--> Skip to main content

Pengertian, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Publisher Bagi Pengguna

Microsoft publisher  adalah perangkat lunak untuk menyusun publikasi baik publikasi resmi seperti makalah, atau publikasi seperti majalah atau tabloid. Sesuai namanya, penerbit microsoft dikeluarkan oleh microsoft. Penerbit Microsoft hadir dengan serangkaian alat untuk memungkinkan pengguna membuat tata letak, ke alat yang terkait dengan gambar. Untuk editor harus telah menggunakan atau setidaknya mendengar tentang penerbit microsoft ini. Sebagai salah satu perangkat lunak untuk tugas penerbitan berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari penerbit microsoft.

Kelebihan

1. Memudahkan pembuatan layout graphics

Sebagai alternatif untuk membuat layout grafis, penerbit microsoft tidak memiliki fitur-fitur canggih seperti photoshop atau corel. Namun, fitur yang tampak sederhana ini benar-benar memudahkan para pemula yang membutuhkan pembuatan tata letak sederhana. Seorang pengguna penerbit microsoft hanya mengimpor gambar dan juga memproses gambar dengan drag dan drop yang mudah dan mudah dimengerti. Hasil yang dihasilkan dari penggunaan perangkat lunak ini juga dapat terlihat profesional meskipun pemakainya adalah pemula karena tingkat kemudahan penggunaan.

2. Dapat dikostum sesuai kebutuhan

Semua pekerjaan yang dilakukan dengan penerbit microsoft dapat dikustomisasi oleh pengguna perangkat lunak. pengguna perangkat lunak dapat menambahkan template, kartu nama, email, dan juga alat-alat tertentu ke dalam perangkat lunak yang digunakan untuk membuatnya mudah untuk membuat publikasi. Semua kustomisasi dapat diakses oleh pengguna di menu pita yang ada di penerbit microsoft.

3. Pekerjaan dapat langsung di share ke cloud service

Setelah menyelesaikan publikasi, proses selanjutnya adalah mengirim atau mempublikasikan dari publikasi. Dengan menggunakan penerbit microsfot, penulis dapat membagi karyanya melalui cloud yang telah disediakan oleh microsoft. Penerima pekerjaan hanya akan mengirim tautan untuk mengunduh karya ke kloud sehingga tidak perlu menggunakan alat penyimpanan data fisik untuk diserahkan kepada penerima pekerjaan.

4. Berkolaborasi menjadi lebih mudah

Menghadapi tenggat waktu yang singkat tentu membuat kita membutuhkan bantuan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Microsoft publisher memiliki fitur kolaborasi yang memungkinkan banyak orang untuk dapat membuat perubahan pada file yang sedang dikerjakan secara bersamaan dan pembaruan terjadi secara realtime. Ini dapat disamakan dengan menggambar pada kanvas yang sama pada saat yang bersamaan. Bahkan saat mengerjakan pekerjaan secara bersamaan, kita bisa berkomunikasi dengan rekan kerja di menu yang ada di penerbit microsoft.

5. Memiliki fitur simpan sebagai gambar

Ketika mempublikasikan pekerjaan, tentu saja kita harus dapat menjamin bahwa hasil pekerjaan kita dapat dibuka di komputer orang lain yang akan menilai pekerjaan kita. Dengan fitur ini, orang lain yang memiliki sistem operasi lain bahkan menggunakan perangkat dapat dengan mudah melihat hasil kerja yang kita lakukan. Format gambar tentu saja juga akan mengecilkan ukuran file publikasi kami

6. Termasuk dalam paket microsfot office proffesional

Microsoft telah menggabungkan perangkat lunak ini untuk didistribusikan bersama dengan program kantor khusus lainnya dari microsoft seperti: microsoft word, microsoft excel, microsoft power point dan juga microsoft one note. Ini membuat biaya perusahaan lebih murah sedikit lebih murah.

7. Terdapat fitur wizard

Di penerbit microsoft ada fitur wizard di mana pengguna dapat memilih jenis dokumen apa yang akan dibuat. dari pamflet, tabloid, poster, berita, kop surat. Dan seterusnya. Setelah memilih jenis dokumen, akan muncul tutorial langkah demi langkah tentang fitur apa yang bisa digunakan untuk membuat dokumen yang telah dipilih oleh pengguna tadi. Tentunya ini akan mempermudah pengguna, terutama pemula yang ingin bekerja menggunakan microsoft publisher ini.

8. Banyak template dari projek gratis

Microsoft menyediakan situs web untuk mendapatkan template gratis yang dapat digunakan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Situs web ini memiliki banyak templat bahkan hingga jumlah ribuan templat yang dapat digunakan oleh pemilik perangkat lunak penerbit microsoft ini. Ini juga memudahkan pekerja dan mempercepat pembuatan dokumen jika ternyata template dari dokumen tersebut sudah tersedia di situs web template susu mikro.

Kekurangan

1. Hanya tersedia untuk platform microsoft

Perangkat lunak ini hanya dapat digunakan untuk platform microsoft dengan berbagai OS-nya apakah itu tujuh, vista, windows 10 atau windows 8. Pengguna tidak dapat menyimpan sumber pekerjaan dan memberikannya kepada orang lain untuk melanjutkan pekerjaan jika orang tersebut tidak memiliki platform yang menjalankan pc dari microsoft. Ini membuat pengguna platform lain seperti linux dan mac memilih untuk tidak menggunakan perangkat lunak ini.

2. Harga yang cukup mahal

Seperti yang kita ketahui, microsoft cukup ketat dalam masalah harga dalam menjual produk produk perangkat lunak, karena seperti kita ketahui, pengembang ini menyasar pasar perusahaan yang cukup besar dan menyarankan mereka untuk menggunakan produk perangkat lunak dari microsoft. Untuk pengguna penerbit kecil seperti printer, bahkan organisasi nirlaba, adalah masalah untuk dapat menggunakan penerbit microsoft dalam tugas sehari-hari mereka.

3. Tidak stabilnya versi dari dokumen yang dihasilkan

Pernah mengalami tidak bisa membuka dokumen kata pada produk microsoft lainnya adalah kata microsoft? ya ini terjadi juga pada microsfot publisher, microsoft terus mengubah file dokumen yang dihasilkan oleh perangkat lunak peranti lunaknya dan membuat file dokumen yang dihasilkan oleh versi lama dari suatu perangkat lunak tidak dapat dibuka oleh versi yang lebih baru dan sebaliknya. seperti contoh kami telah melakukan proyek kami menggunakan perangkat lunak microsot publisher 2013, sehingga ketika kantor kami memutuskan untuk memperbarui dari versi perangkat lunak miliknya, kami akan menghadapi masalah dari versi kompatibilitas dokumen yang tidak dapat dibuka di perangkat lunak baru.

4. Fitur website template

Microsoft publisher memiliki templat situs web fitur untuk membuat atau menggunakan templat menggunakan bahasa pemrograman web yang html dan juga css. Fitur ini terasa sangat canggih dan sangat sulit dipelajari oleh pemula. Untuk beberapa alasan microsoft menyertakan fitur ini pada penerbit microsoft, mungkin untuk menarik pengguna yang sudah ahli dalam hal pemrograman web. Karena seperti yang kita tahu, lebih mudah untuk melakukan pengeditan menggunakan html dan scc untuk menghasilkan tata letak untuk programmer. Namun ini menambahkan bagian yang tidak dikenal ke pengguna lain yang bukan programmer yang memiliki jumlah lebih banyak.
Pengertian, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Publisher Bagi Pengguna

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan penerbit microsoft yang dapat saya simpulkan. Kesimpulan yang dapat diambil adalah perangkat lunak ini cukup baik digunakan untuk membuat dokumen publikasi seperti pamflet, koran, tabloid, kop surat, dan terutama untuk pemula. tetapi tentu saja perangkat lunak ini memiliki kelemahan di antara mereka yang cukup mahal, dan dokumen yang dihasilkan tidak portabel untuk penggunaan lintas platform.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar