--> Skip to main content

Apa Yang Dimaksud Dengan Dropbox? 6 Fungsi dan Fitur Unggulannya

Dropbox adalah aplikasi yang digunakan untuk menyimpan file secara online, Dropbox menggunakan teknologi penyimpanan berbasis cloud. Pada prinsipnya, Dropbox memudahkan pengguna untuk menyimpan dan berbagi file. Dropbox diklaim telah digunakan oleh 500 juta pengguna di seluruh dunia, pada perangkat apa pun, dan total lebih dari 200 ribu perusahaan telah bergabung dengan layanan bisnis Dropbox.

Jumlah besar pengguna Dropbox telah menghasilkan lebih dari 3,3 miliar koneksi yang dibuat dengan Dropbox, dan lebih dari 1,2 miliar file disimpan di Dropbox setiap hari. Salah satu kelebihan Dropbox adalah keamanan file yang disimpan, dan menjaga privasi pengguna masing-masing pemilik file.

Apa Yang Dimaksud Dengan Dropbox? 6 Fungsi dan Fitur Unggulannya

Saat ini Dropbox memiliki 3 paket yang bisa dipilih oleh pengguna, yaitu :


  • Dropbox pro
  • Dropbox Business
  • Dropbox Enterprise
Fungsi dropbox dan keunggulan yaitu :


1. Menyimpan dan Berbagi File

Jika kita memiliki file-file penting akan lebih baik jika kita menyimpan file dimana kita dapat mengakses mana aja tanpa harus plug-flash flash, ini untuk mengurangi risiko kehilangan file atau sesuatu yang tidak kita inginkan. Melalui aplikasi dropbox kita dapat menyimpan dan berbagi file dengan mudah, misalnya untuk file yang penting seperti laporan skripsi, kita harus hati-hati menyimpan file agar tidak hilang atau terkena virus, file-file yang kita simpan di Dropbox juga dapat kami bagikan ke teman - teman kami dengan mudah, atau siapa saja yang membutuhkannya kami dapat mengatur dengan siapa kami ingin membagikannya.

2. Membawa Dokumen ke Mana Saja

Aplikasi Dropbox dapat disinkronkan secara otomatis ke semua perangkat kami, sehingga dapat memfasilitasi kami saat mengakses file yang telah kami simpan di Dropbox di mana pun dalam perjalanan. Hebatnya, semua jenis file dapat disimpan dan diakses di Dropbox, melalui perangkat apa pun kami juga dapat mengakses file, dan bahkan saat offline kami masih dapat bekerja menggunakan aplikasi Dropbox.

3. Mengirim Video dengan Cepat dan Mudah

Anda memiliki video yang hebat dan menyukainya jika menonton sendiri, gunakan aplikasi Dropbox untuk membagikan video kepada orang-orang yang Anda kenal meskipun mereka tidak memiliki akun Dropbox sama sekali. Dropbox mampu mengunggah video dengan ukuran besar, lalu ada fitur untuk membagikan hasil video yang kami unggah langsung kepada orang yang dituju, seperti melalui email, aplikasi chat, dan sms.

Di tautan tautan tautan yang telah kami bagi ada dua opsi yang bisa dipilih, yaitu opsi untuk mengunduh video dan opsi untuk menonton video.

4. Mengamankan Foto Favorit

Ponsel yang hilang atau rusak dapat terjadi pada kita, dan ketika itu terjadi akan sangat disayangkan jika foto yang kita ambil menghilang begitu saja. Jika foto-foto itu baru kita biarkan di telepon maka kapasitas memori akan berkurang dan kita tidak bisa menangkap foto-foto lainnya lagi.

Kabar baiknya aplikasi Dropbox ada fitur untuk mencadangkan foto secara otomatis dari ponsel kita, maka foto-foto yang sudah diunggah akan diatur secara otomatis berdasarkan tanggal dan dapat diakses di semua perangkat yang kita miliki. Kami juga dapat membuat album dan membagikannya dengan teman-teman yang kami miliki.

5. Mengerjakan Dokumen Bersama-sama

Kami dapat mengerjakan dokumen bersama melalui fitur yang disediakan oleh Dropbox. Cara kita dapat membuat "folder bersama" yang dapat kita isi orang-orang yang terlibat dalam isi folder, sehingga kita dapat mengedit dan mengubah dokumen bersama tanpa perlu mengirim bolak-balik mengirim email. Ketika dokumen diedit secara bersamaan, semua orang akan mendapatkan perubahan secara otomatis.

6. Apapun File yang tersimpan 100% Aman

Meskipun ponsel kami hilang atau ketinggalan di kereta api, foto, dokumen, dan video kami tetap aman. Cukup dengan masuk ke akun Dropbox Anda dari perangkat apa pun, maka semua file ada di sana yang dapat kami akses sesuka Anda. Keluhan lain yang disediakan oleh Dropbox adalah fitur keamanan seperti verifikasi dua langkah dan kontrol untuk berbagi.

Dropbox memberikan riwayat 30 hari jika kami tidak sengaja menghapus file atau hanya ingin memulihkan file yang sebelumnya dihapus

Fitur-fitur yang ada didalam paket layanan Dropbox :

1. Dropbox Pro (US $ 8.25 / bulan)

Paket Dropbox Pro menyediakan 1 TB ruang, dienkripsi dengan AES 256-bit dan SSL, dan juga dapat diintegrasikan dengan MS Office 365, tetapi dalam paket pemulihan file pro hanya diberikan hingga 30 hari.

2. Dropbox Business (US $ 12.50 / pengguna / bulan)

Paket bisnis Dropbox menyediakan ruang tanpa batas, dan semua fitur di paket pro dropbox juga tersedia dalam paket ini, dengan fitur tambahan seperti pemulihan file yang dihapus dengan jumlah hari yang tidak terbatas, kemudian fitur grup untuk perusahaan, membuat folder untuk tim, admin Dukungan panel dasbor, dukungan untuk mengelola folder tim, ada catatan rinci untuk anggota dan aktivitas tim, dapat melakukan aktivitas audit pada catatan dengan berbagai aktivitas file, dapat memberikan pembatasan kontrol untuk berbagi file, dukungan email prioritas, dan dukungan terakhir melalui telepon dan obrolan .

3. Dropbox Enterprise (Harga, Hubungi Layanan Pelanggan)

Paket Enterprise Dropbox menyediakan semua paket yang ada di paket sebelumnya, dengan lebih banyak tambahan seperti dukungan manajemen mobilitas perusahaan, pelatihan lanjutan untuk pengguna akhir dan admin, dan yang terakhir adalah fitur keberhasilan pengelola akun khusus.

Walaupun semua paket berbayar, tapi jangan khawatir, layanan Dropbox ada juga paket gratisan, tapi tentu saja dengan syarat dan ketentuan berlaku, Anda tetap bisa menggunakan layanan Dropbox gratis dengan ruang yang diberikan hanya 16 GB, cukup bagus untuk sekedar Ukuran bebas.

Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar