--> Skip to main content

Pengertian Linux Fedora Dan 10 Kelebihan Fedora Linux

Fedora adalah sistem operasi Linux atau distro yang merupakan turunan Red Hat, salah satu distro paling populer dari sekuritas dan tingkat kompatibilitasnya. Fedora adalah distro Linux yang menggunakan paket dasar yang sama dengan linux SuSE yaitu RPM dan Yum. Fedora sendiri dikembangkan oleh Fedora Project, yang merupakan komunitas untuk Fedora disponsori langsung oleh Red Hat. Jadi Fedora Project sendiri adalah komunitas formal untuk pengembangan yang terkait dengan Fedora Linux.

Situs web resmi Fedora menyediakan 2 edisi untuk diunduh, yaitu edisi untuk Workstation (penggunaan PC umum), Server (Untuk diinsal pada PC jaringan yang akan bekerja dengan berbagai fasilitas yang mendukung Server Network), atau Atom. Kita bisa memilih versi mana yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan kita, tentunya dengan mempertimbangkan ruang hard disk dan spesifikasi PC yang dimiliki. Karena setiap versi memiliki ruang yang berbeda, persyaratan spesifikasi, dan platform bertarget yang berbeda. Jadi perlu dipahami benar-benar kegunaan dan fitu menggantung di sana.
Pengertian Linux Fedora Dan 10 Kelebihan Fedora Linux

Linux Fedora juga memiliki semacam web majalah online yang bisa kita akses melalui alamat berikut https://fedoramagazine.org, di sana Kami akan disajikan dengan berbagai macam artikel dan berita dan kemajuan seputar pengembangan proyek Fedora itu sendiri, meskipun dalam segi kuantitas konten tidak tampak seperti majalah online yang sudah ada saat ini, tetapi cukup membantu bagi mereka yang ingin mendapatkan inflrmasi di sekitar Fedora. Menarik sekali bukan. Mari kita lihat keuntungan dari Fedora yang satu ini.

1. Fitur keamanan yang baik

Kami sangat menyadari bahwa Linux adalah sistem operasi dengan berbagai keamanan yang mumpuni, mulai dari sektor file system, file / folder sharing, manajemen jaringan, perlindungan akses sistem, dan masih banyak lagi. Linora linux juga merupakan distro Linux yang menyediakan lebih banyak fitur keamanan plus pengembangan dalam hal keamanan.

2. Banyak pilihan Image

File gambar adalah ISO atau file serupa yang dapat kita instal menggunakan mesin virtual seperti VMWare (proprietary) atau virtual box (untuk versi gratis). Jadi dengan kami menjalankan atau menginstal file gambar ini melalui aplikasi mesin virtual di Sistem Operasi Host, Kita dapat memiliki dua Sistem Operasi dalam satu PC. Dan ini juga menjadi nilai tambah di mana Fedora melalui situs web resminya menyediakan paket gambar ARM yang merupakan gambar yang mengandung sistem Fedora dengan manajer desktop tertentu.

3. Kemudahan membuat hotspot pada PC yang menggunakan Fedora

Karena telah dibangun di alat utilitas untuk aktivasi hotspot, itu memungkinkan proses aktivasi hotspot pada PC tanpa perlu membuka dan menjalankan skrip shell Fedora, langsung dari GUI.

4. Ketersediaan Xen secara default pada sistem Fedora

Xen adalah mesin virtualisasi yang telah dimasukkan dalam sistem Fedora. Dengan menggunakan Xen, Anda dapat menginstal sistem operasi dalam aplikasi xen ini pada PC yang sama dengan PC yang diinstal Fedora. Mungkin mirip dengan aplikasi Vmware, hanya saja aplikasi Xen adalah Open Source sehingga tidak perlu khawatir biaya lisensi yang harus dikeluarkan untuk menggunakan aplikasi ini.

5. Fitur keamanan SELinux

SE Linux adalah teknologi keamanan Linux yang merupakan keamanan tambahan yang menjembatani titik pengguna dan titik titik. Fitur ini secara default sudah diaktifkan di Fedora sehingga memastikan keamanan lebih dalam hal berbagi file / folder, FTP dan akses HTTP.

6. Instalasi cukup mudah

Untuk urusan pemasangan, Fedora juga dikenal mudah dalam proses instalasinya. Ini karena GUI dan proses penginstalannya mudah digunakan dengan mempermudah pemasangan dan membuat formulir dan komponen mudah dimengerti oleh pemula.

7. Sudah tersedia paket Libre Office sebagai default Office Suite

Paket Office default yang disediakan oleh Fedora adalah Libre Office. Libre Office mendukung semua fitur yang sebelumnya tersedia di OpenOffice, tentu saja dengan lebih banyak pengembangan untuk menjadikan office suite ini pilihan yang tepat untuk menangani kebutuhan komputasi berbasis kantor. Fitur utama / utama yang disediakan kantor libre adalah: Ekspor langsung ke format PDF.

8. Mendukung Fasboot

Fast boot adalah teknologi yang memungkinkan Sistem Operasi pada Boot dengan cepat, tentu ini juga dengan teknologi sistem operasi yang disematkan itu sendiri. Optimalisasi driver yang dimuat, file-system-loaded, dan kernel-loaded adalah kunci Fastboot. Dan Fedora adalah Linux distribusi penuh yang mendukung Fastboot.

9. Dukungan file sistem Ext4

Ext4 adalah sistem file Linux terbaru yang mendukung lebih banyak fitur keamanan, terutama untuk PC berbasis server. Dukungan sistem file ext4 mencapai 1 EB (ExaByte) dan dukungan file hingga 16 TB (Terabyte), tentu saja membuat Fedora pilihan yang tidak diragukan untuk Server berbasis-Linux. File sistem terbaru Ext4 tentu mendukung kinerja akses R / W (Baca / Tulis) yang lebih baik dan manajemen ruang disk yang lebih efisien.

10. Dukungan update yang rutin

Linxu Fedora selalu merilis versi barunya setiap 6 bulan untuk edisi Desktop dan setiap 13 bulan sekali untuk edisi Servernya. Tentu saja manfaat yang didapat dari dukungan rutin ini memastikan fitur sistem terutama keamanan sistem selalu dijaga karena selalu di tempel dengan rutin. Jadi kita tidak perlu khawatir tentang keamanan sistem Fedora Linux kita.

Jadi ulasan dari artikel kelebihan Fedora 10. Semoga bisa memberikan pengetahuan dan wawasan tambahan terkait Fedora. Dan jangan lupa untuk menentukan apa manajer desktop yang ingin Anda gunakan di Fedora yang akan kita instal ke PC, jika tidak akrab dengan berbagai manajer desktop, Anda harus memilih KDE saja, karena KDE adalah pengelola desktop yang paling banyak digunakan di Linux selain GNOME tidak tidak menyediakan Gambar ARM untuk GNOME).
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar