunakan untuk pekerjaan lain.

7. Kurangi add-on di browser web

Pengaya di peramban web dapat meningkatkan beban kerja laptop Anda saat menjelajah. Untuk mengatasi masalah ini, kurangi add-on yang tidak penting sehingga tidak terlalu banyak RAM yang Anda gunakan saat browsing.

8. Menambah SWAP size

Ukuran SWAP dapat ditingkatkan untuk memori laptop dan kinerja multitasking yang lebih baik.

9.  Memilih performance profile pada battery settings

Anda juga dapat memilih profil kinerja maksimum dan sejenisnya di opsi profil yang biasanya dapat Anda temukan di profil baterai.

10.  Menghapus atau mematikan aplikasi background

Terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang dapat meningkatkan beban kerja CPU yang Anda miliki. Itu juga bisa menambah banyak konsumsi RAM. Anda harus mematikan atau menghapus aplikasi latar belakang yang akan membuat beban kerja laptop Anda lebih tinggi.

11. Mengurangi multitasking

Untuk mempercepat kerja laptop Anda, Anda dapat menjalankan satu aplikasi dalam satu waktu. Ini akan sangat membantu jika Anda masih memiliki CPU single core.

12. Beralih OS

Salah satu pilihan untuk meningkatkan kinerja laptop Anda adalah dengan mengganti OS. Misalnya jika Anda menggunakan Windows terasa berat, gantilah dengan OS alternatif seperti Ubuntu, dan sebagainya.

13. Tambahkan cache browser

Cache browser dapat membantu meningkatkan kecepatan terutama saat browsing. Tetapi Anda harus membayarnya dengan penggunaan penyimpanan yang juga akan membesar bersama dengan jumlah cache yang disimpan.

14. Menonaktifkan fitur Search Indexing pada Windows

Pengindeksan Pencarian dapat dinonaktifkan sehingga Windows tidak menyimpan file pengindeksan ketika Anda menghidupkan laptop Anda. Fitur ini menjadi lebih mudah ketika Anda melakukan pencarian, tetapi dapat merebut banyak sumber daya.

15. Meningkatkan Virtual Memory pada Windows

Anda juga dapat meningkatkan memori virtual di Windows untuk membuatnya bekerja lebih cepat. Namun, Anda harus bersedia mengalokasikan beberapa giga untuk dialokasikan ruang memori virtual di Windows.

16. Maksimalkan cooling pad

Temperatur yang tinggi dapat membuat kinerja CPU atau laptop Anda secara keseluruhan lambat untuk menghindari pemanasan berlebih. Oleh karena itu, biasanya akan ada gas ketika suhu CPU Anda sangat tinggi. Untuk menghindari ini, Anda dapat menggunakan pad pendingin untuk membantu menjaga suhu laptop Anda tetap stabil.

Itulah beberapa cara untuk meningkatkan kinerja laptop yang dapat Anda lakukan mulai sekarang. Semoga dengan melakukannya, Anda dapat membuat Anda menjadi lebih kuat dan siap untuk bekerja lebih efektif.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar