--> Skip to main content

Kelebihan dan Kekurangan Linux ubuntu dengan Windows

Kelebihan dan Kekurangan Linux ubuntu dengan Windows. Linux Ubuntu atau lebih tepat disebut GNU / Linux Ubuntu adalah salah satu dari beberapa sistem operasi berdasarkan sistem GNU dengan kernel Linux. Sistem operasi Ubuntu adalah salah satu sistem operasi yang paling banyak digunakan, terutama dalam sistem operasi open source. Bersama dengan Windows dan macOS, GNU / Linux Ubuntu menjadi salah satu sistem operasi yang disukai pengguna komputer, termasuk di Indonesia. Itu, tentu saja tidak dapat dipisahkan dari kelebihan dan kekurangan Ubuntu Linux termasuk jenis tipe Ubuntu.

Apa kelebihan dan kekurangan Ubuntu Linux yang membuat sistem operasi ini menjadi salah satu jenis sistem operasi yang paling banyak digunakan oleh pengguna komputer di luar sana? Tentunya ini bukan tanpa alasan. Kita perlu tahu sehingga kita dapat memahami apa penyebab atau alasan mengapa Ubuntu Linux menjadi sistem operasi pilihan para penggunanya di luar sana.
Kelebihan dan Kekurangan Linux ubuntu dengan Windows

Jadi, siap dibaca kan? Selamat membaca!

Kelebihan Linux Ubuntu

Mari kita mulai artikel ini dengan membahas apa saja keuntungan dari sistem operasi Ubuntu GNU / Linux. Berdasarkan informasi dari berbagai sumber, beberapa jenis keuntungan atau keuntungan dari Ubuntu meliputi:

1. Open source

GNU / Linux, termasuk Ubuntu adalah sistem operasi yang berdiri di lisensi terbuka atau sumber terbuka. Ini berarti sistem operasi bebas digunakan untuk siapa saja, dan tidak perlu membeli lisensi seperti sistem operasi Windows. Selain itu, setiap orang juga bebas berkontribusi untuk mengembangkan sistem operasi ini menjadi lebih baik di masa depan. Oleh karena itu, Ubuntu Linux menjadi salah satu sistem operasi yang dapat dikembangkan menjadi berbagai sistem operasi lain sesuai dengan minat atau keinginan atau filosofi pemrakarsa sistem operasi.

2. Lebih “kebal” virus

Keuntungan berikutnya dari sistem operasi berbasis GNU / Linux lainnya adalah keamanan dari virus yang relatif lebih baik. Tentunya ini tidak menutup kemungkinan bahwa sistem operasi ini dapat terkena virus. Namun, risikonya, terkena virus bisa dibilang sangat kecil karena sistem operasi Linux berjalan dengan keamanan ketat, seperti mengharuskan pengguna untuk menjadi administrator untuk menjalankan program tertentu, mengeksekusi kode tertentu dan berbagai hal lainnya.

3.Aplikasi bawaan relatif lengkap

Sistem operasi Ubuntu GNU / Linux pada umumnya akan menyediakan satu bundel aplikasi yang cukup lengkap setelah kita menginstalnya. Bahkan jika Anda menginginkan sistem operasi dengan tujuan tertentu seperti untuk pengujian penetrasi, aplikasi yang diperlukan mungkin telah dipasang dari awal sehingga Anda tidak perlu mempersiapkan aplikasi tambahan lagi. Selain itu, aplikasi sehari-hari seperti aplikasi kantor atau kantor, multimedia, pengarsipan dan berbagai hal lainnya tersedia dengan relatif lengkap. Coba bandingkan dengan jenis Linux lainnya seperti kelebihan dan kekurangan Redhat Linux.

4. Driver relatif lengkap

Selain aplikasi, terkadang driver yang tidak dapat dipasang dengan sempurna membuat kita terhambat dalam melakukan pekerjaan kita sehari-hari. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena sistem operasi Linux Ubuntu memiliki dukungan driver yang berkembang dan luas. Dengan kata lain, Anda tidak perlu khawatir jika driver yang Anda pasang tidak dapat digunakan untuk menjalankan perangkat keras Anda dan sebagainya, karena dapat ditangani oleh Ubuntu melalui kernel Linux seperti sistem operasi GNU / Linux lainnya.

5.Software center yang relatif mumpuni

Selain beberapa kelebihan di atas, salah satu kelebihan lain yang dimiliki oleh sistem operasi Linux Ubuntu adalah keberadaan pusat perangkat lunak yang relatif mumpuni. Pusat perangkat lunak ini memungkinkan kami untuk menginstal aplikasi dengan mudah dan cepat, seperti situs unduhan aplikasi Linux khusus. Dengan berkembangnya pengelola perangkat lunak Linux seperti Flatpack, maka penggunaan pusat perangkat lunak jadi lebih mudah bagi kita dalam mencari aplikasi yang sesuai dengan apa yang kita butuhkan dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk melakukan instalasi.

6.User interface yang refreshing

Keuntungan ini mungkin terasa bagi Anda yang sudah sangat lama menggunakan hanya satu sistem operasi dan tidak sering berganti dengan sistem operasi lain. Antarmuka antarmuka Ubuntu bisa menjadi salah satu tampilan yang membuat kita segar karena penggunaan huruf, ikon, dll yang bagus dan juga bisa diubah sesuai selera Anda dan merupakan salah satu perbedaan Linux dengan Windows.

Kekurangan Linux Ubuntu

Setelah berbicara tentang kelebihannya, maka sudah saatnya kita membicarakan kekurangan Linux Ubuntu. Ada beberapa hal yang dapat dianggap sebagai kelemahan untuk sistem operasi Ubuntu Linux. Beberapa hal ini, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Tampilan menuntut adaptasi

Untuk setiap pengguna baru dari sistem operasi GNU / Linux, tahap adaptasi diperlukan untuk beradaptasi dengan antarmuka yang diberikan. Tidak hanya itu, mereka juga harus belajar terlebih dahulu tentang terminal, root, dan berbagai masalah lain yang mungkin tidak pernah terpikirkan ketika mereka menggunakan sistem operasi lain seperti Windows. Dalam beberapa kasus, ini bisa sulit bagi pengguna yang ingin mendapatkan pengalaman pertama yang mudah. Anda dapat membandingkan dengan kelebihan dan kekurangan Slackware Linux.

Namun, seiring dengan belajar, ini dapat dengan mudah diatasi mengingat pengguna pada umumnya tidak perlu mengetahui sesuatu secara lebih detail. Dengan kata lain, sejauh mereka membutuhkannya.

2. Aplikasi relatif sedikit apabila dibandingkan dengan sistem operasi lain

Salah satu kelemahan dari GNU / Linux Ubuntu yang mungkin dirasakan oleh pengguna adalah aplikasi yang relatif lebih sedikit bila dibandingkan dengan sistem operasi lain yang mungkin mereka coba seperti sistem operasi Windows. Ini karena pengembangan aplikasi membutuhkan waktu yang tidak sedikit sehingga pengembang biasanya cenderung fokus pada satu jenis aplikasi pada satu sistem operasi saja.

Namun seiring waktu, masalah ini dapat diatasi dan akhirnya sistem operasi Linux atau Linux Ubuntu dapat memiliki sejumlah aplikasi yang sebanding dengan sistem operasi lain.

3. Kurang cocok untuk bermain game

Kekurangan berikutnya yang mungkin sangat dirasakan oleh mereka yang ingin bermain game di laptop mereka adalah aplikasi game yang sangat sedikit yang dibuat di platform Linux. Tentu ini akan membuat pengalaman bermain di sistem operasi Ubuntu Linux menjadi kurang menyenangkan. Namun, ini tergantung pada pengguna itu sendiri, apakah mereka ingin menggunakan permainan atau tidak. Karena game bukan satu-satunya tujuan utama dalam mengoperasikan komputer.

Itulah beberapa informasi penting tentang kelebihan dan kekurangan Ubuntu Linux. Semoga berhasil membantu Anda. Selamat belajar komputer!
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar