--> Skip to main content

9 Cara Menghubungkan Headset Bluetooth ke PC atau Laptop Windows

Headset Bluetooth adalah headset yang menggunakan koneksi bluetooth untuk menghubungkan koneksi antara satu perangkat dan perangkat lainnya. Headset Bluetooth memungkinkan penggunaan koneksi nirkabel antara headset dengan perangkat yang memiliki fitur bluetooth seperti laptop atau HP secara umum. Bagi Anda yang mungkin belum benar-benar memahami perkembangan teknologi dari bluetooth, secara singkat Bluetooth adalah sarana yang digunakan untuk mengkomunikasikan berbagai perangkat antara satu dengan lainnya dengan menggunakan media komunikasi frekuensi radio jangka pendek yang mudah dan efisien.

Bluetooth adalah standar teknologi yang digunakan untuk bertukar data pada jarak jarak pendek. Bluetooth dapat digunakan selama perangkat yang terhubung masih tidak melebihi jangkauan cakupan yang dimiliki oleh perangkat Bluetooth-nya. Ditemukan oleh vendor telekomunikasi Ericson pada tahun 1994, awalnya penggunaan bluetooth adalah pilihan yang terlihat hanya sebagai pengganti penggunaan nirkabel dari penggunaan kabel data RS-232 pada perangkat.
9 Cara Menghubungkan Headset Bluetooth ke PC atau Laptop Windows

Dengan teknologi ini, Anda dapat menghubungkan hingga 7 jenis koneksi yang berbeda secara bersamaan, yang meliputi perangkat seluler, headset, kamera, perangkat GPS, printer, keyboard, komputer genggam, dan mobil yang memiliki Bluetooth. Fungsi bluetooth komputer biasanya digunakan untuk menghubungkan keyboard, mouse, keyboard atau perangkat nirkabel lainnya dengan koneksi bluetooth. Dalam hal penggunaan bluetooth di mobil, headset memungkinkan pengguna mobil menggunakan telepon seluler melalui sistem audio mobil dan pada layar navigasi onboard.

Headset bluetooth adalah perangkat sederhana yang cukup ringan, dengan berbagai model, sebagian besar beratnya sekitar 30 g. Penggunaan headset bluetooth memungkinkan penggunanya untuk menggunakan telepon tanpa harus menggunakan koneksi kabel, bahkan jika perangkat seluler Anda berada dalam tas, saku, atau di sudut ruangan. Dengan peluncuran versi Bluetooth terbaru, penting bagi pengguna headset untuk memastikan bahwa perangkat Bluetooth mereka kompatibel untuk digunakan satu sama lain.

Penggunaan Bluetooth yang Umum

Penggunaan perangkat bluetooth headset atau perangkat lain yang memanfaatkan fitur bluetooth sebagai koneksi koneksi memungkinkan penggunanya untuk tidak repot dengan kabel bengkok yang bisa dialami oleh pengguna headset atau perangkat lain yang menggunakan kabel. Penggunaan perangkat bluetooth dibatasi hingga jarak maksimum 10 meter antar perangkat yang digunakan dengan perangkat yang terhubung. Tentu saja sebelum dapat digunakan pada perangkat bluetooth atau pengguna laptop setidaknya harus tahu cara menginstal bluetooth di laptop.

Menggunakan headset memang memungkinkan kita menikmati musik tanpa mengganggu orang lain. Selain itu, headset juga dapat digunakan untuk memudahkan kita dalam berkomunikasi menggunakan ponsel bahkan saat mengemudi.

Cara Menggunakan Headset Bluetooth

Untuk dapat menghubungkan headset bluetooth ke perangkat yang ingin kita hubungkan, cukup mencolokkannya ke perangkat yang terhubung dengan steker tidak akan membuat perangkat bluetooth Anda digunakan. Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan sebelum Anda dapat menggunakan perangkat bluetooth Anda. Jika Anda mengalami kesulitan dengan itu Anda dapat mencoba langkah-langkah berikut untuk menggunakan headset bluetooth Anda pada perangkat laptop.


  1. Tentu saja sebelum Anda memulai Anda harus memiliki laptop atau komputer yang memiliki perangkat bluetooth di dalamnya. (Jika komputer Anda tidak memiliki perangkat bluetooth bawaan, Anda dapat membeli perangkat bluetooth eksternal yang dapat dipasangkan di komputer Anda. Ini adalah salah satu alternatif untuk cara menginstal bluetooth pada laptop yang tidak memiliki bluetooth.)
  2. Jika Anda yakin laptop atau komputer Anda sudah memiliki perangkat bluetooth jangan lupa pastikan laptop atau komputer Anda sudah memiliki driver yang sesuai dengan perangkat bluetooth yang terpasang. Dengan memiliki driver yang sesuai dengan perangkat bluetooth yang terpasang akan memungkinkan komputer atau laptop Anda untuk menggunakan fitur bluetooth Anda secara maksimal. Anda dapat mencoba cara menginstal driver tanpa cd jika Anda kesulitan menginstal driver di laptop atau PC Anda.
  3. Setelah Anda yakin bluetooth dan driver sudah terpasang dengan benar dan benar. Kita bisa melanjutkan ke langkah berikutnya. Buka jendela perangkat bluetooth di komputer Anda. Pada penggunaan Windows Anda dapat membukanya dengan mencari menu Bluetooth pada menu pencarian di menu awal.
  4. Setelah jendela bluetooth terbuka Anda akan melihat perangkat apa yang terhubung ke laptop atau PC Anda.
  5. Jika perangkat headset bluetooth Anda telah terdeteksi pada laptop atau komputer Anda, kemudian pilih dan klik next untuk melanjutkan.
  6. Kemudian muncul pesan yang menyatakan bahwa perangkat telah dipasangkan dengan komputer atau laptop Anda.
  7. Saat ini headset bluetooth Anda masih belum bisa digunakan. Untuk melanjutkan, Anda perlu melanjutkan beberapa langkah lagi.
  8. Buka tampilan bluetooth yang terpasang di laptop atau komputer Anda. Nantinya akan muncul perangkat yang siap dipasangkan. Klik kanan menggunakan mouse atau touchpad laptop Anda di bagian perangkat headset yang terlihat di Jendela Terbuka.
  9. Selanjutnya klik hubungkan untuk menghubungkan headset bluetooth Anda di komputer atau laptop yang digunakan.
Langkah – langkah cara menggunakan headset bluetooth pada laptop anda agar berjalan sebagaimana mestinya. Akan tetapi jika masih terdapat beberapa permasalahan pada penggunaan headset bluetooth anda , coba ikuti langkah – langkah berikut.


  • Jika suara di komputer atau laptop Anda masih belum muncul pada headset bluetooth yang telah Anda pasang sebelumnya, bahkan keluar dari speaker yang terpasang di komputer atau laptop Anda. Klik kanan pada ikon volume di baki sistem Windows Anda.
  • Dari sana, klik pada perangkat pemutaran. Nanti akan muncul jendela baru yang menunjukkan speaker aktif. Anda perlu mengubah opsi default ke headset bluetooth dvice yang telah Anda pasang sebelumnya. Kemudian klik OK.
  • Jika Anda ingin mengembalikan pengaturan seperti sebelumnya, Anda cukup mengulangi pengaturan yang telah dibahas sebelumnya. Jika masih tidak bisa Anda dapat mencoba cara mengatasi suara pc tidak terdengar.
Sebagai pengguna headset perlu diingat juga bahwa menggunakan headset terlalu lama bisa berakibat buruk bagi kesehatan, terutama untuk kesehatan telinga. Ada banyak kasus di mana orang menderita kehilangan pendengaran karena mereka menggunakan headset untuk jangka waktu yang lama. Tentu saja sebagai pengguna yang bijaksana Anda tidak ingin mengalaminya. Gunakan headset untuk mendengarkan musik atau kegiatan lain dengan jangka waktu yang tidak berlebihan.

Itu adalah diskusi tentang diskusi tentang cara menggunakan headset Bluetooth di laptop dengan mudah di laptop atau komputer
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar