--> Skip to main content

15 Aplikasi WiFi Untuk PC Window Dan Laptop Terbaik

WiFi atau Wi-Fi adalah teknologi yang digunakan untuk koneksi nirkabel pada jaringan area lokal (LAN, Local Area Network atau W-LAN, Wireless-LAN), Wi-Fi adalah nama teknologi, WiFi sebenarnya tidak kekurangan Wireless Fidelity, Wireless Fidelity sebenarnya diambil dari slogan yang bertulisan sepenuhnya "The Standard for Wireless Fidelity". (Baca juga: Cara Mengubah Kata Sandi Wifi Cepat Cara Menghubungkan Wifi ke Laptop)

Penggunaan teknologi nirkabel dengan WiFi di jaringan lokal lebih praktis daripada kabel, sehingga layanan internet di tempat umum seperti kafe, sekolah dan bahkan taman kota umumnya menggunakan jaringan nirkabel, kita sering menyebutnya "area hotspot", sehingga pengguna dapat dengan mudah terhubung ke jaringan dengan perangkat yang mendukungnya (mis. laptop atau ponsel cerdas).
15 Aplikasi WiFi Untuk PC Window Dan Laptop Terbaik

Untuk penggunaan pribadi, pengguna smartphone juga dapat berbagi (berbagi) koneksi dari perangkat smartphone dengan laptop, di smartphone Android yang dikenal sebagai "Tethering & Portable Hotspot", dengan fasilitas tersebut maka smartphone yang terhubung ke internet (dengan seluler data seluler) dapat bertindak sebagai router nirkabel hotspot yang berbagi koneksi dengan perangkat lain seperti laptop.

Lalu bagaimana jika laptop terhubung ke internet dan ingin membaginya dengan perangkat lain seperti laptop atau smartphone? Sebenarnya sistem operasi Windows 10 dilengkapi dengan fasilitas untuk berbagi koneksi internet secara nirkabel, dalam arti bahwa laptop dapat dibuat sebagai router nirkabel hotspot, tetapi fiturnya terbatas, untuk itu saya menyajikan pembahasan tentang aplikasi WiFi untuk laptop sebagai berikut:

1. Connectify

Connectify adalah aplikasi berbayar atau aplikasi, tetapi pengembang Connectify menyediakan versi gratis dengan beberapa pembatasan layanan, tetapi meskipun fiturnya tidak versi pro lengkap, aplikasi ini sangat berkualitas untuk berbagi koneksi melalui adaptor WiFi.

2. MaryFi

MaryFi adalah aplikasi gratis (free ware), antarmuka minimalis dan sederhana untuk membuat aplikasi ini cenderung mudah digunakan sehingga mudah dioperasikan oleh orang biasa, MaryFi juga dapat digunakan sebagai repeater WiFi (menerima sinyal dari modem nirkabel ke merambatkan kembali sinyal ke adaptor WiFi di komputer).

3. MyPublicWiFi

MyPublicWiFi juga merupakan aplikasi gratis yang mendukung komputer dengan arsitektur x86 (32-bit) dan x64 (64-bit), dengan aplikasi ini Anda dapat membuat "Jaringan WiFi" dengan keamanan atau "jaringan terbuka", tetapi Anda masih dapat melihat siapa pun yang terhubung ke jaringan Anda bahkan jika Anda membuat jaringan terbuka.

Yang menarik tentang MyPublicWiFi adalah fitur URL Logging, sehingga Anda tahu daftar situs dan rincian lainnya yang diakses oleh pengguna selama sesi Jaringan WiFi terbuka, dengan aplikasi ini Anda dapat berbagi koneksi internet di laptop Anda dengan perangkat lain.

4. mHotspot

mHotspot adalah aplikasi gratis yang dapat digunakan untuk berbagi koneksi internet ke perangkat lain melalui koneksi nirkabel adalah aplikasi untuk membuat koneksi hotspot mudah digunakan, cukup pilih nama untuk hotspot, kata sandi, sumber koneksi internet dan jumlah klien maksimum. mHotspot berfungsi pada Windows 7 dan 8.

Fitur mHotspot (di adaptasi dari situs resminya):


  • Menghubungkan hingga 10 perangkat ke hotspot
  • Anda dapat mengatur nama hotspot Anda sendiri tanpa batasan apapun (aplikasi lain seperti Connectify versi gratis hanya mengijinkan Anda mengatur nama hotspot dengan awalan Connectify-, misalnya Connectify-DosenIT)
  • Membagi berbagai jenis koneksi Internet (seperti LAN, Ethernet, 3G / 4G, WiFi, dan lain sebagainya)
  • Dapat di akses oleh smartphone Android, iPad, PDA, Tablet PC dan berbagai perangkat lain.
  • Melihat detail perangkat yang terhubung (Nama, IP Address dan MAC Address, aplikasi lain seperti aplikasi bawaan Windows 10 hanya menampilkan MAC Address dari perangkat yang terhubung ke hotspot)
  • Melihat penggunaan data (Kecepatan Upload dan Download, serta rata – rata  Kecepatan Transfer)
  • Dilengkapi dengan fitur keamanan password WPA2 PSK untuk mengamankan wireless hotspot Anda.
  • Mengatur jumlah perangkat yang dapat terhubung ke wireless hotspot Anda (hingga 10 perangkat)
  • Memperluas area jangkauan / cakupan WiFi (dengan bertindak sebagai repeater)
  • Bekerja pada Windows 7, 8 / 8.1 dan 10
5. My WIFI Router

Router WIFI saya adalah aplikasi gratis (perangkat gratis) yang dapat digunakan untuk membuat laptop sebagai router nirkabel, mirip dengan aplikasi serupa lainnya, aplikasi ini berjalan dengan baik di laptop dengan sistem operasi Windows XP, Vista, 7 dan 8 / 8.1 baik dengan arsitektur x86 (32 bit) atau x64 (64 bit), sayangnya aplikasi ini tidak mendukung sistem operasi Windows 10.


Fitur menarik yang dapat Anda temui pada My WiFi Router antara lain:

  • Membatasi kecepatan perangkat yang terhubung.
  • Mem – block (daftar hitam, black list)
  • Mengganti nick name (nama kecil) untuk tiap perangkat yang terhubung.
  • Membatasi jumlah perangkat yang dapat terhubung.
Selain itu, My WIFI Router memiliki fitur untuk berbagi video lokal (yang ada di hard drive laptop) melalui koneksi nirkabel, sehingga video pada hard drive laptop dapat dialirkan dari perangkat lain yang terhubung, sangat mudah dan sederhana , Bagikan Video, Anda akan diberi Alamat IP, masukkan (ketik) Alamat IP di browser web pada perangkat klien (yang akan melakukan streaming video dari hard drive laptop), dan video tersebut akan diputar di browser web seperti Youtube, menarik bukan?
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar