--> Skip to main content

11 Cara Memperbaiki Monitor LCD Blank Putih / Hitam Dengan Mudah

Fungsi monitor LCD pada komputer adalah salah satu hal penting bagi pengguna yang memakainya. Tentu saja jika perangkat mengalami masalah, karena pengguna Anda tidak akan lagi dapat mengakses dan juga menggunakan komputer Anda sebagaimana mestinya.

Sama seperti monitor layar LCD perangkat keras lainnya tidak dapat dipisahkan dari masalah. Memecahkan masalah pada monitor sering kali membuat frustrasi. Selain Anda tidak dapat berinteraksi dengan komputer Anda, penyelesaian dengan pengetahuan perangkat keras layar LCD diperlukan untuk dapat memperbaiki layar LCD secara efektif.
11 Cara Memperbaiki Monitor LCD Blank Putih / Hitam Dengan Mudah

Salah satu masalah yang dapat terjadi pada monitor adalah situasi di mana layar monitor Anda berubah menjadi kosong putih (layar putih). Masalah ini sebenarnya dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Mulai dari faktor ringan hingga faktor yang membuat layar monitor sulit diperbaiki.

Penting untuk diingat bahwa monitor adalah perangkat keras komputer dan fungsinya sangat penting untuk penggunaan komputer. Untuk itu perlu perhatian khusus untuk memperbaiki monitor lcd blank putih sehingga tidak ada lagi kesalahan yang dapat memperburuk kerusakan pada layar monitor LCD.

Penyebab LCD Blank Putih (White Screen)

Umumnya fungsi kartu vga masalah akan memberikan masalah juga pada monitor lcd. Masalah layar putih LCD (White Screen) sering terjadi pada layar monitor LCD yang ada di laptop. Faktor penyebab umum membuat layar monitor LCD menjadi kosong putih beberapa di antaranya


  • Faktor usia laptop
  • Riwayat pernah terjatuh
  • Pernah terhimpit oleh benda keras pada bagian monitor
  • Faktor tekanan yang berlebihan atau terlalu kencang pada layar monitor laptop juga dapat akan membuat permasalahan pada kabel penghubung laptop dengan layar pada penutup laptop, yang mana akan berujung menjadi penyebab LCD Blank Putih (White Screen)

Kabel pada laptop terutama pada koneksi antar layar dan juga bagian utama laptop sangat rentan terhadap masalah ini. Kabel sangat mudah putus atau kendur di soket. Inilah yang menjadikannya faktor penyebab LCD putih kosong (white screen).

Karakteristik masalah ini adalah munculnya masalah pada monitor LCD ketika dipindah atau ditekan di bagian bawah. Meski demikian tampilan layar LCD masih bisa menyala normal untuk sementara dan kembali ke layar putih kosong.

Cara Memperbaiki monitor LCD blank putih

Jika Anda sudah tahu penyebab layar LCD putih di komputer atau laptop yang Anda gunakan maka kita bisa mulai bagaimana memperbaiki LCD monotir. Masalah layar LCD putih bukanlah masalah berat yang ada di layar LCD laptop. Anda masih dapat melakukan perbaikan pada perangkat ini dan tidak perlu mengganti layar lcd Anda dengan layar lcd laptop baru. Solusi yang bisa Anda lakukan adalah mengganti kabel atau memperbaiki koneksi kabel. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk memperbaiki layar laptop kosong putih:

  1. Langkah awal yang dapat anda lakukan adalah menekan tombol Fn + F2 sampai gambar yang ada di layar monitor LCD laptop anda muncul kembali.
  2. Kemudian jangan menggerakkan layar penutup laptop sampai gambar yang ada pada laptop dapat muncul kembali. Jika anda melakukan hal ini anda dapat menambah resiko kerusakan kabel yang fleksibel.
  3. Jangan sering buka dan tutup layar penutup laptop karena ini merupakan penyebab layar LCD blank putih
  4. Tunggu hingga layar LCD laptop anda kembali seperti semula
Solusi di atas adalah solusi awal yang dapat Anda lakukan untuk menyelesaikan masalah pada layar LCD kosong putih. tetapi jika itu tidak menyelesaikan masalah pada layar laptop Anda, maka layar laptop Anda telah mengalami masalah yang lebih serius dari yang diperkirakan sebelumnya. Untuk melakukan metode alternatif perbaikan layar LCD putih kita bisa melanjutkan ke tahap berikutnya.

Cara Alternatif Memperbaiki monitor LCD blank putih

Perlu diingat jika Anda tidak memiliki pengalaman dalam memperbaiki laptop sebelum akan lebih baik jika Anda memberikan tugas kepada orang yang lebih tahu. Karena ditahap selanjutnya kita akan mencoba membuka layar laptop dan juga casing laptop Anda. Jika Anda masih mendorong untuk memperbaikinya, satu-satunya hal yang bisa Anda dapatkan adalah lebih banyak kerusakan. Berikut ini cara lain untuk memperbaiki layar laptop kosong putih:

  1. Siapkan peralatan seperti obeng dan lainnya untuk membuka layar laptop anda.
  2. a. Karena ditahap selanjutnya kita akan mencoba untuk membuka layar laptop dan juga casing laptop anda. J Bagian laptop biasanya memiliki 4 baut penahan. Baut ini terletak pada bagian samping kiri dan kanan.
  3. Lepaskan baut tersebut bersamaan dengan layar monitornya kemudian tarik pelan – pelan dan letakkan di atas keyboard laptop. Perhatikan bagian belakang layar monitor LCD laptop, biasanya pada bagian ini terdapat beberapa kabel yang merupakan bagian dari kabel LCD, kabel camera, kabel antena perangkat WiFi serta kabel Inverter. 
  4. Lepaskan selotip atau penahan yang mempertahankan kabel pada posisisnya, kemudian tarik perlahan kabelnya sampai terlepas dari scoket yang ada, kemudian bersihkan pin connector penyambungnya.
  5. Jika sudah bersih, pasang kembali kabel tersebut dan ganti selotip yang telah menahan kabel tersebut dengan selotip baru yang lebih kuat sehingga nanitnya kabel tidak akan bergeser saat anda membuka atau menutup laptop.
  6. Hidupkan laptop anda untuk melihat apakah perbaikan yang sudah dilakukan memberikan penyelesaian terhadap masalah layar LCD white screen.
  7. Apabila layar LCD monitor pada laptop anda telah berjalan dengan normal. Pasang kembali layar LCD anda dan jangan lupa untuk memasangkan casing yang telah dilepakan tadi saat keadaan LCD masih terbuka dan layar laptop masih ON.
  8. Lakukan pengecekkan kembali dengan membuka dan menutup layar laptop anda secara perlahan dan dengan hati – hati. Kalau tidak ada masalah berarti layar laptop anda telah kembali menjadi normal dan masalah yang tadi hanya terbatas pada permasalahan socket kabel LCD yang longgar.
  9. Akan tetapi jika layar LCD laptop anda kembali lagi menjadi blank putih sesuai anda menyambungkannya. Berarti anda harus melepas kabel LCD nya untuk menyambungkan kabel yang mungkin megnalami kerusakan.
  10. Kabel yang rusak dan bermasalah sebenarnya sulit dan hampir tidak bisa lagi digunakan dan akan lebih baik jika anda menggantinya dengan kabel yang baru. Anda bisa mencoba cara mengganti LCD laptop untuk mengatasi permasalahan tersebut
Itu tadi pembahasan mengenai cara memperbaiki monitor LCD blank putih. Semoga pembahasan ini dapat membantu permasalahan anda. Sampai jumpa lagi di pembahasan selanjutnya
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar