--> Skip to main content

10 Cara Merekam Game Saat Bermain Game PC Paling Mudah

Bagi Anda yang sering bermain game dan ingin menunjukkan tutorial untuk menyelesaikan game tertentu, atau Anda hanya ingin tahu bagaimana sih orang-orang di Youtube merekam permainan yang mereka mainkan di komputer mereka, maka Anda harus membaca artikel ini untuk menyelesaikannya! Mengapa demikian? Tentu saja jawabannya karena dalam artikel ini kita akan membahas cara merekam game di PC. Dengan merekam game yang akan kita sampaikan berikut ini, maka Anda akan tahu cara merekam game di PC atau laptop dengan mudah dan tepat.

Apa yang terlihat seperti merekam permainan di komputer atau laptop Anda? Berikut ini beberapa perangkat lunak yang dapat Anda gunakan sebagai cara merekam permainan di PC.
10 Cara Merekam Game Saat Bermain Game PC Paling Mudah


1. Open Broadcaster Software

OBS atau Open Broadcaster Software adalah salah satu perangkat lunak perekaman layar komputer gratis dengan berbagai opsi kustomisasi. Antarmuka aplikasi yang satu ini sangat sederhana dan mudah dimengerti bila dibandingkan dengan aplikasi lain. Anda tidak perlu mengubah pengaturan apa pun untuk mulai merekam menggunakan aplikasi ini karena Anda hanya perlu memulai dengan pengaturan default saja.

Melalui OBS Anda dapat melakukan streaming situs streaming video streaming langsung seperti YouTube, HitBox, dll. Atau memilih untuk menyimpan video yang telah Anda rekam di PC Anda dan kemudian diunggah secara manual. Dengan OBS, Anda dapat menyimpan rekaman dalam bentuk MP4 atau FLV sehingga Anda dapat menikmatinya kapan saja dengan kualitas yang baik. Jika saat memainkan game Anda nge-lag, maka Anda bisa menggunakan cara mengatasi laptop yang ngelag saat memainkan game.

2. Action!

Tindakan! adalah aplikasi rekaman game berbayar yang memiliki banyak fitur jika dibandingkan dengan perangkat lunak perekam video lainnya. Aplikasi yang satu ini akan menggunakan GPU untuk meningkatkan kecepatan perekaman sehingga dapat mengurangi beban kerja pada CPU. Dengan Action !, Anda dapat merekam video berkualitas tinggi yang memiliki resolusi hingga 4K, dengan frekuensi gambar tinggi dan juga memberikan komentar langsung melalui aplikasi ini.

3. D3DGear

Cara merekam gim pada PC selanjutnya adalah dengan memanfaatkan aplikasi bernama D3DGear. Aplikasi yang satu ini adalah aplikasi perekam permainan yang sangat sederhana dan juga tidak memerlukan pengaturan khusus untuk digunakan. D3DGear sangat ringan, tidak menggunakan banyak sumber daya komputer atau laptop Anda untuk bermain game. Tidak hanya itu, D3DGear juga memiliki sistem kompresi video built-in yang akan memampatkan semua hasil video yang telah direkam sehingga akan menghemat banyak ruang pada hard drive Anda.

4. PlayClaw

PlayClaw adalah salah satu aplikasi perekam permainan di PC lain yang dapat merekam permainan atau layar komputer Anda dengan kualitas gambar-frame yang cukup bagus. Hasilnya adalah Anda dapat merekam gim Anda secara real-time dengan mudah tanpa mengurangi kenyamanan Anda memainkan gim.

Sayangnya PlayClaw tidak bisa digunakan untuk melakukan livestreaming, jadi buat kamu yang ingin langsung streaming game videogame, kamu harus menggunakan aplikasi lain. Namun, untuk pekerjaan offline atau aktivitas rekaman permainan, Anda dapat mengandalkan aplikasi yang satu ini karena sebagian besar fitur yang Anda miliki cukup untuk menghasilkan rekaman video game yang bagus. Jika laptop Anda menjadi panas saat bermain game, maka Anda dapat menggunakan cara mengatasi laptop yang cepat panas saat bermain game.

5. ShadowPlay

ShadowPlay adalah aplikasi yang berasal dari Geforce. Aplikasi yang satu ini adalah perangkat lunak perekam permainan yang dapat digunakan untuk streaming atau hanya merekam video game yang Anda mainkan secara offline.

Aplikasi ShadowPlay, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dibuat oleh Nvidia Geforce, salah satu produsen GPU terbesar di dunia. Seperti aplikasi perekam layar komputer lainnya, ShadowPlay juga menggunakan GPU untuk melakukan perekaman, sehingga mengurangi beban kerja CPU. Namun, harap dicatat bahwa Anda hanya dapat menjalankan aplikasi ShadowPlay jika Anda memiliki perangkat Geforce GTX 600. Artinya, aplikasi ini hanya eksklusif untuk perangkat GPU dari Nvidia.

6. Bandicam

Aplikasi lain yang dapat Anda gunakan untuk merekam layar PC termasuk juga merekam aktivitas Anda saat bermain game adalah aplikasi bernama Bandicam. Aplikasi Bandicam adalah salah satu aplikasi paling terkenal dan sering digunakan untuk merekam layar komputer Anda saat bermain game atau tidak.

Bandicam mudah digunakan dan memiliki cukup pilihan yang dapat diuji oleh pemula atau profesional sekalipun. Melalui Bandicam Anda bahkan dapat merekam video pada frame rate tinggi dengan resolusi mencapai HD Ultra 4k. Meskipun tidak menawarkan fitur streaming langsung, itu ditutupi dengan kemampuan Bandicam untuk merekam video yang dapat Anda unggah secara online kapan saja. Namun perlu diingat bahwa ada bahaya bermain game online di laptop terutama jika Anda tidak memiliki perangkat pendukung.

7. FRAPS

Aplikasi perekam video game yang Anda mainkan pada PC berikutnya adalah aplikasi yang disebut FRAPS. Aplikasi yang satu ini juga cukup populer dan banyak digunakan untuk merekam video game oleh banyak orang. Selain bisa digunakan untuk merekam video, FRAPS juga bisa digunakan untuk menampilkan berapa tarif FPS pada setiap gim yang Anda mainkan, sehingga Anda juga bisa menggunakan FRAPS untuk melakukan benchmark sederhana dari aplikasi yang sedang Anda mainkan.

8. XSplit Gamecaster

Selain beberapa aplikasi di atas, Anda juga dapat menggunakan aplikasi Xsplit Gamecaster untuk merekam game di PC dengan kemampuan streaming yang baik. XSplit menyediakan fitur perekaman video, tetapi fitur streaming adalah keuntungannya.

Anda dapat menggunakan Xsplit untuk melakukan perekaman berkualitas tinggi, streaming di situs populer dan juga merekam menggunakan dukungan GPU. Perlu diingat bahwa seringnya menggunakan VGA di luar batas dapat menjadi salah satu penyebab rusaknya VGA.

9. Windows Game Bar

Bagi Anda yang suka bermain game di sistem operasi Windows, pasti pernah menemui aplikasi yang satu ini saat bermain game. Yup, Windows Game Bar adalah perangkat bawaan Windows yang dapat Anda gunakan untuk merekam permainan yang Anda mainkan. Caranya cukup sederhana, Anda cukup menekan shortcut untuk merekam game, setelah itu Windows Game Bar akan merekamnya untuk Anda.

10. CamStudio

Selain beberapa perangkat lunak di atas, Anda juga dapat menggunakan aplikasi CamStudio untuk merekam layar komputer atau laptop Anda saat bermain game. Dengan aplikasi kecil dan ringan ini, Anda dapat merekam game di PC Anda tanpa melalui kesulitan. Caranya cukup terinstal, pilih wilayah layar penuh dan Anda dapat mulai merekam. Jangan lupa untuk memperbarui driver VGA Anda seperti cara memperbarui driver VGA Intel sehingga Anda bisa mendapatkan hasil terbaik.

Itulah beberapa cara untuk merekam game di PC dengan beberapa aplikasi perekaman layar PC yang dapat Anda coba. Jadi mana yang Anda pilih? Semoga Anda dapat merekam dengan nyaman!
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar